2. Pernyataan berikut yang menerangkan makna istilah kognitif adalah….
a. kesanggupan berkomunikasi
b. kesanggupan untuk memecahkan dilema
c. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
d. kesanggupan berinteraksi
3. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan objek-objek bersifat konkrit ialah ciri-ciri kemampuan anak berusia ….
a. 11/12/ – 14/15 tahun
b. 0 – 2 tahun
c. 2 – 7 tahun
d. 7 – 11/12 tahun
4. Kemampuan peserta asuh untuk membina korelasi dan kesanggupan memotivasi diri tergolong kecerdasan….
a. kognitif
b. budpekerti
c. emosional
d. sosial
5. Seorang akseptor bimbing selalu ingin mendominasi dalam suatu golongan belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pertimbangan . Jika teman lain yang memimpin dan mengontrol jalannya diskusi, dia memisahkan diri dan condong mencar ilmu sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami problem dalam perkembangan ….
a. spiritual
b. etika
c. kognitif
d. sosial-emosional
6. Peserta latih sudah memiliki moralitas yang benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada tolok ukur-kriteria orang lain. Dia mengenal tindakan budbahasa alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan lalu menetapkan berdasarkan sebuah instruksi budbahasa eksklusif.
Hal ini ialah pola sikap tabiat-spritual pada tahapan …
a. akal sehat konvensional
b. akal budi pascakonvensional
c. penalaran prakonvensional
d. pikiran sehat interkonvensional
7. Seorang peserta asuh merasa kurang antusiaspada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah hingga sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang alasannya adalah matahari hampir tenggelam.
Peserta ajar tersebut dicurigai mempunyai kendala pengembangan kesempatanberupa faktor ….
a. keluarga dan lingkungan masyarakat
b. intelegensi dan kognitif
c. budaya dan pembiasaan
d. emosional dan kepribadian
8. PertTeori ini memandang berguru selaku hasil dari pembentukan relasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan akhir dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering relasi (bond) antara rangsangan dan akhir terjadi, maka akan kian kuatlah kekerabatan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud yaitu .…
a. sibernetik
b. humanistik
c. kontruktivisme
d. behaviorisme
9. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yaitu selaku fasilitator, motivator, dan memperlihatkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha mengetahui sikap mencar ilmu dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori mencar ilmu ini adalah ….
a. kognitivisme
b. nativisme
c. humanistik
d. konstruktivisme
10. Pada kurun sekarang siswa dituntut untuk mampu mencar ilmu setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi sebab perkembangan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan di atas sejalan dengan teori berguru ….
<
br/>
a. sibernetik
b. konstruktivisme
c. kognitivisme
d. behaviorisme
11. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diperlukan diraih oleh penerima asuh sesuai dengan kompetensinya diangkut dalam ….
a. silabus
b. RPP
c. silabus dan RPP
d. SKL
12. Silabus dan RPP sama-sama selaku rencana proses pembelajaran, perbedaannya yaitu ….
a. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
b. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan
c. Silabus bersumber dari standar isi dan persyaratan lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
d. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan acara belajar untuk meraih kompetensi dasar
13. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan dilema yang dihadapi secara kongkret, merangsang perkembangan perkembangan berpikir siswa untuk menyelesaikan duduk perkara yang dihadapi dengan sempurna, yaitu ….
a. Problem Solving
b. Picture and Picture
c. Inquiry
d. Role Playing
14. Fungsi indikator dijadikan selaku penanda dalam ….
a. pencapaian standar kelulusan
b. pencapaian tujuan pembelajaran
c. pencapaian standar kompetensi
d. pencapaian kompetensi dasar
15. Prinsip sistematis selaku salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ….
a. Cakupan indikator, bahan pokok/pembelajaran, pengalaman berguru, sumber berguru, dan metode evaluasi cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
b. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penghidangan materi dalam silabus sesuai dengan tingkat kemajuan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta asuh
c. Komponen-unsur silabus saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi
d. Adanya kekerabatan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman berguru, sumber berguru, dan metode evaluasi
16. Dalam menentukan dan berbagi materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi bahan pembelajaran yang sudah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memperlihatkan kontribusi untuk pengertian ke depan. Kriteria pemilihan dan pemilihan materi pembelajaran tersebut menyanggupi tolok ukur …
a. Layak dipelajari
b. Kebermanfaatan
c. Menarik minat
d. Sahih
17. Ketika merencanakan pembelajaran seorang guru mesti dapat menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Dilihat dari kesanggupan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam ….
a. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
b. media dua dimensi dan media tiga dimensi
c. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas
d. media tradisional dan media berbasis TIK
18. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak lama. Sebagai seorang pendidik yang inovatif, semestinya dapat memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diamati adalah ….
a. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
b. Tujuan, target bimbing, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
c. Tujuan, target latih, karakteristik media, waktu pengoperasian, ongkos, ketersediaan,konteks penggunaan, dan kualitas teknis
d. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
19. Seorang pendidik harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran yakni ….
a. menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan semoga tidak merepotkan
b. media pembelajaran yang paling baik yakni media yang berbasis TIK
c. suatu media dapat digunakan untuk semua aktivitas pembelajaran
d. media mampu dipakai selaku pembawa pesan dalam sebuah aktivitas pembelajaran
20. Seorang guru dapat memperlihatkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program performa materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang mampu dipakai untuk menciptakan materi presentasi yakni….
a. Microsoft PowerPoint
b. Microsoft Database
c. Microsoft Desktop Publishing
d. Microsoft Spread Sheet
style=”font-family: arial;”>21. Bu Rumini melakukan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kalangan mengungkapkan pertimbangan , pandangan baru, dan balasan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif usulan.
Kegiatan yang dilaksanakan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ….
a. Discovery learning
b. problem based learning
c. Project based learning
d. inquiry learning
22. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning.
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor akseptor bimbing dan perkembangan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar ialah ….
a. 1-3-2-4-5-6
b. 1-2-3-5-4-6
c. 1-3-2-5-6-4
d. 1-2-3-4-5-6
23. Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa besar hati menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…
a. Intelektual
b. Kepribadian
c. Professional
d. Pedagogi
24. Dalam proses pembelajaran guru terkendala dengan cakupan bahan yang luas dan banyak maka opsi materi ajar cetak sederhana yang dapat dipakai untuk bahan berguru mampu berdiri diatas kaki sendiri, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menilai hasil mencar ilmu adalah….
a. lembar kerja penerima ajar
b. buku teks
c. handout
d. modul
e. lembar pengayaan
25. Seorang guru hendaknya dapat menganalisis kualitas tes bentuk objektif secara empiris ketika menyususn soal opsi ganda. Dalam beberapa perkara soal opsi ganda sering memiliki alternatif balasan yang mirip antara yang benar dan yang salah. Alternatif opsi balasan salah atau pengecoh (distractor) dalam sebuah butir soal opsi ganda dibilang baik bila ….
a. Tidak satupun penerima tes yang memilih balasan pengecoh
b. Jawaban pengecoh tidak terkait dengan bahan pertanyaan
c. Setidaknya 5% dari penerima tes menentukan jawaban tersebut
d. Jawaban pengecoh mengarahkan akseptor tes untuk menentukan balasan yang benar
e. Jawaban pengecoh disusun dengan kalimat yang merepotkan dimengerti
26. Jika guru ingin mengajarkan konsep yang menandakan proses perhitungan dan cara perolehan debit air maka penggunaan media yang paling sempurna yakni….
a. Modul pembelajaran
b. Media gambar berseri
c. Media grafis
d. Media CD audio
e. Media video pembelajaran
27. Guru secara terus-menerus mengembangkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan menunjukkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mengiklankan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya dengan cara ….
a. Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
b. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
c. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
d. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
28. Seorang guru menyusun indikator pencapai kompetensi “menjelaskan perambatan suara”, indikator tersebut masih perlu dirumuskan lebih spesifik menjadi tujuan pembelajaran maka pernyataan yang tepat untuk rumusan tersebut ialah….
a. Siswa mampu menjelaskan perambatan sumber suara dengan benar
b. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menerangkan perambatan sumber suara dengan benar.
c. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu membandingkan hasil perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas.
d. Setelah membaca instruksi, siswa mampu mempraktikkan langkah-langkah percobaan perambatan suara.
29. Berdasarkan hasil tes final, guru memperoleh ada 10 dari 30 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang sudah ditentukan. Target kurikulum sekurang-kurangnya80% (24 siswa mencapai KKM/KBM). Manakah langkah paling sesuai dilaksanakan guru….
a. Mengkaji ulang sejauhmana KKM sesuai dengan daya serap peserta latih
b. Mengkaji kembali sejauhmana KKM yang ditetapkan telah sesuai persyaratan nasional
c. Merubah KKM berdasarkan rata-rata hasil berguru
d. Mengidentifikasi kekurangan-kelemahan penerima didik dalam pembelajaran
30. Ketika menyusun evaluasi pembelajaran yang dituangkan di RPP, seorang guru menuliskan berbagai jenis evaluasi pembelajaran. Salah satu jenis penilaian yang akan digunakan oleh guru yakni jenis evaluasi formatif. Evaluasi formatif ini dimaksudkan untuk….
b. Menempatkan siswa dalam acara pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa
c. Memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan standar acara aktivitas tertentu
d. Memperbaiki dan meningkatan proses berguru dan mengajar
31. Peserta didik di kala digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) selaku media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun dikala diharapkan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut….
a. Alternative tools
b. Interactive tools
c. Interacting with others
d. Situational tools
32. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres mampu terkait dengan pengetahuan usang yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yaitu teori berguru…
a. Behaviorisme
b. Sibernatik
c. Kognitivisme
d. Konstruktivisme
33. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada abad digital ini ialah
a. Sebagai media komunikasi
b. Sebagai media literasi
c. Sebagai media penawaran khusus
d. Sebagai media sumber berguru
34. Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah mempergunakan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk menunjukkan kontribusi terhadap mutu pembelajaran, namun sebagai bab dari revolusi industri 4.0 semua orang tidak mampu mengelak terhadap datangnya gelombang gres ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk menolong peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
a. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang mampu menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, alasannya adalah itu guru harus mengikuti keadaan dengan perkembangan gres ini
b. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara tugas guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran
c. Sebagai guru periode 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti keinginanteknologi dan media
d. Guru sampai kapan pun tetap ialah kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kedatangan TIK tidak perlu diperhitungkan alasannya adalah teknologi dan media tidak bisa mengubah tugas guru dalam proses pembelajaran.
35. Pak Asep dalam membelajarkan bahan IPS menggunakan tahapan (1) orientasi bahan dengan menayangkan video kegiatan ekspor impor, (2) membagi siswa menjadi 6 kalangan untuk berdiskusi tentang duduk perkara banyaknya Impor di Indonesia, (3) memberikan kuis, (4) penghargaan kepada keompok yang bisa menjawab terbanyak, versi pembelajaran yang dipakai pak Asep yaitu…..
a. Problem Solving
b. Cooperative Learning
c. Kontekstual
d. Project Based Cooperative Learning
e. Problem Solving
36. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri tergolong dalam kompetensi ….
a. Professional
b. Kepribadian
c. Intelektual
d. Pedagogi
e. Sosial
37. Salah satu rumusan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran adalah dengan disajikan info yang mengandung beberapa kemungkinan kesimpulan, peserta ajar diminta untuk memilih kesimpulan yang paling tepat dibarengi alasannya dengan mengamati grafik berisi data tingkat kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Bentuk penilaian otentik-holistik yang tepat diterapkan ialah….
a. Tes kesanggupan membaca gosip
b. Tes kemampuan lisan
c. Tes kesanggupan mengetahui data dalam grafik
d. Tes penilaian unjuk kerja dan portofolio
e. Tes lisan mengungkap proses penarikan kesimpulan
38. Menerapkan banyak sekali pendekatan, taktik, tata cara dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada faktor…
a. Pengembangan kurikulum
b. Penguasaan terhadap karateristik penerima asuh
c. Berkomunikasi pada peserta asuh
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Penguasaan pada teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran
39. Peserta asuh di era digital dapat memakai perangkat nirkabel bergerak (internet) selaku media perlengkapan interaktif kapanpun dan dimanapun ketika diharapkan. Hal ini merupakan salah satu bentuk acara mencar ilmu yang dapat dijalankan dengan mempergunakan media digital berbasis komputer yang disebut….
a. Alternative tools
b. Situational tools
c. Interactive tools
d. Interacting with others
40. Peserta didik diminta guru secara berkelompok untuk mengumpulkan data wacana opini masyarakat sekitar sekolah kepada efek penggunaan kantong plastik kepada lingkungan, selanjutnya siswa diminta untuk memperlihatkan data seberapa banyak katong plastik yang digunakan oleh penduduk dan memberikan alternatif untuk menguranginya. Langkah-langkah pembelajaran yang dipakai oleh guru tersebut merupakan seni manajemen….
a. Inquiry learning
b. Project based cooperative learning
c. Problem solving
d. Discovery
e. Cooperative
41. Indikator yang tertulis pada RPP adalah “mengidentifikasi banyak sekali bentukkeragaman sosial budaya”. Pertanyaan yang tepat diajukan oleh guru untuk meraih indikator tersebut adalah….
a. Ceritakan pengalamanmu terkait dengan keberagaman sosial di penduduk !
b. Apa yang kamu pahami perihal keberagaman sosial?
c. Bagaimana sikap kita kepada perbedaan keberagaman di masyarakat?
d. Tuliskan hasil wawacaramu wacana macam-macam pekerjaan dalam bentuk mind maping!
e. Tuliskan macam-macam pekerjaan tetangga di lingkungan tempat tinggalmu?
42. Disajikan teks masalah keterbelakangan pendidikan di sebuah daerah di Indonesia, tujuan pembelajarannya yaitu biar siswa dapat memprediksi alternatif langkah-langkah yang mampu digunakan selaku penyelesaian sesuai makna Kebangkitan Nasional 1908, mendasarkan pada pola teks perkara yang dihidangkan maka opsi penilaian yang tetap digunakan oleh guru yakni….
a. Benar Salah
b. Skala Penilaian (rating scale)
c. Uraian
d. Pilihan Ganda
e. Tes Lisan
43. Siswa melakukan acara dengan berpedoman pada langkah-langkah yang sudah ditetapkan guru, ialah pembuktian luas permukaan bola, lalu diminta untuk menyimpulkan dan mempresentasikan di kelas. Strategi pembelajaran yang tepat adalah….
a. Kooperatif
b. Discovery
c. Problem Solving
d. Inkuiri
e. Kontekstual
44. Melakukan observasi langkah-langkah kelas untuk meningkatkan mutu pembelajaran ialah kompetensi pedagogi pada faktor….
a. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
b. Pengembangan kurikulum
c. Melakukan langkah-langkah reflektif
d. Penguasaan terhadap karateristik akseptor didik
e. Penguasaan pada teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran
45. Memahami karateristik siswa dari faktor fisik, etika, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…
a. Sosial
b. Professional
c. Pedagogi
d. Semua benar
e. Kepribadian
46. Seorang guru menghendaki siswa mampu melaksanakan tugas pemeriksaan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, analisis, hingga pada penghidangan data. Maka jenis penilaian yang tepat untuk pembelajaran tersebut yaitu….
a. Penilaian kinerja
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian antar sobat
d. Penilaian proyek
e. Penilaian diri
47. Pada RPP guru menuliskan aktivitas pembelajaran yakni mempresentasikan hasil pengamatan ihwal ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok, serta menyimpulkan konsep bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok. Penilaian yang sempurna untuk mengukur kesanggupan siswa adalah…
a. Tes Konsep dasar bernyanyi
b. Praktik yang baikbernyanyi
c. Pengamatan guru ketika bernyanyi
d. Sikap siswa dikala diskusi
e. Produk diskusi siswa
48. Elemen perubahan Kurikulum 2013 khususnya berkaitan dengan …
a. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian
b. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian
c. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan
d. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Pengelolaan
49. Peserta asuh diminta oleh guru untuk mengamati sikap budbahasa yang ada di sekitar sekolah tanpa memperlihatkan instrumennya, hasil laporan dari penerima bimbing menjadi bahan diskusi di kelas. Strategi pembelajaran yang dipakai guru ialah….
a. Inkuiri
b. Discovery
c. Ekspositori
d. Eksperimen
e. Heuristik
50. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima ajar untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya mencar ilmu masing masing. pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan perorangan penerima ajar. pernyataan diatas tergolong salah satu prinsip yang ….
a. adaptif
b. kesinambungan
c. interaktif
d. keleluasaan
51. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan mutu hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media mempunyai sumber daya besar untuk menghipnotis pikiran dan sikap khalayak, tergolong guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut ialah pernyataan teoretik dari?
a. Diterminisme ICT
b. Diterminisme teknologi
c. Diterminisme teknologi dan efek media
d. Diterminisme sosial
52. Dalam menyusun penilaian pembelajaran seorang guru mesti membuatkan evaluasi untuk mengukurfaktor pengetahuan, perilaku, dan keahlian. Jika seorang guru ingin membuatkan evaluasi untuk mengukur aspek sikap siswa pada proses pembelajaran maka jenis evaluasi yang tepat adalah….
a. Penilaian tertulis
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian diri
d. Penilaian proyek
e. Penilaian kinerja
53. Pada proses pembelajaran seorang guru memakai seni manajemen pembelajaran deduktif dan induktif untuk menerangkan materi pelajaran kepada siswa, seni manajemen pembelajaran deduktif dan induktif dimaksudkan untuk mengajarkan materi yang sifatnya…
a. prinsip
b. prosedur
c. fakta
d. rancangan
e. keahlian
54. Dalam pelajaran guru melaksanakan kegiatan (1) menawarkan teladan paragraf dengan topik kalimat yang diberi tanda garis bawahi, (2) guru meminta siswa untuk menyebutkan nama kalimat yang digaris bawahi. Ditinjau dari pengelolaan pesannya guru menggunakan strategi….
a. ekspositori
b. inquiry
c. induktif
d. heuristik
e. deduktif
55. Guru mengajar bidang studi kelas pararel. Karakteristik siswa masing-masing kelas sangat berbeda, termasuk irama belajarnya. Di selesai pembelajaran guru menyelenggarakan penilaian. Untuk menentukan kriteria kelulusan, dia memakai standar yang berbeda antara kelas satu dengan lainnya. Kasus tersebut menawarkan memakai acuan evaluasi …
a. kriteria berguru tuntas
b. penilaian autentik
c. penilaian contoh patokan
d. kriteria ketuntasan minimal/ ketuntasan mencar ilmu minimal
e. evaluasi teladan norma\
56. Berikut situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru selaku sarana mencar ilmu dalam komunitas mencar ilmu di seluruh penjuru dunia, kecuali …..
a. web
b. podcast
c. proquest
d. wiki
57. Pada RPP tertulis indikator (1) akseptor asuh mampu mengucapkan sapaan, salam, dan perkenalan (2) peserta didik bisa mengatakan sederhana memakai kalimat sapaan dan salam. Bentuk penilaian yang paling sempurna adalah….
a. Jurnal
b. Penilaian proyek
c. Tes pengertian
d. Penilaian portofolio
e. Penilaian kerja
58. Guru dalam pembelajaran berbasis digital menggunakan perangkat digital handlehand. Hal ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa…
a. Interactive Instruction
b. Personal Response System (PRS)
c. Community of Practice
d. Mobile Assessment Tools
59. Jika guru akan menyusun indikator dengan tingkatan kognitif menganalisis (C4) pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar “mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda menurut karakteristik yang diamati”, maka rumusan indikator yang sempurna yaitu….
a. Menyeleksi makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
b. Menggunakan benda-benda yang ada disekitar dalam kehidupan
c. Merangkum pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup berdasar pada habitatnya
d. Menguraikan makhluk hidup berdasar jenis makanannya
60. Menyediakan berbagai acara pembelajaran untuk mendorong peserta asuh mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kesanggupan pedagogi pada faktor…
a. Penguasaan pada teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran
b. Penguasaan terhadap karateristik akseptor asuh
c. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
d. Memfasilitasi pengembangan potensi akseptor asuh
e. Pengembangan kurikulum
61. Penilaian tamat yang dijalankan oleh guru dikenali beberapa siswa belum memenuhi ketuntasan mencar ilmu. Mendasarkan pada perkara tersebut apa tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk memanfaatan hasil penilaian tersebut….
a. Memperbaiki program pembelajaran
b. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang alhasil rendah
c. Menyusun laporan hasil penilaian
d. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang risikonya tinggi
e. Mengadministrasikan hasil evaluasi
62. Pada silabus terdapat bahan wacana (1) teori-teori masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia, (2) Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha, (3) Bukti-bukti Kehidupan dampak Hindu-Budha. Kegiatan pembelajaran yang mau dirancang oleh guru menggunakan pendekatan saintifik. Berikut ini yang ialah pola kegiatan menalar adalah….
a. Menganalisis isu dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk menerima kesimpulan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha
b. Mengumpulkan isu terkait dengan pertanyaan ihwal Indonesia pada zaman Hindu-Budha melalui bacaan, internet, observasi terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di museum dan atau peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat
c. Hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tertulis perihal Indonesia pada zaman Hindu-Budha
d. Membuat ringkasan dari hasil observasi outing di candi Borobudur
e. Berdiskusi untuk menerima klarifikasi perihal kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu-Budha
63. Pada indikator RPP tertulis penerima asuh mampu menganalisis bentuk-bentuk kerjasama ditingkat ASEAN, rumusan tujuan pembelajaran yang tepat untuk indicator tersebut adalah….
a. Peserta ajar mampu menganalisis bentuk-bentuk kerjasama di tingkat ASEAN berbentukkebudayaan, jual beli, dan keamanan dengan tepat
b. Melalui analisis postingan koran akseptor asuh bisa menganalis bentuk – bentuk kerjasama berbentukkebudayaan, jual beli, dan keselamatan berdasarkan kesepakatanyang sudah ditetapkan secara rinci
c. Melalui analisis artikel koran peserta bimbing bisa menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan, jual beli, dan keamanan menurut persetujuanyang telah disepakat
d. Melalui tayangan video akseptor latih bisa menganalis bentuk – bentuk koordinasi berbentukkebudayaan, perdagangan, dan keamanan menurut perjanjian yang telah ditetapkan.
e. Peserta bimbing bisa menganalis bentuk-bentuk koordinasi berbentukkebudayaan, perdagangan, dan keselamatan berdasarkan perjanjian yang sudah ditetapkan
64. Pada silabus terdapat kompetensi dasar 4.1 menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku, kegiatan pembelajaran yang paling tepat untuk RPP yaitu….
a. Mengumpulkan isu besaran pokok dan turunan yang ditemui sehari-hari
b. Membandingkan hasil pengukuran benda dengan satuan baku dan tidak baku
c. Menganalisis perbedaan satuan baku dan tidak baku
d. Mendiskusikan ihwal massa jenis, energi, dan panjang benda
e. Menyajikan hasil percobaan pengukuran dalam bentuk laporan tertulis
65. Peserta bimbing diminta oleh guru untuk membaca postingan ihwal populasi hewan langka yang kian sedikit, kemudian mencari data jumlah populasi 5 tahun terakhir dan hasil analisis divisualisasikan dalam bentuk diagram. Kegiatan tersebut untuk menyebarkan kecerdasan….
a. Verbal Linguistik
b. Visual Spasial
c. Kinestetis
d. Logic matematis
e. Naturalis
66. Perilaku spesifik khusus yang diperlukan dijalankan penerima bimbing sesudah selesai mengikuti proses pembelajaran ialah teknis penyusunan tujuan pembelajaran yang disebut ….
a. Condition
b. Behaviour
c. Degree
d. Blending
67. Seorang peserta didik dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik lisan
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun goresan pena (sastrawan, penulis
skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi
pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner tersebut
memiliki kecerdasan ….
a. logis matematis
b. mulut linguistis
c. naturalis
d. kinestetis
e. visual spasia
68. Tools pembelajaran daring lumayan banyak dan mempunyai fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berbentukkumpulan soal tes sumatif dan tes tamat pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah…
a. Blog
b. Courses
c. Quiz
d. Page
e. Lesson
69. RPP dibentuk supaya akseptor asuh dapat menguasai kompetensi dasar yang telah diputuskan. Hal ini tersurat terang pada bagian ….
a. Indikator pembelajaran
b. Apersepsi pembelajaran
>
c. Kegiatan inti pembelajaran
d. Tujuan pembelajaran
e. Kompetensi Dasar
70. Suatu proses yang mengkaitkan gosip gres pada desain-desain relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang disebut….
a. Skemata
b. Equilibrasi
c. Scaffolding
d. Belajar reflektif
e. Belajar memiliki arti
71. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran berisikan….
a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, bahan, tata cara, sumber belajar, media pembelajaran, tindakan pembelajaran, evaluasi
b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, tata cara, media pembelajaran, sumber berguru, evaluasi.
c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, bahan, sistem, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,penilaian
e. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber mencar ilmu, langkah-langkah pembelajaran, penilaian
72. Ketika seseorang ingin berbagi suatu kurikulum, mereka mesti mengembangkannya dengan berlandaskan pada keperluan dan kesempatandari penerima ajar, pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan pertumbuhan kebutuhan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu prinsip dari pengembangan Kurikulum, ialah….
a. Prinsip Fleksibilitas
b. Prinsip Relevansi
c. Prinsip Efisiensi
d. Prinsip Efektivitas
e. Prinsip Kontinuitas
73. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, pandangan baru, atau refleksi yang bersifat langsung atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut ialah…
a. book
b. lembaga
c. blog
d. e-portofolio
74. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari berita tentang pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam perumpamaan internet tersebut ialah…
a. program desktop publishing
b. program mencari gosip
c. acara penciptaan laman
d. Program untuk mencari laman
75. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau komponen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan tergolong unsur pembangun elektronika yakni
a. Penata grafis (design grafis)
b. perancang pembelajaran (course design)
c. Penulis konten (content writer)
d. pemrogram komputer (computer programmer
76. Dalam memulai pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, menghimpun data (isu) dengan aneka macam teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (info) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang berisikan kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keahlian dan perilaku.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bab dari model pembelajaran…
a. portofolio
b. penemuan
c. autentik
d. saintifik
77. Pak Larso melakukan pembelajaran dengan menggunakan problem selaku langkah pertama dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan wawasan baru menurut pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing penerima ajar berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (bahan) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut ialah versi pembelajaran ….
a. Inquiry learning
b. projek based learning
c. Problem Based Learning
d. discovery Learning
78. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu persoalan guna membangkitkan dan mengakibatkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa semoga mau mengembangkan kreativitasnya .
Langkah yang dikerjakan Pak Mamaz Nendar itu ialah bab dari versi pembelajaran….
a. portofolio
b. saintifik
c. inovasi
d. autentik
79. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan balasan kepada skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif usulan.
Kegiatan yang dilaksanakan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran …
a. duduk perkara based learning
an style=”color: red; font-family: arial;”>b. Discovery learning
c. Project based learning
d. inquiry learning
80. Sebelum mengawali proses mencar ilmu-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta akseptor bimbing terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta bimbing diminta mencatat duduk perkara-masalah yang timbul. Setelah itu, penerima ajar dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan persoalan yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta bimbing untuk mengajukan pertanyaan, menerangkan perkiraan, dan mendengarkan pertimbangan yang berbeda dari mereka. Kegiatan yang dikerjakan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi versi pembelajaran
a. problem based learning
b. inquiry learning
c. Project based learning
d. Discovery learning
81. Pak Kandi bareng siswanya mempersiapkan suatu aktivitas secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan supaya peserta ajar merasa “mempunyai” dan bertanggung jawab atas aktivitas yang sudah direncanakan bareng itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas penunjang, alat dan materi yang mampu diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip versi ….
a. Problem solving learning
b. Problem based learning
c. Project based learning
d. Discovery learning
82. Berikut ini merupakan tindakan pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar ialah ….
a. 1-2-3-4-5-6
b. 1-2-3-5-4-6
c. 1-3-2-4-5-6
d. 1-3-2-5-6-4
83. Perhatikan tindakan kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam berguru
2) Orientasi siswa pada persoalan
3) Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kalangan
4) Mengembangkan dan menyuguhkan hasil karya
Jika tindakan tersebut disusun mengikuti urutan versi pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat yakni ….
a. 1-2-3-4
b. 2-3-1-4
c. 3-2-1-4
d. 2-3-4-1
84. Kemampuan bahasa anak mulai meningkat , aliran masih statis, belum mampu berfikir absurd, dan kesanggupan pandangan waktu dan ruang masih terbatas merupakan kemajuan anak pada tahap …
a. Tahap sensorimotorik
b. Tahap praoperasionaL
c. Tahap operasional konkrit
d. Tahap operasional konkrit
85. Seorang anak dengan kesanggupan memakai kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan mudah bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut memiliki kecerdasan…
a. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
b. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
c. Kecerdasan Ruang (spatial)
d. Kecerdasan Gerak Tubuh
86. Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus …
a. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai acara
b. Menerapkan banyak sekali pendekatan, taktik, tata cara, dan teknik pembelajaran yang
c. mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
d. Menggunakan seni manajemen pembelajaran
e. Hanya memakai teknik pembelajaran
87. Untuk mengenali kemampuan permulaan akseptor didik, seorang pendidik dapat melakukan …
a. melaksanakan post tes
b. refleksi
c. latar belakang akseptor bimbing
d. tes permulaan (pre-test)
88. Salah satu unsur strategi pembelajaran ialah Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan target (sasaran) yang harus dicapai, dengan memikirkan aspirasi dan selera penduduk yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari bagian strategi di atas dalam konteks pembelajaran ialah …
a. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran adalah pergeseran profil sikap penerima bimbing
<
span style=”font-family: arial;”>b. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif
c. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran
d. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau tolok ukur dan ukuran baku kesuksesan
89. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian diputuskan kurikulumnya yang berisikan kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa aspek yang harus dikembangkan antara lain ……
a. Tantangan internal dan Eksternal
b. Responsibility
c. Reinforced
d. Enriched
90. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilaksanakan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan keperluan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia perjuangan/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
91. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta bimbing memiliki posisi sentral
untuk membuatkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,terpelajar, piawai, inovatif, mampu berdiri diatas kaki sendiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
a. Tanggap terhadap pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
92. Upaya guru dalam memberikan peluang kepada siswa untuk mencerminkan pengalaman mencar ilmu yang telah dialami yang paling maksimal yakni dengan cara ……..
a. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap tamat pelajaran
b. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran ketika pembelajran berjalan
c. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau dilema berguru yang dihadapi siswa dalam berguru
d. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
93. Bentuk penilaian yang mengharapkan akseptor asuh menampilkan sikap menggunakan wawasan yang di dapatkan dalam pembelajaran dalam melaksanakan peran di sebut penilaian
a. Pre test
b. post test
c. Autentik
d. Non Autentik test
94. Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui pengamatan evaluasi diri, evaluasi “sahabat sejawat” (peer evaluation) oleh akseptor asuh. Adapun instrumen yang di gunakan dalam evaluasi tersebut yaitu :
a. Skala penilaian (rating scole)
b. rubrik
c. jurnal
d. Soal tes
95. Konsep memberikan banyak sekali suasana terhadap siswa dan mendorong siswa untuk menilik, mencari jawabannya ialah rancangan dan taktik…..
a. Juscovery learning
b. Induktif learning
c. Inquiry learning
d. Cooperatif learning
96. Guru memebentuk kelompok kalangan mencar ilmu dan memeberikan tugas kepada tiap golongan . Setiap anggota dari sebuah golongan menawarkan tugas dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu tidak mengerjakan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak dapat di tuntaskan . karakteristik dari seni manajemen pembelajaran tersebu yakni ;
a. Tugas golongan
b. Diskusi kalangan kecil
c. Pengajaran eksklusif (direct teaching)
d. mencar ilmu kooperatf (cooperatf learning)
97. Kegemaran anak akan kisah /dongeng yang bersifat kritis seperti dongeng perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya ialah ciri-ciri anak berusia………
a. 3-5tahun
b. 6-8 tahun
c. 10-12 tahun
d. 15-18 tahun
98. Beberapa siswa memiliki kecenderungan mencar ilmu berupa melakukan soal atau peran dengan segera namun akibatnya banyak kesalahan .Gaya berguru para siswa tersebut yaitu…….
a. implusive
b. reflektif
c. gaya berfikir terikat
d. gaya berfikir bebas
99. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
a. jujur dan adil
b. mengikat dan memaksa
c. sementara dan selamanya
100. Serangkaian acara yang sistematik untuk mampu memilih faedah atau kegunaan sebuah obyek atau acara yakni ….
a. Pengukuran
b. Evaluaasi
c. Penilaian
d. pengamatan