Soal & Kunci PAS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 2021
Unduh Soal & Kunci Penilaian Akhir Semester Kelas 6 Tema 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Melalui aktivitas evaluasi selesai semester , guru mampu memeriksa peserta bimbing untuk mengetahui kempetensi wawasan yang dimilikinya setelah akhir mempelajari beberapa kompetensi dasar selama satu semester.
Untuk membantu adik-adik kelas 6 Sekolah Dasar dalam merencanakan diri menghadapi UAS/PAS , Bank Soal menawarkan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Kelas 6 Tema 2.
Download Soal PAS Tema 2 Kelas 6
1. Persatuan terlihat pada sikap-sikap berikut , kecuali ….
a. Melaksanakan tanggung jawab.
b. Menyebar hoax ke penduduk .
c. Selalu menaati hukum lalu lintas.
d. Menghargai perbedaan agama.
Jawaban: b
Pembahasan : Hoax dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat.
2. Sikap baik dalam menghadapi perbedaan yakni ….
a. saling menghargai
b. saling menghindari
c. saling membandingkan
d. saling memengaruhi
Jawaban : a
3. Bangsa yang bersatu akan makin ….
a. mundur
b. tertinggal
c. maju
d. dijajah
Jawaban : c
4. Kegiatan yang menerapkan nilai-nilai persatuan di sekolah ialah ….
a. Memberikan tanggapan ujian
b. Menampilkan pentas drama
c. Membolos pelajaran bareng
d. Menolak aktivitas kerja bakti
Jawaban : b
Pembahasan : Persatuan mesti diwujudkan dalam hal positif.
5. Perbedaan suku dengan teman mampu disikapi dengan cara berikut , kecuali ….
a. bermain bareng
b. saling menghargai
c. berdiam diri di kamar
d. saling mempelajari budaya
Jawaban: c
Pembahasan : Perbedaan mesti disikapi dengan cara faktual.
6. Perhatikan paragraf berikut!
Proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak ditemukan secara gampang. Untuk menemukan kemerdekaan diperlukan usaha dan pengorbanan. Pada tanggal 9 Agustus 1945 , tiga tokoh pejuang proklamasi , adalah Bung Karno , Bung Hatta , dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat , Vietnam. Mereka hendak bertemu dengan Marsekal Terauchi , panglima besar tentara Jepang di Asia Tenggara.
Sesuai paragraf tersebut , mengapa ketiga tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan pergi ke Dalat , Vietnam?
a. Tiga tokoh pejuang proklamasi , yaitu Bung Karno , Bung Hatta , dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat , Vietnam untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi.
b. Tiga tokoh pejuang proklamasi , yaitu Bung Karno , Bung Hatta , dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat , Vietnam untuk merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.
c. Tiga tokoh pejuang proklamasi , ialah Bung Karno , Bung Hatta , dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat , Vietnam untuk meminta kemerdekaan terhadap Marsekal Terauchi.
d. Tiga tokoh pejuang proklamasi , adalah Bung Karno , Bung Hatta , dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat , Vietnam untuk berjuang mendapatkan kemerdekaan.
Jawaban : a
Pembahasan : Pada paragraf tersebut diterangkan alasan ketiga tokoh pejuang proklamasi pergi ke Dalat , Vietnam untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi. Jawaban bisa kita temukan pada kalimat terakhir paragraf tersebut.
Teks berikut dipakai untuk menjawab 2 pertanyaan di bawahnya.
Perhatikan teks sejarah berikut!
Perjanjian Renville
Perjanjian Renville ialah perjanjian antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian ini dilakukan di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville) saat berada di pelabuhan Tanjung Priok , Jakarta. Penjanjian Renville ditandatangani tanggal 17 Januari 1948. Pemimpin delegasi Indonesia adalah Amir Syarifuddin , sedangkan delegasi Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo.
Perundingan kedua negara sudah dimulai tanggal 8 Desember 1947 dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara , yakni Amerika Serikat , Australia , dan Belgia. Perjanjian Renville menghasilkan beberapa akad selaku berikut.
1.Belanda hanya mengakui Jawa Tengah , Yogyakarta , dan Sumatra sebagai bagian daerah Republik Indonesia.
2.Disetujuinya sebuah garis pemisah antara kawasan Indonesia dan daerah kekuasaan Belanda.
3.Tentara Nasional Indonesia mesti ditarik mundur dari daerah-tempat kantong di daerah kekuasaan di Jawa Barat dan Jawa Timur.
7. Gagasan pokok paragraf pertama teks se
jarah tersebut yakni ….
a. hasil kesepakatan perjanjian Renville
b. pembagian kawasan pada kesepakatanRenville
c. pelaksanaan persetujuanRenville
d. negara yang tergabung Komisi Tiga Negara
Jawaban: c
Pembahasan : Paragraf pertama teks sejarah tersebut menampung info ihwal pelaksanaan perjanjian Renville.
8. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf kedua teks sejarah tersebut ialah ….
a. Bagaimana hasil komitmen perjanjian Renville?
b. Kapan persetujuanRenville ditandatangani?
c. Apa yang melatarbelakangi kesepakatanRenville?
d. Siapa pemimpin delegasi Indonesia pada kesepakatanRenville?
Jawaban : a
Pembahasan : Jawaban dari pertanyaan a sesuai dengan isi paragraf kedua , yakni terdapat pada kalimat terakhir.
9. Perhatikan teks sejarah berikut!
B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Naskah tersebut lalu dikembalikan kepada bangsa Indonesia. B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada Presiden Soeharto pada Selasa , 19 Mei 1992. Naskah orisinil proklamasi kemudian disimpan di Arsip Nasional RI , Jakarta. Berkat B.M. Diah , kini bangsa Indonesia mampu melihat naskah orisinil proklamasi.
Kalimat tanya yang cocok isi teks sejarah tersebut ialah ….
a. Bagaimana B.M. Diah memperoleh naskah orisinil proklamasi?
b. Berapa lama B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi?
c. Mengapa B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi?
d. Apa yang melatarbelakangi B.M. Diah menyerahkan naskah orisinil proklamasi terhadap Presiden Soeharto?
Jawaban : b
Pembahasan : Jawaban dari pertanyaan b sesuai dengan isi teks ialah pada kalimat pertama.
10. Perhatikan paragraf berikut!
Achmad Soebarjo lahir di Karawang , 23 Maret 1896 dan wafat pada 15 Desember 1978. Achmad Soebardjo menjabat selaku Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Achmad Soebardjo ialah perwakilan dari kalangan tua pada saat proklamasi. Beliau ikut menyusun rancangan teks proklamasi bersama Bung Karno dan Bung Hatta.
Pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf tersebut ialah ….
a. Mengapa Achmad Soebardjo terpilih sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama?
b. Bagaimana peran Achmad Soebardjo dikala menjadi Menteri Luar Negeri?
c. Di mana Achmad Soebardjo meninggal?
d. Apa peran Achmad Soebardjo dalam menyiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia?
Jawaban : d
Pembahasan : Jawaban dari pertanyaan pada pilihan d terdapat pada teks ialah Achmad Soebardjo ikut menyusun desain teks proklamasi bareng Bung Karno dan Bung Hatta.
11. Pohon jati menyesuaikan diri saat ekspresi dominan kemarau dengan cara ….
a. menyerap oksigen
b. mengeluarkan racun
c. menggugurkan daunnya
d. menggulungkan daunnya
Jawaban : c
Pembahasan : Pohon jati menggugurkan daunnya ketika ekspresi dominan kemarau untuk meminimalisir penguapan.
12. Tumbuhan yang mempunyai akar napas yaitu ….
a. bakau
b. jagung
c. cemara
d. rambutan
Jawaban: a
Pembahasan : Bakau mempunyai akar napas yang memiliki kegunaan untuk menyerap oksigen dan menyalurkannya ke akar yang ada di dalam.
13. Tumbuhan yang batang dan daunnya mengandung banyak air umumnya ….
a. hidup di air
b. cepat layu
c. tahan terhadap kekeringan
d. mempunyai cadangan makanan
Jawaban : c
14. Bulu angsa tidak akan berair meskipun berada di air karena ….
a. bulu tipis
b. bulu sangat tebal
c. berlapis air
d. berlapis minyak
Jawaban : d
15. Tumbuhan xerofit memiliki batang yang tebal untuk ….
a. menyimpan air
b. menyimpan oksigen
c. penguat tanaman
d. mempercepat penguapan
Jawaban : a
16. Pahlawan nasional yang ikut gugur dalam peristiwa Bandung Lautan Api pada dikala meledakkan gudang mesiu ialah ….
a. M. Toha
b. Supriadi
c. Abdul La
tif
d. Burhanuddin
Jawaban : a
17. Sumbangan perjuangan Ibu Fatmawati Soekarno yang mampu kita kenang sampai kini dikala proklamasi kemedekaan Indonesia ialah ….
a. bendera merah putih yang dikibarkannya
b. bendera merah putih hasil jahitannya sendiri
c. naskah proklamasi yang diketiknya dengan rapi
d. teks proklamasi yang dibacakannya di depan rumah
Jawaban : b
18. Pemimpin rakyat Surabaya yang sukses aben semangat rakyat untuk melawan serdadu Sekutu ialah ….
a. Bung Tomo
b. Bung Karno
c. Bung Hatta
d. Bung Sjahrir
Jawaban: a
19. Tugas pokok Komisi Tiga Negara yakni ….
a. mewakili Dewan Keamanan PBB
b. mencegah terjadinya Agresi Militer Belanda I
c. menangkal terjadinya Agresi Militer Belanda II
d. membantu solusi sengketa antara Indonesia dan Belanda
Jawaban : d
20. Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi , yaitu Rencana Produksi Lima Tahun oleh menteri problem materi masakan pada kabinet Hatta disebut ….
a. Plan Kasimo
b. Plan Ir. Surachman
c. Plan Ishak Cokrohadisuryo
d. Plan Sumitro Djojohadikusomo
Jawaban : a
21. Tarian berikut berasal dari Aceh , kecuali ….
a. tari Seudati
b. Tari Laweut
c. Tari Likok Pulo
d. Tari Andun
Jawaban : d
Pembahasan : Tari Andun berasal dari kawasan Bengkulu.
22. Gerakan maju mundur , menyamping , diagonal , atau serong termasuk teladan lantai ….
a. lengkung
b. lurus
c. semi lurus
d. semi lengkung
Jawaban : b
Pembahasan : Pola lantai cuma terbagi menjadi dua adalah acuan lantai lurus dan acuan lantai lengkung. Contoh gerak contoh lantai lurus ialah gerakan maju mundur , menyamping , diagonal , atau serong.
23. Pola atau bagan yang harus dikuasai oleh seorang penari yakni ….
a. teladan tari
b. pola lantai
c. garis tari
d. garis lantai
Jawaban : b
Pembahasan : Pola lantai berupa contoh atau bagan yang harus dikuasai oleh seorang penari. Pola lantai berfungsi untuk memilih posisi penari dalam sebuah ruang gerak.
24. Berikut tergolong tarian yang dibawakan secara berkelompok , kecuali ….
a. tari Saman
b. tari Kecak
c. tari Serimpi
d. tari Topeng
Jawaban : d
Pembahasan : tari Topeng ialah tarian tunggal yang ditarikan oleh seorang penari.
25. Tari kecak dijalankan secara ….
a. perorangan
b. berpasangan
c. berkelompok
d. sendiri
Jawaban : c
Soal Isian
26. Pembangunan yang berkelanjutan dan merata akan menjamin … rakyat.
Jawaban : kesejahteraan
Pembahasan : Pembangunan yang berkesinambungan dan merata akan menciptakan ekonomi stabil.
27. Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat apabila warganya senantiasa menjaga … dan ….
Jawaban : persatuan , kesatuan
28. Persatuan diperlukan untuk mempertahankan … wilayah Indonesia yang luas.
Jawaban : kedaulatan
29. Perhatikan kalimat berikut!
Konggres Pemuda I dilakukan di Batavia pada tahun 1926.
Perbaikan dari kata yang dicetak miring ialah ….
Jawaban : kongres
30. Perhatikan kalimat berikut!
Pe
rtanyaan : … cowok Indonesia bertempur dengan pasukan Inggris?
Jawaban: Pemuda Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris di Surabaya.
Kata tanya yang sempurna sesuai isu pada jawaban tersebut ialah ….
Jawaban : di mana
31. Perhatikan kalimat berikut!
Persatuan dan kesatuan penting untuk kesejahtraan rakyat.
Kata tidak baku pada kalimat tersebut yakni ….
Jawaban : kesejahtraan
Pembahasan : Kata tidak baku : kesejahtraan
Kata baku : kemakmuran
32. Kemampuan menyesuaikan warna kulit dengan lingkungannya disebut ….
Jawaban : mimikri
33. Keong sawah banyak dimanfaatkan selaku bahan makanan alasannya mengandung ….
Jawaban : protein
34. Tumbuhan yang hidup di tempat yang kering disebut ….
Jawaban : xerofit
35. Bangsa Eropa yang pertama kali menjajah Indonesia adalah ….
Jawaban : Portugis
36. Sebagai siswa , kita harus mengisi kemerdekaan dengan ….
Jawaban : rajin berguru
37. Ibu kota RI pada dikala Agresi Militer Belanda II terletak di ….
Jawaban: Yogyakarta
38. Tari Lego-Lego ditarikan secara ….
Jawaban : berkelompok
Pembahasan : Tari Lego-lego yaitu tarian dari kabupaten Alor , Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ditarikan secara berkelompok.
39. Pola yang terbentuk dari posisi penari ketika menari disebut ….
Jawaban : pola lantai
40. Sebelum pertunjukan tari , penari mesti … gerakan tari dari awal sampai selesai.
Jawaban: hafal
Pembahasan : Penari semestinya telah hafal dengan gerakan-gerakan tari dari permulaan hingga selesai. Sehingga tari yang dipentaskan di atas panggung akan terlihat tepat dan baik.
Soal Uraian/Essay
41. Sebutkan wujud persatuan dalam kehidupan di sekolah!
Jawaban : Wujud persatuan dalam kehidupan di sekolah
• Semua warga sekolah semangat mengikuti kerja bakti.
• Mengerjakan tugas kalangan dengan baik.
• Mengadakan upacara bendera secara terstruktur.
• Semua warga sekolah semangat mengikuti senam bareng .
• Siswa damai di kelas dikala ditinggal guru.
42. Sebutkan faedah yang kita dapatkan kalau menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di penduduk !
Jawaban : Manfaat yang kita dapatkan jikalau menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di penduduk .
• Menciptakan kedamaian
• Tidak terjadi pertengkaran
• Hidup menjadi aman , tenteram , dan tenteram
• Dapat saling menolong saat mengalami kesusahan
• Mempererat persatuan dan kesatuan bangsa
43. Perhatikan paragraf berikut!
Berbagai persiapan perlu dikerjakan bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan. Hal ini mendorong disusunnya teks proklamasi oleh Ir. Soekarno , Drs. Moh. Hatta , dan Mr. Achmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno di rumah Laksamana Tadashi Maeda dan diketik oleh Sayuti Melik. Sukarni kemudian merekomendasikan supaya teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.
Tentukan berita penting yang terdapat pada paragraf tersebut!
Jawaban : Paragraf tersebut memuat info tentang antisipasi proklamasi kemerdekaan Indonesia.
44. Perhatikan teks sejarah berikut!
Pada zaman penjajahan , petani harus membayar pajak tanah sebanyak seperlima dari hasil panen tahunan , menjual hasil bumi terhadap penjajah , dan mengikuti tanam paksa. Setelah kemerdekaan , petani tidak perlu mengeluarkan uang pajak tanah yang besar dan tidak ada kegiatan tanam paksa. Petani juga bebas menanam dan memasarkan hasil tanamannya terhadap siapa saja.
Tentukan ide pokok teks sejarah tersebut!
Jawaban: Gagasan pokok teks sejarah:
• Manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan petani.
45. Bagaimana hyena melindungi diri dari musuhnya?
Jawaban: Hyena melindungi diri dari musuhnya dengan cara membentuk kalangan dengan rekannya.
46. Bagaimana cara flora jagung menyesuaikan dirinya saat demam isu kemarau?
Jawaban : Tumbuhan
jagung mengikuti keadaan dengan cara menggulungkan daunnya untuk menghemat penguapan.
47. Mengapa di Semarang dibangun Tugu Muda?
Jawaban : Tugu Muda di Semarang dibangun untuk mengingat jasa para pemuda yang sudah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.
48. Apa isi dari rencana Kasimo (Kasimo Plan)?
Jawaban : Rencana Kasimo berisi ihwal usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang simpel.
49. Sebutkan ragam suara yang menjadi iringan tari Indang!
Jawaban : Tari Indang diiringi oleh dua jenis ragam suara. Yang pertama bunyi yang berasal dari tabuhan alat musik tradisional khas Melayu mirip rebana dan gambus. Sementara yang kedua , bunyi yang berasal dari syair yang dinyanyikan oleh seseorang.
50. Saat dipentaskan , nyaris setiap tarian diiringi alunan musik. Mengapa pementasan tari mesti diiringi alunan musik?
Jawaban : pementasan tari harus diiringi alunan musik supaya tarian menjadi lebih indah. Selain iringan dapat mengatur tempo gerak dan membantu mengatur waktu atau usang cepatnya pementasan tari.
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Contoh Soal UAS/PAS Tema 2 Kelas 6 , silahkan klik tautan berikut :
Demikian informasi tentang Soal & Kunci PAS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 2021 yang mampu Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi info terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.