Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) – Modul berguru mandiri ini memberikan pengamalan berguru bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan rancangan pembelajaran ihwal pedagogi.

Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Karakter Peserta Didik

Pengantar

Kompetensi

Pembelajaran keahlian berpikir tingkat tinggi ini dikembangkan dengan tujuan mengembangkan kompetensi calon guru PPPK sehingga mampu berbagi pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mempelajari bahan 3 ihwal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dibutuhkan Anda bisa:

  1. Guru bisa menerangkan desain HOTS;
  2. Guru bisa merancang pembelajaran HOTS; dan
  3. Guru bisa menganalisis kompetensi dasar.

Materi Pokok

Adapun materi pokok yang hendak dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

  1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
  2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)

Bahan Belajar Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Mengapa Anda mesti mempelajari materi ini?

Keterampilan tingkat tinggi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada keahlian berpikir tingkat tinggi, antara dalam hal menjelaskan desain HOTS, merancang pembelajaran HOTS; serta menganalisis kompetensi dasar.

Untuk meraih kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari desain berpikir tingkat tinggi dan bahan terkait kompetensi keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) dari materi mencar ilmu berdikari yang sudah disediakan, dan dapat Anda jalan masuk baik secara online maupun offline.

Selain itu, bahan paparan atau media lain ditambahkan untuk menolong Anda dalam mempelajari bahan.

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Bloom membagi keahlian menjadi dua bagian. Pertama ialah keahlian tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, ialah: mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keahlian berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analyzing), menganalisa (evaluating), dan mencipta (creating).  Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal selaku Higher Order Thinking Skills (HOTS) didefinisikan sebagai proses berpikir kompleks dalam menguraikan bahan, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun kekerabatan dengan melibatkan kegiatan mental yang paling dasar (Resnick,1987).

Pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi adalah pembelajaran yang melibatkan tiga faktor keahlian berpikir tingkat tinggi yakni: transfer of knowledge, critical and creative thinking, dan persoalan solving. Proses pembelajaran keahlian berpikir tingkat tinggi tidak memandang level Kompetensi Dasar (KD), apakah KD nya berada pada tingkatan C1, C2, C3, C4, C5, atau C6.

Untuk lebih mengerti bahan kemampuan berpikir tingkat tinggi, Anda mampu membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan. Anda mampu membaca bahan secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline.

Unduh: Modul/Materi Pedagogi Calon Guru PPPK (P3K) : Desain Pembelajaran

Semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel