Soal & Kunci PH Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester 1 2021

Unduh Soal & Jawaban Penilaian Harian Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Penilaian harian dilaksanakan oleh guru setelah menyelesaikan bahan pembelajaran dalam satu kompetensi dasar. Fungsi dari Penilaian Harian adalah untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari bahan yang diberikan oleh guru.

 

Setelah guru mengenali kompetensi pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta bimbing , guru dapat memperlihatkan materi pembelajaran pada kompetensi dasar berikutnya. Tetapi kalau ada penerima latih yang belum menyanggupi kriteria wawasan yang sudah diputuskan , maka guru mampu menindaklanjutinya dengan menunjukkan remedial. 

 

Program remedial mampu dijalankan dengan beberapa sistem diantaranya: 

1. Memberikan soal Penilaian Harian kembali

2. Tanya jawab atau diskusi

 

Untuk membantu adik-adik kelas 6 SD dalam belajar , Bank Soal menawarkan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester Gasal.

 

Download Soal & Kunci Penilaian Harian Kelas 6 

 

1. Dondo bahagia memakai produk Indonesia alasannya adalah memberi efek nyata berikut , kecuali …. 

a. penghematan tenaga kerja semakin banyak

b. buatan barang dalam negeri akan semakin meningkat

c. kualitas produk Indonesia menjadi semakin baik

d. perekonomian Indonesia akan semakin menguat

Jawaban : a

Pembahasan : Semakin banyak barang/produk setempat dibuat , akan bertambah banyak tenaga kerja yang diserap.

 

2. Berikut ini perilaku yang seharusnya dikerjakan penduduk dalam menghadapi globalisasi , kecuali …. 

a. mencintai buah lokal

b. selalu membeli tas impor

c. membeli di pasar tradisional

d. memakai produk dalam negeri

Jawaban: b

Pembahasan : Jika kita terus membeli tas dari mancanegara , tas dengan brand-brand setempat akan susah maju dan berkembang.

 

3. Berikut ini tujuan dari gerakan “Cinta Indonesia” , kecuali …. 

a. menghadapi tantangan krisis ekonomi global

b. mengembangkan jumlah impor produk ke Indonesia

c. memajukan citra Indonesia di mata internasional

d. membangun kemandirian bangsa di bidang ekonomi

Jawaban : b

 

Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.

Perhatikan teks eksplanasi berikut! 

Kondisi tersebut mendorong UI meluncurkan program Akademi Energi Surya. Akademi Energi Surya didirikan selaku wujud positif kepedulian UI terhadap permasalahan krisis energi. Dengan adanya sekolah tinggi tersebut , diperlukan krisis energi mampu bertahap dituntaskan dengan energi surya. Energi surya diperlukan bisa mengubah bahan bakar fosil. Energi surya menjadi energi alternatif yang higienis , tidak menjadikan polusi , kondusif , dan persediaan tidak terbatas.

 

4. Sesuai struktur teks eksplanasi , paragraf tersebut ialah bagian …. 

a. pembuka

b. interpretasi

c. klarifikasi

d. pernyataan lazim

Jawaban : b

Pembahasan : Paragraf tersebut ialah bagian penutup atau interpretasi karena berisi kesimpulan atau usulan penulis.

 

5. Informasi penting paragraf pada teks eksplanasi tersebut ialah …. 

a. energi surya dibutuhkan mampu menangani krisis energi

b. pemanfaatan materi bakar fosil

c. pengoptimalan tenaga surya

d. tugas serta Akademi Energi Surya

Jawaban : a

Pembahasan : Paragraf pada teks eksplanasi tersebut berisi isu ihwal energi surya yang diperlukan dapat menanggulangi krisis energi.

 

6. Sesuai struktur teks eksplanasi , paragraf tersebut merupakan bagian …. 

a. pembuka

b. interpretasi

c. klarifikasi

d. pernyataan biasa

Jawaban : b

Pembahasan : Paragraf tersebut merupakan bab epilog atau interpretasi alasannya adalah berisi kesimpulan atau pendapat penulis.

 

7. Rangkaian listrik sederhana dari buah-buahan dapat bertahan selama …. 

a. 1 hari

b. 1 minggu

c. 2 bulan

d. 3 minggu

Jawaban: a

n style=”font-family: helvetica;”>Pembahasan : Buah-buah yang digunakan dalam rangkaian listrik sederhana mudah membusuk sehingga cuma bertahan selama 1 hari.

 

8. Eko menciptakan rangkaian listrik yang terdiri dari jeruk nipis , kabel , koin logam , paku , dan penjepit buaya. Paku dalam rangkaian tersebut berfungsi selaku …. 

a. kutub positif

b. kutub negatif

c. sumber energi

d. penghantar arus

Jawaban: b

 

9. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang dipakai selaku fasilitas untuk memproduksi energi listrik seperti …. 

a. batubara dan udara

b. air dan matahari

c. minyak bumi dan angin

d. kerikil bara dan minyak bumi

Jawaban : d

 

10. Terjadinya globalisasi mampu mengakibatkan aneka macam warisan budaya nusantara seperti bahasa daerah , kesenian tempat , dan upacara budpekerti menjadi makin …. 

a. dicari

b. ditinggalkan

c. diperhatikan

d. Dikembangkan

Jawaban : b

 

11. Bangga memakai produk dalam negeri merupakan ciri …. 

a. cinta tanah air

b. benci dengan tanah air

c. tidak mencintai tanah air

d. membenci dengan tanah air

Jawaban : a

 

12. Tidak semua budaya gila membawa dampak negatif , salah satunya adalah …. 

a. ateisme

b. jerih payah

c. individualisme

d. pergaulan bebas

Jawaban : b

 

13. Yang tidak tergolong ciri utama poster yakni …. 

a. menarik minatpembaca

b. bahasa mudah dimengerti

c. komposisi gambar dan goresan pena sesuai

d. menggunakan gambar denah

Jawaban : d

Pembahasan : Gambar bagan umumnya tidak dipakai dalam poster.

 

14. Poster yang dibentuk dengan gambar warna–warni terlihat ….  

a. gampang dibaca

b. mudah dilihat

c. menawan perhatian

d. mewah sekali

Jawaban : c

Pembahasan : Poster berisi teks dan gambar. Gambar yang berwarna-warni bisa menarik minatpembaca.

 

15. Perhatikan gambar berikut.

 

Poster di atas bernuansa ihwal …. 

a. pendidikan

b. kesehatan

c. lingkungan

d. petaka

Jawaban: b

Pembahasan : Gambar poster di atas bertema kesehatan adalah ihwal gejala penyakit tuberkulosis.

 

Soal Isian 

16. Gerakan “Cinta Indonesia” untuk membangun kemandirian bangsa di bidang ….

Jawaban : ekonomi

 

17. Orang-orang di pegunungan akan sulit menikmati ikan maritim tanpa jasa dari …. 

Jawaban : nelayan

 

18. Informasi pada teks eksplanasi bersifat …. 

Jawaban : ilmiah

 

19. Fenomena kemiskinan ialah acuan teks eksplanasi …. 

Jawaban : sosial

 

20. Energi listrik yang berdaya rendah , maka nyala lampunya akan …. 

Jawaban : redup

 

21. Saat menciptakan kompor tenaga surya , bahan yang mampu dijadikan bahan pemantul yaitu …. 

Pembahasan : Aluminium foil dijadikan bahan pemantul alasannya adalah aluminium foil dapat menghantarkan panas dengan baik.

 

22. Arus informasi pada abad globalisasi berlangsung …. 

Jawaban : cepat

 

23. Jika pembelian produk mancanegara meningkat , maka angka PHK akan …. 

Jawaban : meningkat

Pembahasan : Jika pembelian produk luar negeri meningkat , maka banyak produk dalam negeri yang tidak laku. Jika produk dalam negeri tidak laku , maka buatan akan menyusut sehingga memajukan angka PHK.

 

24. Brosur mampu dicetak berkali-kali , tetapi cuma diterbitkan sebanyak … kali. 

Jawaban: satu

Pembahasan : Brosur diterbitkan sekali , meskipun selebaran dicetak berkali-kali baik diperbarui ataupun tidak.

 

25. Perhatikan gambar berikut.

 

Poster di atas termasuk poster …. 

Jawaban : pendidikan

 

Download Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 6

 

PILIHAN GANDA

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

  • 3.3 Memahami keberagaman ekonomi masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika (soal nomor 1 s/d 3)

Bahasa Indonesia 

  • 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca (soal nomor 4 s/d 6)

Ilmu Pengetahuan Alam 

  • 3.6 Memahami cara menciptakan , menyalurkan , dan mengurangi energi listrik (soal nomor 7 s/d 9)

Ilmu Pengetahuan Sosial 

  • 3.3 Memahami posisi dan peran Indonesia dalam kolaborasi di bidang ekonomi , politik , sosial , budaya , teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN (soal nomor 10 s/d 12)

Seni Budaya dan Prakarya 

  • 3.1 Memahami reklame (soal nomor 13 s/d 15)

 

ISIAN

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

  • 3.3 Memahami keberagaman ekonomi penduduk dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika (soal nomor 16 s/d 17)

Bahasa Indonesia 

  • 3.2 Menggali isi teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca (soal nomor 18 s/d 19)

Ilmu Pengetahuan Alam 

  • 3.6 Memahami cara menghasilkan , menyalurkan , dan menghemat energi listrik (soal nomor 20 s/d 21)

Ilmu Pengetahuan Sosial 

  • 3.3 Memahami posisi dan tugas Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi , politik , sosial , budaya , teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN (soal nomor 22 s/d 23)

Seni Budaya dan Prakarya 

  • 3.1 Memahami reklame (soal nomor 24 s/d 25)

 

 

Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang membutuhkan Contoh Soal Penilaian Harian Kelas 6 SD Tema 4 , silahkan klik tautan berikut : Unduh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 

 

 

Demikian informasi ihwal Soal & Kunci PH Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya agar selalu mampu notifikasi isu terbaru dari Bank Soal. Terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel