2. Pernyataan berikut yang menerangkan makna ungkapan kognitif yakni….
a. kesanggupan berkomunikasi
b. kemampuan untuk memecahkan duduk perkara
c. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
d. kemampuan berinteraksi
3. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika namun masih terkait dengan objek-objek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kesanggupan anak berusia ….
a. 11/12/ – 14/15 tahun
b. 0 – 2 tahun
c. 2 – 7 tahun
d. 7 – 11/12 tahun
4. Kemampuan penerima bimbing untuk membina kekerabatan dan kemampuan memotivasi diri tergolong kecerdasan….
a. kognitif
b. moral
c. emosional
d. sosial
5. Seorang peserta latih selalu ingin mendominasi dalam sebuah golongan belajar. Dia tidak memberi peluang anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sobat lain yang memimpin dan menertibkan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta latih tersebut mengalami persoalan dalam kemajuan ….
a. spiritual
b. akhlak
c. kognitif
d. sosial-emosional
6. Peserta asuh telah memiliki moralitas yang betul-betul diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada patokan-tolok ukur orang lain. Dia mengenal tindakan tabiat alternatif, menjajaki opsi-pilihan, dan lalu menetapkan berdasarkan sebuah arahan sopan santun langsung.
Hal ini ialah teladan sikap moral-spritual pada tahapan …
a. pikiran sehat konvensional
b. penalaran pascakonvensional
c. akal budi prakonvensional
d. akal budi interkonvensional
7. Seorang penerima asuh merasa kurang antusiaspada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang sebab matahari hampir karam.
Peserta asuh tersebut dicurigai mempunyai hambatan pengembangan potensi berupa faktor ….
a. keluarga dan lingkungan masyarakat
b. intelegensi dan kognitif
c. budaya dan penyesuaian
d. emosional dan kepribadian
8. PertTeori ini menatap berguru sebagai hasil dari pembentukan relasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan akibat dari siswa (response) yang mampu diamati. Semakin sering kekerabatan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan makin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori mencar ilmu yang dimaksud ialah .…
a. sibernetik
b. humanistik
c. kontruktivisme
d. behaviorisme
9. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yaitu selaku fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran tentang makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini yakni ….
a. kognitivisme
b. nativisme
c. humanistik
d. konstruktivisme
10. Pada era kini siswa dituntut untuk mampu mencar ilmu setiap ketika dan mampu terjadi di manapun. Hal ini terjadi alasannya adalah perkembangan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan di atas sejalan dengan teori mencar ilmu ….
<
br/>
a. sibernetik
b. konstruktivisme
c. kognitivisme
d. behaviorisme
11. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta ajar sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ….
a. silabus
b. RPP
c. silabus dan RPP
d. SKL
12. Silabus dan RPP sama-sama selaku rencana proses pembelajaran, perbedaannya ialah ….
a. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru
b. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan
c. Silabus bersumber dari standar isi dan patokan lulusan, sedangkan RPP bersumber dari patokan kompetensi lulusan
d. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan berguru untuk mencapai kompetensi dasar
13. Model pembelajaran yang memiliki keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak inovatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara kongkret, merangsang kemajuan pertumbuhan berpikir siswa untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi dengan sempurna, yakni ….
a. Problem Solving
b. Picture and Picture
c. Inquiry
d. Role Playing
14. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam ….
a. pencapaian kriteria kelulusan
b. pencapaian tujuan pembelajaran
c. pencapaian patokan kompetensi
d. pencapaian kompetensi dasar
15. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ….
a. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman berguru, sumber belajar, dan sistem evaluasi cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
b. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyuguhan bahan dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta ajar
c. Komponen-komponen silabus saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi
d. Adanya relasi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman mencar ilmu, sumber mencar ilmu, dan metode evaluasi
16. Dalam menentukan dan menyebarkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu memilih bahan pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan menawarkan bantuan untuk pengertian ke depan. Kriteria penyeleksian dan penyeleksian materi pembelajaran tersebut menyanggupi kriteria …
a. Layak dipelajari
b. Kebermanfaatan
c. Menarik minat
d. Sahih
17. Ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus mampu memilih jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam ….
a. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
b. media dua dimensi dan media tiga dimensi
c. media yang mempunyai daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas
d. media tradisional dan media berbasis TIK
18. Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang inovatif, seharusnya dapat memanfaatkan media dan menentukan media mana yang hendak digunakan. Dia memiliki beberapa pendapatdalam hal ini.
Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang mesti diamati ialah ….
a. Sasaran ajar, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
b. Tujuan, sasaran asuh, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
c. Tujuan, target latih, karakteristik media, waktu pengoperasian, ongkos, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
d. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
19. Seorang pendidik mesti mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran yakni ….
a. menentukan media tidak butuhbanyak pertimbangan agar tidak menyibukkan
b. media pembelajaran yang paling baik ialah media yang berbasis TIK
c. sebuah media dapat dipakai untuk semua kegiatan pembelajaran
d. media mampu dipakai selaku pembawa pesan dalam suatu acara pembelajaran
20. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang mempesona perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi yakni….
a. Microsoft PowerPoint
b. Microsoft Database
c. Microsoft Desktop Publishing
d. Microsoft Spread Sheet
style=”font-family: arial;”>21. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota golongan mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan kepada skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan timbul aneka macam macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dijalankan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi versi pembelajaran ….
a. Discovery learning
b. problem based learning
c. Project based learning
d. inquiry learning
22. Berikut ini merupakan tindakan pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning.
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor akseptor bimbing dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ….
a. 1-3-2-4-5-6
b. 1-2-3-5-4-6
c. 1-3-2-5-6-4
d. 1-2-3-4-5-6
23. Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri ialah kompetensi…
a. Intelektual
b. Kepribadian
c. Professional
d. Pedagogi
24. Dalam proses pembelajaran guru terkendala dengan cakupan materi yang luas dan banyak maka pilihan materi ajar cetak sederhana yang dapat digunakan untuk bahan mencar ilmu berdikari, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menganggap hasil berguru ialah….
a. lembar kerja penerima asuh
b. buku teks
c. handout
d. modul
e. lembar pengayaan
25. Seorang guru hendaknya mampu menganalisis kualitas tes bentuk objektif secara empiris dikala menyususn soal pilihan ganda. Dalam beberapa perkara soal opsi ganda sering memiliki alternatif tanggapan yang seperti antara yang benar dan yang salah. Alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dibilang baik jikalau ….
a. Tidak satupun penerima tes yang menentukan tanggapan pengecoh
b. Jawaban pengecoh tidak terkait dengan bahan pertanyaan
c. Setidaknya 5% dari penerima tes memilih balasan tersebut
d. Jawaban pengecoh mengarahkan penerima tes untuk menentukan tanggapan yang benar
e. Jawaban pengecoh disusun dengan kalimat yang sulit dipahami
26. Jika guru ingin mengajarkan rancangan yang pertanda proses perkiraan dan cara perolehan debit air maka penggunaan media yang paling sempurna adalah….
a. Modul pembelajaran
b. Media gambar berseri
c. Media grafis
d. Media CD audio
e. Media video pembelajaran
27. Guru secara terus-menerus mengembangkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan menunjukkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya dengan cara ….
a. Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
b. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
c. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
d. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
28. Seorang guru menyusun indikator pencapai kompetensi “menjelaskan perambatan suara”, indikator tersebut masih perlu dirumuskan lebih spesifik menjadi tujuan pembelajaran maka pernyataan yang sempurna untuk rumusan tersebut yaitu….
a. Siswa mampu menjelaskan perambatan sumber bunyi dengan benar
b. Setelah melaksanakan percobaan, siswa dapat menerangkan perambatan sumber bunyi dengan benar.
c. Setelah melakukan percobaan, siswa dapat membandingkan hasil perambatan suara melalui benda padat, cair dan gas.
d. Setelah membaca aba-aba, siswa bisa mempraktikkan langkah-langkah percobaan perambatan bunyi.
29. Berdasarkan hasil tes tamat, guru mendapatkan ada 10 dari 30 siswa belum meraih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang telah diputuskan. Target kurikulum minimal 80% (24 siswa meraih KKM/KBM). Manakah langkah paling cocok dijalankan guru….
a. Mengkaji ulang sejauhmana KKM sesuai dengan daya serap akseptor didik
b. Mengkaji kembali sejauhmana KKM yang ditetapkan telah sesuai kriteria nasional
c. Merubah KKM menurut rata-rata hasil mencar ilmu
d. Mengidentifikasi kelemahan-kelemahan peserta latih dalam pembelajaran
30. Ketika menyusun evaluasi pembelajaran yang dituangkan di RPP, seorang guru menuliskan berbagai macam evaluasi pembelajaran. Salah satu jenis penilaian yang akan dipakai oleh guru adalah jenis evaluasi formatif. Evaluasi formatif ini dimaksudkan untuk….
b. Menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa
c. Memilih siswa yang paling sempurna sesuai dengan tolok ukur acara acara tertentu
d. Memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar
31. Peserta asuh di periode digital dapat memakai perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun ketika diharapkan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan berguru yang mampu dikerjakan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut….
a. Alternative tools
b. Interactive tools
c. Interacting with others
d. Situational tools
32. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru mampu terkait dengan wawasan usang yang telah ada di dalam struktur kognitif seseorang yakni teori mencar ilmu…
a. Behaviorisme
b. Sibernatik
c. Kognitivisme
d. Konstruktivisme
33. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi gosip dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada masa digital ini yaitu
a. Sebagai media komunikasi
b. Sebagai media literasi
c. Sebagai media penawaran khusus
d. Sebagai media sumber berguru
34. Penetrasi TIK dalam pembelajaran kian mendorong forum sekolah mempergunakan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk menawarkan kontribusi terhadap mutu pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa saja tidak mampu menghindar terhadap datangnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
a. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan imbas teknologi dan media dalam dunia pendidikan, alasannya adalah itu guru harus menyesuaikan diri dengan kemajuan baru ini
b. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada tugas guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara tugas guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan persoalan pembelajaran
c. Sebagai guru era 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja nalar teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media
d. Guru hingga kapan pun tetap ialah kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kedatangan TIK tidak perlu diperhitungkan alasannya teknologi dan media tidak mampu mengubah peran guru dalam proses pembelajaran.
35. Pak Asep dalam membelajarkan bahan IPS memakai tahapan (1) orientasi materi dengan menayangkan video kegiatan ekspor impor, (2) membagi siswa menjadi 6 kalangan untuk berdiskusi ihwal problem banyaknya Impor di Indonesia, (3) memperlihatkan kuis, (4) penghargaan kepada keompok yang mampu menjawab terbanyak, versi pembelajaran yang digunakan pak Asep adalah…..
a. Problem Solving
b. Cooperative Learning
c. Kontekstual
d. Project Based Cooperative Learning
e. Problem Solving
36. Memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi untuk berkomunikasi dan membuatkan diri termasuk dalam kompetensi ….
a. Professional
b. Kepribadian
c. Intelektual
d. Pedagogi
e. Sosial
37. Salah satu rumusan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu dengan disajikan berita yang mengandung beberapa kemungkinan kesimpulan, penerima latih diminta untuk menentukan kesimpulan yang paling tepat disertai alasannya adalah dengan mengamati grafik berisi data tingkat kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Bentuk penilaian sahih-holistik yang cocok dipraktekkan yakni….
a. Tes kesanggupan membaca berita
b. Tes kesanggupan mulut
c. Tes kesanggupan mengetahui data dalam grafik
d. Tes evaluasi unjuk kerja dan portofolio
e. Tes lisan mengungkap proses penarikan kesimpulan
38. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, sistem dan teknik pembelajaran yang mendidik secara inovatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada faktor…
a. Pengembangan kurikulum
b. Penguasaan kepada karateristik penerima asuh
c. Berkomunikasi pada peserta latih
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
39. Peserta latih di masa digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) selaku media perlengkapan interaktif kapanpun dan dimanapun ketika diperlukan. Hal ini ialah salah satu bentuk kegiatan berguru yang mampu dilakukan dengan mempergunakan media digital berbasis komputer yang disebut….
a. Alternative tools
b. Situational tools
c. Interactive tools
d. Interacting with others
40. Peserta ajar diminta guru secara berkelompok untuk mengumpulkan data wacana opini masyarakat sekitar sekolah terhadap pengaruh penggunaan kantong plastik kepada lingkungan, berikutnya siswa diminta untuk menampilkan data seberapa banyak katong plastik yang digunakan oleh penduduk dan menawarkan alternatif untuk menguranginya. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut merupakan taktik….
a. Inquiry learning
b. Project based cooperative learning
c. Problem solving
d. Discovery
e. Cooperative
41. Indikator yang tertulis pada RPP adalah “mengidentifikasi banyak sekali bentukkeanekaragaman sosial budaya”. Pertanyaan yang tepat diajukan oleh guru untuk mencapai indikator tersebut yakni….
a. Ceritakan pengalamanmu terkait dengan keberagaman sosial di masyarakat!
b. Apa yang kau pahami perihal keberagaman sosial?
c. Bagaimana perilaku kita kepada perbedaan keberagaman di penduduk ?
d. Tuliskan hasil wawacaramu perihal macam-macam pekerjaan dalam bentuk mind maping!
e. Tuliskan macam-macam pekerjaan tetangga di lingkungan daerah tinggalmu?
42. Disajikan teks perkara keterbelakangan pendidikan di sebuah daerah di Indonesia, tujuan pembelajarannya yakni semoga siswa mampu memprediksi alternatif tindakan yang dapat dipakai selaku solusi sesuai makna Kebangkitan Nasional 1908, mendasarkan pada teladan teks kasus yang disuguhkan maka opsi penilaian yang tetap dipakai oleh guru yakni….
a. Benar Salah
b. Skala Penilaian (rating scale)
c. Uraian
d. Pilihan Ganda
e. Tes Lisan
43. Siswa melakukan aktivitas dengan berpedoman pada langkah-langkah yang sudah ditetapkan guru, yakni pembuktian luas permukaan bola, lalu diminta untuk menyimpulkan dan mempresentasikan di kelas. Strategi pembelajaran yang tepat adalah….
a. Kooperatif
b. Discovery
c. Problem Solving
d. Inkuiri
e. Kontekstual
44. Melakukan observasi tindakan kelas untuk meningkatkan mutu pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek….
a. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
b. Pengembangan kurikulum
c. Melakukan tindakan reflektif
d. Penguasaan terhadap karateristik peserta ajar
e. Penguasaan pada teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran
45. Memahami karateristik siswa dari faktor fisik, adab, sosial, kultural, emosioal dan intelektual tergolong dalam kompetensi…
a. Sosial
b. Professional
c. Pedagogi
d. Semua benar
e. Kepribadian
46. Seorang guru menghendaki siswa mampu melaksanakan tugas pemeriksaan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, analisis, hingga pada penghidangan data. Maka jenis penilaian yang tepat untuk pembelajaran tersebut ialah….
a. Penilaian kinerja
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian antar sahabat
d. Penilaian proyek
e. Penilaian diri
47. Pada RPP guru menuliskan aktivitas pembelajaran ialah mempresentasikan hasil observasi perihal ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok, serta menyimpulkan desain bernyanyi dua bunyi atau lebih secara berkelompok. Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa adalah…
a. Tes Konsep dasar bernyanyi
b. Praktik yang baikbernyanyi
c. Pengamatan guru ketika bernyanyi
d. Sikap siswa dikala diskusi
e. Produk diskusi siswa
48. Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan …
a. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian
b. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian
c. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan
d. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Pengelolaan
49. Peserta didik diminta oleh guru untuk memperhatikan perilaku etika yang ada di sekeliling sekolah tanpa menunjukkan instrumennya, hasil laporan dari peserta didik menjadi materi diskusi di kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan guru ialah….
a. Inkuiri
b. Discovery
c. Ekspositori
d. Eksperimen
e. Heuristik
50. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta ajar untuk mencar ilmu sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya berguru masing masing. pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual penerima didik. pernyataan diatas tergolong salah satu prinsip yang ….
a. adaptif
b. kesinambungan
c. interaktif
d. kelonggaran
51. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan mutu hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media mempunyai sumber daya besar untuk mensugesti pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam sebuah proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut ialah pernyataan teoretik dari?
a. Diterminisme ICT
b. Diterminisme teknologi
c. Diterminisme teknologi dan imbas media
d. Diterminisme sosial
52. Dalam menyusun penilaian pembelajaran seorang guru mesti berbagi penilaian untuk mengukurfaktor wawasan, sikap, dan keahlian. Jika seorang guru ingin menyebarkan penilaian untuk mengukur faktor sikap siswa pada proses pembelajaran maka jenis penilaian yang tepat ialah….
a. Penilaian tertulis
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian diri
d. Penilaian proyek
e. Penilaian kinerja
53. Pada proses pembelajaran seorang guru memakai seni manajemen pembelajaran deduktif dan induktif untuk menjelaskan materi pelajaran kepada siswa, strategi pembelajaran deduktif dan induktif dimaksudkan untuk mengajarkan materi yang sifatnya…
a. prinsip
b. mekanisme
c. fakta
d. desain
e. kemampuan
54. Dalam pelajaran guru melaksanakan kegiatan (1) memperlihatkan pola paragraf dengan topik kalimat yang diberi tanda garis bawahi, (2) guru meminta siswa untuk menyebutkan nama kalimat yang digaris bawahi. Ditinjau dari pengelolaan pesannya guru menggunakan strategi….
a. ekspositori
b. inquiry
c. induktif
d. heuristik
e. deduktif
55. Guru mengajar bidang studi kelas pararel. Karakteristik siswa masing-masing kelas sangat berlainan, termasuk irama belajarnya. Di tamat pembelajaran guru menyelenggarakan penilaian. Untuk menentukan standar kelulusan, beliau menggunakan tolok ukur yang berbeda antara kelas satu dengan lainnya. Kasus tersebut menawarkan memakai contoh evaluasi …
a. standar mencar ilmu tuntas
b. evaluasi autentik
c. evaluasi teladan kriteria
d. tolok ukur ketuntasan minimal/ ketuntasan belajar minimal
e. penilaian acuan norma\
56. Berikut situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang mampu dimanfaatkan guru selaku fasilitas berguru dalam komunitas berguru di seluruh penjuru dunia, kecuali …..
a. web
b. podcast
c. proquest
d. wiki
57. Pada RPP tertulis indikator (1) penerima asuh mampu mengucapkan sapaan, salam, dan perkenalan (2) peserta didik bisa berbicara sederhana memakai kalimat sapaan dan salam. Bentuk penilaian yang paling sempurna yaitu….
a. Jurnal
b. Penilaian proyek
c. Tes pengertian
d. Penilaian portofolio
e. Penilaian kerja
58. Guru dalam pembelajaran berbasis digital memakai perangkat digital handlehand. Hal ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa…
a. Interactive Instruction
b. Personal Response System (PRS)
c. Community of Practice
d. Mobile Assessment Tools
59. Jika guru akan menyusun indikator dengan tingkatan kognitif menganalisis (C4) pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar “mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diperhatikan”, maka rumusan indikator yang sempurna yaitu….
a. Menyeleksi makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
b. Menggunakan benda-benda yang ada disekitar dalam kehidupan
c. Merangkum pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup berdasar pada habitatnya
d. Menguraikan makhluk hidup berdasar jenis makanannya
60. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong penerima bimbing mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya tergolong kesanggupan pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
b. Penguasaan terhadap karateristik peserta asuh
c. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
d. Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik
e. Pengembangan kurikulum
61. Penilaian tamat yang dikerjakan oleh guru diketahui beberapa siswa belum memenuhi ketuntasan berguru. Mendasarkan pada masalah tersebut apa langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk memanfaatan hasil evaluasi tersebut….
a. Memperbaiki program pembelajaran
b. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang balasannya rendah
c. Menyusun laporan hasil evaluasi
d. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang jadinya tinggi
e. Mengadministrasikan hasil penilaian
62. Pada silabus terdapat bahan wacana (1) teori-teori masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia, (2) Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha, (3) Bukti-bukti Kehidupan efek Hindu-Budha. Kegiatan pembelajaran yang akan dirancang oleh guru menggunakan pendekatan saintifik. Berikut ini yang ialah acuan aktivitas menalar ialah….
a. Menganalisis info dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan perihal Indonesia pada zaman Hindu-Budha
b. Mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan ihwal Indonesia pada zaman Hindu-Budha melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di museum dan atau peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat
c. Hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tertulis tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha
d. Membuat ringkasan dari hasil pengamatan outing di candi Borobudur
e. Berdiskusi untuk menerima klarifikasi tentang kehidupan penduduk Indonesia pada zaman Hindu-Budha
63. Pada indikator RPP tertulis peserta latih mampu menganalisis bentuk-bentuk koordinasi ditingkat ASEAN, rumusan tujuan pembelajaran yang tepat untuk indicator tersebut adalah….
a. Peserta ajar mampu menganalisis bentuk-bentuk kerjasama di tingkat ASEAN berupa kebudayaan, jual beli, dan keamanan dengan sempurna
b. Melalui analisis postingan koran peserta didik mampu menganalis bentuk – bentuk koordinasi berbentukkebudayaan, jual beli, dan keamanan menurut perjanjian yang telah ditetapkan secara rinci
c. Melalui analisis artikel koran penerima bimbing mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan, jual beli, dan keamanan berdasarkan persetujuanyang sudah disepakat
d. Melalui tayangan video akseptor ajar mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berbentukkebudayaan, jual beli, dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan.
e. Peserta bimbing mampu menganalis bentuk-bentuk kerjasama berbentukkebudayaan, perdagangan, dan keamanan berdasarkan kesepakatanyang sudah ditetapkan
64. Pada silabus terdapat kompetensi dasar 4.1 menyuguhkan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang cocok pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku, aktivitas pembelajaran yang paling sempurna untuk RPP yaitu….
a. Mengumpulkan info besaran pokok dan turunan yang dijumpai sehari-hari
b. Membandingkan hasil pengukuran benda dengan satuan baku dan tidak baku
c. Menganalisis perbedaan satuan baku dan tidak baku
d. Mendiskusikan tentang massa jenis, energi, dan panjang benda
e. Menyajikan hasil percobaan pengukuran dalam bentuk laporan tertulis
65. Peserta ajar diminta oleh guru untuk membaca postingan tentang populasi binatang langka yang kian sedikit, kemudian mencari data jumlah populasi 5 tahun terakhir dan hasil analisis divisualisasikan dalam bentuk diagram. Kegiatan tersebut untuk membuatkan kecerdasan….
a. Verbal Linguistik
b. Visual Spasial
c. Kinestetis
d. Logic matematis
e. Naturalis
66. Perilaku spesifik khusus yang diperlukan dijalankan akseptor latih sehabis selesai mengikuti proses pembelajaran merupakan teknis penyusunan tujuan pembelajaran yang disebut ….
a. Condition
b. Behaviour
c. Degree
d. Blending
67. Seorang akseptor bimbing dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik lisan
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tulisan (sastrawan, penulis
skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi
pragmatik atau penggunaan mudah bahasa) berdasarkan Howard Gardner tersebut
mempunyai kecerdasan ….
a. logis matematis
b. mulut linguistis
c. naturalis
d. kinestetis
e. visual spasia
68. Tools pembelajaran daring lumayan banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berbentukkumpulan soal tes sumatif dan tes tamat pembelajaran.
Fitur moodle ini ialah…
a. Blog
b. Courses
c. Quiz
d. Page
e. Lesson
69. RPP dibentuk supaya peserta bimbing mampu menguasai kompetensi dasar yang sudah ditentukan. Hal ini tersurat terang pada bagian ….
a. Indikator pembelajaran
b. Apersepsi pembelajaran
>
c. Kegiatan inti pembelajaran
d. Tujuan pembelajaran
e. Kompetensi Dasar
70. Suatu proses yang mengkaitkan isu gres pada desain-desain berhubungan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang disebut….
a. Skemata
b. Equilibrasi
c. Scaffolding
d. Belajar reflektif
e. Belajar berarti
71. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari….
a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, bahan, tata cara, sumber berguru, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi.
c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, sistem, media pembelajaran, sumber mencar ilmu, evaluasi, tindakan pembelajaran
d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, bahan, metode, media pembelajaran, sumber berguru, tindakan pembelajaran,penilaian
e. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,bahan, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
72. Ketika seseorang ingin menyebarkan suatu kurikulum, mereka mesti mengembangkannya dengan berlandaskan pada kebutuhan dan peluangdari peserta bimbing, pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan kemajuan kebutuhan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu prinsip dari pengembangan Kurikulum, ialah….
a. Prinsip Fleksibilitas
b. Prinsip Relevansi
c. Prinsip Efisiensi
d. Prinsip Efektivitas
e. Prinsip Kontinuitas
73. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, inspirasi, atau refleksi yang bersifat eksklusif atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
a. book
b. forum
c. blog
d. e-portofolio
74. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari isu perihal pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut yaitu…
a. program desktop publishing
b. program mencari informasi
c. acara penciptaan laman
d. Program untuk mencari laman
75. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau komponen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan tergolong komponen pembangun elektronik ialah
a. Penata grafis (design grafis)
b. perancang pembelajaran (course design)
c. Penulis konten (content writer)
d. pemrogram komputer (computer programmer
76. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, menghimpun data (isu) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (berita) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang berisikan kesimpulan untuk menemukan pengetahuan, kemampuan dan perilaku.
Langkah yang dilaksanakan Pak Ali itu merupakan bab dari versi pembelajaran…
a. portofolio
b. penemuan
c. autentik
d. saintifik
77. Pak Larso melakukan pembelajaran dengan menggunakan persoalan selaku langkah pertama dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan wawasan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing akseptor bimbing berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (bahan) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ….
a. Inquiry learning
b. projek based learning
c. Problem Based Learning
d. discovery Learning
78. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar memberikan suatu problem guna membangkitkan dan menyebabkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau menyebarkan kreativitasnya .
Langkah yang dijalankan Pak Mamaz Nendar itu ialah bab dari versi pembelajaran….
a. portofolio
b. saintifik
c. inovasi
d. autentik
79. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pertimbangan , wangsit, dan balasan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif usulan.
Kegiatan yang dikerjakan Bu Rumini tersebut ialah implementasi model pembelajaran …
a. problem based learning
an style=”color: red; font-family: arial;”>b. Discovery learning
c. Project based learning
d. inquiry learning
80. Sebelum mengawali proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta penerima bimbing apalagi dahulu untuk mengobservasi sebuah fenomena. Kemudian peserta ajar diminta mencatat persoalan-masalah yang timbul. Setelah itu, penerima latih dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan dilema yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan penerima asuh untuk mengajukan pertanyaan, menerangkan perkiraan, dan mendengarkan pendapat yang berlainan dari mereka. Kegiatan yang dijalankan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran
a. persoalan based learning
b. inquiry learning
c. Project based learning
d. Discovery learning
81. Pak Kandi bareng siswanya merencanakan suatu aktivitas secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan supaya akseptor ajar merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bareng itu. Dalam penyusunan rencana itu dibicarakan tentang hukum main, acara pendukung, alat dan bahan yang mampu diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi merefleksikan prinsip versi ….
a. Problem solving learning
b. Problem based learning
c. Project based learning
d. Discovery learning
82. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan versi pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor penerima bimbing dan perkembangan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ….
a. 1-2-3-4-5-6
b. 1-2-3-5-4-6
c. 1-3-2-4-5-6
d. 1-3-2-5-6-4
83. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam berguru
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mampu berdiri diatas kaki sendiri atau golongan
4) Mengembangkan dan menghidangkan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ….
a. 1-2-3-4
b. 2-3-1-4
c. 3-2-1-4
d. 2-3-4-1
84. Kemampuan bahasa anak mulai meningkat , pedoman masih statis, belum mampu berfikir abstrak, dan kesanggupan persepsi waktu dan ruang masih terbatas ialah perkembangan anak pada tahap …
a. Tahap sensorimotorik
b. Tahap praoperasionaL
c. Tahap operasional konkrit
d. Tahap operasional konkrit
85. Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik mulut (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/goresan pena (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan simpel bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut memiliki kecerdasan…
a. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
b. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
c. Kecerdasan Ruang (spatial)
d. Kecerdasan Gerak Tubuh
86. Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori mencar ilmu dan prinsip prinsip
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus …
a. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
b. Menerapkan banyak sekali pendekatan, taktik, metode, dan teknik pembelajaran yang
c. mendidik secara inovatif dalam mata pelajaran yang diampu.
d. Menggunakan strategi pembelajaran
e. Hanya memakai teknik pembelajaran
87. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melaksanakan …
a. melakukan post tes
b. refleksi
c. latar belakang penerima latih
d. tes permulaan (pre-test)
88. Salah satu unsur strategi pembelajaran yaitu Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan target (target) yang mesti dicapai, dengan menimbang-nimbang aspirasi dan selera penduduk yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran yaitu …
a. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran ialah pergeseran profil perilaku akseptor asuh
<
span style=”font-family: arial;”>b. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif
c. Mempertimbangkan dan menetapkan tindakan atau mekanisme, sistem dan teknik pembelajaran
d. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran kesuksesan atau patokan dan ukuran baku kesuksesan
89. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL menurut kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian diputuskan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa aspek yang mesti dikembangkan antara lain ……
a. Tantangan internal dan Eksternal
b. Responsibility
c. Reinforced
d. Enriched
90. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilaksanakan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan keperluan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia perjuangan/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap pertumbuhan ilmu wawasan, teknologi,dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
91. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa akseptor bimbing memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,akil, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
a. Tanggap kepada perkembangan ilmu wawasan, teknologi,dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkelanjutan
d. Beragam dan terpadu
92. Upaya guru dalam menawarkan peluang kepada siswa untuk mencerminkan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling maksimal yakni dengan cara ……..
a. Guru menawarkan tes atau pekerjaan rumah setiap final pelajaran
b. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran dikala pembelajran berlangsung
c. Guru mewawancarai tiap siswa ihwal capaian atau masalah berguru yang dihadapi siswa dalam berguru
d. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam berguru
93. Bentuk evaluasi yang menginginkan akseptor ajar memperlihatkan sikap memakai pengetahuan yang di dapatkan dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian
a. Pre test
b. post test
c. Autentik
d. Non Autentik test
94. Pendidik melaksanakan evaluasi kompetensi sikap lewat observasi evaluasi diri, penilaian “sobat sejawat” (peer evaluation) oleh akseptor bimbing. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut yaitu :
a. Skala evaluasi (rating scole)
b. rubrik
c. jurnal
d. Soal tes
95. Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menilik, mencari jawabannya yaitu konsep dan taktik…..
a. Juscovery learning
b. Induktif learning
c. Inquiry learning
d. Cooperatif learning
96. Guru memebentuk golongan golongan berguru dan memeberikan tugas kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu golongan memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu tidak melaksanakan tugasnya maka pekerjaan kalangan tersbut tidak dapat di tuntaskan . karakteristik dari seni manajemen pembelajaran tersebu adalah ;
a. Tugas kelompok
b. Diskusi golongan kecil
c. Pengajaran pribadi (direct teaching)
d. berguru kooperatf (cooperatf learning)
97. Kegemaran anak akan cerita /kisah yang bersifat kritis seperti dongeng perjalanan riwayat para pendekar dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia………
a. 3-5tahun
b. 6-8 tahun
c. 10-12 tahun
d. 15-18 tahun
98. Beberapa siswa mempunyai kecenderungan belajar berupa menjalankan soal atau peran dengan cepat namun alhasil banyak kesalahan .Gaya mencar ilmu para siswa tersebut ialah…….
a. implusive
b. reflektif
c. gaya berfikir terikat
d. gaya berfikir bebas
99. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
a. jujur dan adil
b. mengikat dan memaksa
c. sementara dan selamanya
100. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat memilih manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
a. Pengukuran
b. Evaluaasi
c. Penilaian
d. pengamatan