Download Contoh RPP Problem Based Learning Lengkap RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Lembar Penilaian
. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru mempersiapkan perangkat pembelajaran dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Salah satu versi pembelajaran yang populer akil balig cukup akal ini ialah PBL atau Problem Based Learning. Termasuk juga untuk mahasiswa PPG 2021 atau Mahasiswa PPG Daljab 2021 melakukan praktik pengalaman lapangan atau PPL Praktik pembelajaran lapangan, Uji Komprehensif dan Uji Kinerja UKIN UKMPPG 2021 memakai RPP dilema based learning. Sebenarnya selain menggunakan RPP duduk perkara based learning mahasiswa PPG dalam jabatan 2021 juga direkomendasikan memakai RPP project based learning atau RPP PJBL.
| RPP PBL (RPP Problem Based Learning) |
Berikut saya hidangkan Contoh RPP Problem Based Learning Lengkap RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Lembar Penilaian lengkap dengan link Download Contoh RPP Problem Based Learning Lengkap RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Lembar evaluari atau lembar Penilaian.
Silakan bapak ibu guru maupun mahasiswa PPG 2021 Download Contoh RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 lewat link unduh rpp masalah based learning sd kelas 6 pada selesai postingan ini. Contoh rpp problem based learning sd kelas 6 ini mampu dijadikan selaku refrensi selaku teladan rpp masalah based learning sd kelas 5, pola rpp problem based learning sd kelas 4, pola rpp persoalan based learning sd kelas 3, pola rpp persoalan based learning sd kelas 2 dan teladan rpp masalah based learning sd kelas 1 serta rpp persoalan based learning smp maupun rpp persoalan based learning sma.
Pratinjau Contoh RPP Problem Based Learning / RPP PBL Kelas 6:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN Sekarjati 1
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran : 3
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit (2 JP)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
- KI 1: Menerima, melakukan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
- KI 2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
- KI 3: Memahami wawasan faktual dengan cara memperhatikan (mendengar, menyaksikan, membaca dan menanya ) dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
- KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam langkah-langkah yang merefleksikan peri-laris anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1. Menyimpulkan berita menurut teks laporan hasil observasi yang didengar dan dibaca.
4.1. Menyajikan akhir secara verbal dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1. Menemukan inspirasi pokok dengan derma diagram.
4.1.1. Mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci
IPA
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tanaman dan binatang.
4.1. Menyajikan karya ihwal perkembangangbiakan tumbuhan.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1. Menemukan cara perkembangbiakan vegetatif pada tanaman
3.1.2. Menemukan manfaat perkembangbiakan vegetatif pada flora
4.1.1. Mengemukakan cara perkembangbiakan vegetatif pada tanaman melalui tabel
4.1.2. Mengemukakan manfaat perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan melalui tabel
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
- Setelah membaca teks tentang “Tumbuhan Sumber Kehidupan” dan mempelajari bahan didik siswa bisa mendapatkan pandangan baru pokok dengan santunan diagram.
- Setel
ah memperoleh wangsit pokok dari bacaan, siswa bisa mengembangkannya dengan memakai bahasanya
sendiri secara rinci.
- Setelah berdiskusi, memperhatikan video dan mencari berita dari materi ajar, siswa bisa mendapatkan cara perkembangbiakan vegetatif pada tanaman dan manfaatnya dengan benar.
- Setelah berdiskusi, memperhatikan video dan mencari info dari materi ajar, siswa bisa Menemukan manfaat perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan
- Setelah berdiskusi, siswa bisa Mengemukakan cara perkembangbiakan vegetatif pada tanaman melalui tabel dengan benar
- Setelah berdiskusi, siswa bisa Mengemukakan faedah perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan lewat tabel dengan benar
D. MATERI PEMBELAJARAN
- Perkembangbiakan vegetatif tumbuhan di sekitar dan manfaatnya
- Menemukan Ide pokok gosip menurut teks laporan hasil observasi mengembangkannya lewat tulisan.
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik TPACK
2. Model : Problem Based Learning
3. Teknik:
a. Orientasi Peserta Didik Terhadap Masalah
b. Mengorganisasikan Peserta Didik
c. Membimbing Penyelidikan Individu
d. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. PPT
2. Video pembelajaran (Link terlampir pada RPP)
Sumber Belajar :
- Ringkasan Materi, Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Wortel, umbi kayu, atau pisang
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menunjukkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan akidah masing-masing. Religius
- Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” bantu-membantu. Nasionalis
- Guru mengevaluasi kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan daerah duduk disesuaikan dengan acara pembelajaran.
- Guru memberikan apersepsi kepada siswa
- Guru Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Selamatkan Makhluk Hidup” serta tujuan yang mau diraih
Kegiatan Inti
FASE 1: Orientasi akseptor latih pada dilema
- Guru memberikan gambar flora yang terjangkit hama dan gambar krisis pangan
- Peserta ajar memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru.
- Peserta bimbing tanya jawab dengan guru wacana isi gambar PPT.
- Peserta asuh diminta memberikan balasan dan pertimbangan kepada gambar/foto yang diberikan.
- Peserta didik diberikan kesempatan untuk memutuskan urusan dalam bentuk pertanyaan yang bekerjasama dengan gambar yang diperhatikan.
Contoh pertanyaannya ialah:
1. Apakah isi gambar 1?
2. Apakah isi gambar 2?
3. Apakah isi gambar 3?
4. Apakah isi gambar 4?
5. Jelaskan keterkaitan gambar 1, 2, 3 dan 4!
6. Bagaimana cara semoga gambar 4 tidak terjadi?
- Guru menunjukkan buah atau sayuran yang dibawanya (yang meningkat biak secara vegetatif : bawang, pisang, wortel, atau lainnya).
- Guru dan penerima latih bertanya jawab tentang tanaman/sayuran yang mereka lihat terkait perkembangbiakannya. Creativity and Innovation
FASE 2: Mengorganisasi peserta didik dalam berguru
- Peserta latih dibagi menjadi 2 golongan
- Peserta bimbing diberikan LKPD
- Peserta asuh dibantu mendefinisikan dan mengorganisasikan peran berguru yang berafiliasi dengan duduk perkara tersebut.
FASE 3: Membimbing penyelidikan peserta latih kalangan
- Menggunakan bahan didik dan buku siswa akseptor bimbing mengumpulkan isu untuk membangun ilham mereka sendiri dalam memecahkan dilema
- Peserta bimbing mendiskusikan pertanyaan dan melaksanakan pengusutan pada LKPD dalam kalangan. Collaboration
- Peserta bimbing mampu memakai bahan ajar maupun buku penunjang untuk materi diskusi
- Peserta bimbing berdiskusi di luar kelas untuk mengamati tanaman di sekeliling sekolah
- Guru membimbing penyelidikan yang dikerjakan akseptor ajar dengan berkeliling untuk menunjukkan santunan dikala siswa berdiskusi. Guru mampu memperlihatkan pertanyaan pancingan apabila diskusi tidak berjalan lancar.
- Guru melaksanakan penilaian terhadap satu golongan ketika mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai ketika mereka melakukan diskusi di potensi lain. Rubrik ada di halaman belakang.
FASE 4: Mengembangkan dan menyaji
kan hasil karya
- Peserta ajar mencatat hasil pengusutan golongan dalam Lembar Kerja.
- Peserta asuh mengolah hasil pengusutan yang diperoleh dari kelompoknya.
- Peserta ajar menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja.
- Peserta bimbing menyimpulkan hasil penyelidikan dari persoalan yang didapatkan
FASE 5: Menganalisis dan menganalisa proses pemecahan masalah
- Peserta asuh dan guru menganalisa hasil penyelidikan melalui diskusi kelas.
- Peserta didik dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah yang ada pada LKPD
- Selanjutnya akseptor bimbing diminta membaca hasil penyelidikan dan diskusi dan dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.
- Kelompok penerima ajar yang sukses memecahkan persoalan diberi pengahargaan.
- Peserta ajar menghimpun LKPD kepada guru untuk dinilai
- Peserta latih bareng guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah berlangsung (Integritas) Apa saja yang telah dipelajari dari aktivitas hari ini?
Kegiatan Penutup
- Peserta latih bareng guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
- Guru memperlihatkan penguatan dengan menayangkan video ihwal flora sumber kehidupan https://youtu.be/c0mze68CIT4
- Peserta ajar menyimak penjelasan guru ihwal acara pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yakni: memperhatikan tanaman disekitar tempat tinggal siswa yang berkembangbiak secara vegetatif.
- Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang peserta didik.
Lampiran
1. Bahan Ajar
2. Instrumen Penilaian
3. Bahan Ajar
4. LKPD
5. Media PPT
Selengkapnya untuk penerapan RPP ini mampu dilihat pada Video UKIN PPG Daljab 2021