150 Contoh Soal UKG Kompetensi Pedagogik dan Profesional SD SMP SMA SMK Terbaru

150 Contoh Soal UKG Kompetensi Pedagogik dan Profesional Sekolah Dasar Sekolah Menengah Pertama SMA SMK – Contoh Soal Pedagogik ini mampu anda pakai selaku antisipasi tes UKG. Tidak hanya itu contoh soal berikut juga patut anda pelajari kalau anda akan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK dan Calon Aparatur Sipil Negara atau CPNS.

Soal Pedagogik dan Jawabannya PDF Terbaru

Pedagogik seperti halnya soft skill yang bisa didapatkan dari pengalaman pada ketika proses pembelajaran. Tapi berhubung ada kalanya ilmu tersebut diaplikasikan ke dalam ujian, mirip Ujian Kompetensi Guru (UKG).

Apa itu Pedagogik?

Sebagaimana yang diketahui bahwa Pedagogik ialah ilmu yang mesti dimiliki seorang tenaga pendidik tentang bagaimana caranya membimbing siswa, tugas, dan tujuan mendidik siswa.

Berdasarkan survei kemampuan pelajar yang dirilis oleh Programme for International Student Assessment (PISA), pada awal Desember tahun ini -2019- di Paris, Indonesia menempati peringkat ke-72 dari 77 negara. Indonesia masih berada di peringkat enam terbawah, jauh di bawah negara-negara tetangga kita seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Dalam survei ini, kualitas diukur berdasarkan kemampuan membaca, matematika dan sains. Dari beberapa aspek kelemahan yang ada, salah satu penyebabnya ialah kompetensi guru yang masih rendah dibuktikan dengan hasil UKG yang relatif dibawah rata- rata.

Uji Kompetensi Guru (UKG) ditujukan untuk mengukur kompetensi dasar terhadap bidang studi (profesional) serta kemampuan pedagogik guru. Selain itu UKG dijalankan dalam rangka pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkesinambungan (PKB) dan selaku entry point penilaian kinerja guru (PKG) melalui pengembangan keberlanjutan dalam bentuk training-training.

Sehubungan dengan UKG diatas, berikut ini sudah admin siapkan lewat kumpulan soal- soal latihan UKG khusus untuk guru Sekolah Dasar SMP SMA dan Sekolah Menengah kejuruan. Baik, tanpa berlama-lama berikut 150 pola soal pedagogik dan profesional yang telah admin rangkum dari berbagai sumber.

Contoh Soal UKG Kompetensi Pedagogik dan Profesional

1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk mampu memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dikerjakan ialah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dijalankan lewat pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang meliputi peran dibawah ini, kecuali …..:

a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,

b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,

c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,

d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.

e. Pengembangan talenta dan daya kreatifitas siswa

Jawaban : E

2. Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan yang lain di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan akomodasi ini mereka dapat saling mengirim dan mendapatkan surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini mampu pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna mampu pula mengarsipkan surat-surat  yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan….

a. Teleconverence

b. Email

c. Website

d. Chatting

e. Browsing

Jawaban : B

3. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta bimbing mencari gosip yang luas dan dalam wacana topik/tema materi yang hendak dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; mencar ilmu dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-akseptor ajar serta antara penerima didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan akseptor ajar secara aktif dalam setiap acara pembelajaran;dan memfasilitasi akseptor ajar melaksanakan per ujian di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan……………

a. Elaborasi

b. Eksplorasi

c. Konfirmasi

d. Browsing

e. Contextual teaching learning

Jawaban : B

4. Salah satu acuan kegiatan guru dalam acara elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ……..

a. Memberikan umpan balik konkret dan penguatan dalam bentuk mulut, goresan pena, instruksi, maupunhadiah kepada kesuksesan akseptor ajar,

b. Menfasilitasi peserta asuh melaksanakan acara yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri penerima latih.

c. Memberikan konfirmasi kepada hasil eksplorasi dan elaborasi akseptor asuh lewat aneka macam sumber,

d. Memfasilitasi peserta latih melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang sudah dilaksanakan,

e. Memfasilitasi penerima didik untuk memperoleh pengalaman yang berarti dalam mencapai kompetensi dasar

Jawaban : B

5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan penerima ajar dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur selaku berikut ….

a. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai usul terhadap akseptor latih untuk menyikapi; 2. penyiapan kondisi psilogis penerima ajar 3.respons penerima latih untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta ajar.

b. Reaksi guru kepada respons peserta didik; 2. penyiapan keadaan psilogis penerima latih, 3. memberikan pertanyaan atau peran sebagai permintaan kepada penerima asuh untuk merespon; 4. respons akseptor asuh untuk merespons;

c. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan terhadap akseptor bimbing untuk merespon; 2. respons peserta latih untuk merespons; 3. reaksi guru kepada respons peserta asuh; 4. penyiapan kondisi psilogis akseptor latih

d. Memberikan pertanyaan atau peran selaku seruan kepada akseptor didik untuk merespon; 2. respons akseptor didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons penerima asuh; 4. penyiapan kondisi psilogis penerima bimbing.

e. 1. penyiapan keadaan psilogis peserta asuh, 2. menunjukkan pertanyaan atau tugas selaku permintaan terhadap akseptor didik untuk menanggapi; 3. respons akseptor bimbing untuk merespons; 4. reaksi guru kepada respons peserta ajar.

Jawaban : E

6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi mencar ilmu siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….

a. Metode pembelajaran

b. Pendekatan pembelajaran

c. Strategi pembelajaran

d. Gaya pembelajaran

e. Kemampuan mencar ilmu

Jawaban : C

7. Standar ketuntasan minimal berguru (SKMB) diputuskan oleh faktor-gaktor di bawah ini ….

a. Intake Siswa

b. Tingkat kesusahan

c. Sarana pendukung

d. Bakat dan Minat siswa

e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung

Jawaban : E

8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. fakta, konsep, prinsip, mekanisme, sikap

b. fakta, desain, prinsip, definisi, a

ksioma

c. fakta, desain, prinsip, definisi, prosedur

d. fakta, rancangan, definisi, aksioma, prosedur

e. desain, definisi, aksioma, mekanisme, fungsi

Jawaban : B

9. Untuk mempermudah penetapan bahan pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….

a. kompetensi dasar

b. standar kompetensi

c. indikator

d. sistem pembelajaran

e. sumber berguru

Jawaban : A

10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian bahan pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :

1. potensi penerima asuh, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik tempat

2. tingkat pertumbuhan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta latih

3. kebermanfaatan bagi akseptor asuh, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

4. kesanggupan guru dan ketersediaan rujukan

5. relevansi dengan kebutuhan penerima latih, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu

6. dana yang tersedia

Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu, guru harus memperhatikan antara lain nomor….

a. 1, 2, 3, 4

b. 2, 3, 5, 6

c. 1, 2, 3, 5

d. 1, 2, 4, 5

e. 3, 4, 5, 6

Jawaban : B

11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain selaku berikut……..

a. memilih kriteria kesuksesan belajar

b. mengklasifikasi siswa menurut hasil capaian belajarnya

c. mencari letak kekurangan secara umum dilihat dari persyaratan kesuksesan yang diperlukan d. menyiapkan pengajaran remidi

e. menyelenggarakan tes remidi

Jawaban : C

12. Upaya mendesain pengayaan bagi akseptor asuh yang mencapai ketuntasan belajar optimal terlihat dalam kegiatan guru sebagai berikut:

a. menunjukkan perhiasan bahan berbentuksumber asuh dari pengarang yang berlainan

b. menunjukkan tes aksesori dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi

c. memperlihatkan aksesori sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai

d. diberikan materi bahan latih yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang mempunyai kesulitan tinggi

e. menawarkan aksesori bahan berbentuksumber bimbing dari penerbit yang berlainan

Jawaban : D

13. Dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil berguru, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a. Semua indikator ditagih dengan aneka macam teknik penilaian, analisa hasil evaluasi, melaksanakan acara perbaikan dan pengayaan

b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

c. Analisa hasil evaluasi, belum melakukan acara perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan

e. Semua indikator ditagih dengan aneka macam teknik evaluasi dan melakukan evaluasi hasil evaluasi

Jawaban : E

14. Pada setiap selesai kegiatan pembelajaran, guru bersama akseptor asuh melaksanakan kegian refleksi. Hal ini dijalankan untuk….

a. mengukur ketuntasan penerima latih

b. mengukur efektivitas proses pembelajaran

c. mengukur hal-hal yang belum dipahami akseptor ajar

d. memilih langkah-langkah konferensi berikutnya

e. mengetahui bahan yang belum terbahas dalam proses pembelajaran

Jawaban : B

15. Penilaian dikontrol dalam permendiknas RI Nomor …………..

a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007

b. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007

c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007

d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007

e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007

Jawaban : B

16. Untuk menyingkir dari evaluasi yang subjektif dan untuk membuat lebih mudah guru dalam menilai prestasi yang diraih peserta bimbing, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….

a. soal opsi ganda

b. soal tanggapan singkat

c. soal uraian objektif

d. patokan

e. tes performance

Jawaban : E

17. Penilaian portofolio dapat dijalankan dengan cara….

a. menunjukkan evaluasi menyeluruh terhadap tugas-tugas akseptor ajar

b. mengumpulkan lembaran-lembaran tanggapan hasil tes harian dan ulangan simpulan semester tiap peserta bimbing

c. menghimpun hasil kerja masing-masing peserta ajar yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan penerima asuh dalam sebuah album selaku bukti hasil berguru

d. mengumpulkan lembaran-lembaran balasan hasil ulangan tiap peserta bimbing untuk melihat kesusahan penerima didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

e. menghimpun lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap penerima ajar

Jawaban : C

18. Dalam menyebarkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu, mesti memperhatikan….

a. substansi, konstruksi, bahasa

b. substansi, konstruksi, validitas, skor

c. substansi, bahasa konstruksi, skor

d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas

e. substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas

Jawaban : E

19. Di bawah ini yang ialah ciri dari evaluasi kelas yakni….

a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal

b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyuguhan tes, skoring, pelaporan hasil tes

c. Belajar tuntas, evaluasi sahih, berkelanjutan menurut pola norma, menggunakan banyak sekali teknik dan instrument evaluasi

d. Belajar tuntas, evaluasi sahih, berkelanjutan menurut contoh patokan, menggunakan aneka macam teknik dan instrument evaluasi

e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio

Jawaban : D

20. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul ialah….

a. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik dipakai untuk menganggap pencapaian kompetensi penerima ajar, materi laporan hasil berguru, dan memperbaiki proses pembelajaran

b. Penilaian hasil berguru oleh pendidik dijalankan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan tamat semester, ulangan peningkatan kelas, cobaan sekolah

c. Penilaian hasil mencar ilmu oleh satuan pendidikan dijalankan untuk menilai pencapaian kompetensi akseptor asuh pada semua mata pelajaran dan tanpa mengamati hasil evaluasi oleh pendidik

d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan

e. Ujian sekolah meliputi semua mata pelajaran kalangan IPTEK, agama dan budpekerti mulia, kewarganegaraan dan kepribadian

Jawaban : A

21. Untuk memperoleh penilaian hasil berguru yang baik mencakup aspek….

a. kepribadian, kognitif, afektif

b. kognitif, kepribadian, psikomotor

c. afektif, kognitif, mental

d. kognitif, psikomotor, afektif

e. psikomotor, kognitif, minat

Jawaban : D

22. Upaya guru dalam menawarkan potensi kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling maksimal yakni dengan cara….

a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap tamat pelajaran

b. guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat pencarian saat pembelajaran berlangsung

c. guru mewawancarai tiap siswa perihal capaian atau duduk perkara mencar ilmu yang dihadapi siswa dalam berguru

d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam mencar ilmu

Jawaban : D

23. Penilaian proses secara berkelanjutan oleh guru mampu dijalankan dengan cara…..

a. memberikan evaluasi terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses berguru di kelas maupun di luar kelas.

b. memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran

c. menyelenggarakan ulangan harian berkala secara terpola

d. mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan apalagi dahulu terhadap siswa

e. menyelenggarakan ulangan tengah semester dan tamat semester

Jawaban : B

24. Penilaian ialah salah satu proses penting dalam evaluasi. Prinsip-prinsip evaluasi yang mesti dipedomani ialah penilaian harus dijalankan secara….

a. otentik (valid), adil, terbuka, memiliki arti, menyeluruh, terpadu, berkelanjutan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel

b. terbuka, bermakna, adil, otentik (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, memakai pola norma

c. asli (valid), adil, terbuka, berarti, objektif dan efisien, berkelanjutan, terpadu, menyeluruh

d. terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan, adil

e. asli (valid), adil, objektif, terbuka, mempunyai arti, menyeluruh, berkelanjutan, terpadu, sistematis, memakai acuan kriteria, akuntabel

Jawaban : E

26. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang mesti dilakukan yakni :

a. Menentukan alat/materi/ sumber berguru yang digunakan

b. Menyusun kriteria evaluasi, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran

c. Mengidentifikasi materi latih menurut materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

d. Menentukan sistem pembela-jaran yang mau dipakai

e. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang mau dipakai ( terdapat pada silabus yang sudah disusun)

Jawaban : B

27. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diamati ialah :

a. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk konferensi yang sudah ditetapkan

b. SK, KD, dan Indikator yang akan dipakai ( terdapat pada silabus yang telah disusun)

c. Alat/bahan/ sumber belajar yang dipakai

d. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, acuan soal, teknik penskoran

e. Identifikasi materi latih berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus

Jawaban : B

28. Sejumlah kesanggupan yang mesti dimiliki peserta bimbing dalam mata pelajaran tertentu sebagai referensi untuk menyusun indikator kompetensi yaitu :

a. Standar Kompetensi

b. Kompetensi Dasar

c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

d. Kompetensi

e. Standar Kompetensi Lulusan

Jawaban : C

29. Kualifikasi kesanggupan minimal peserta ajar yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keahlian yang diperlukan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu ialah :

a. Standar Kompetensi

b. Kompetensi Dasar

c. Standar Kompetensi Mata Pelajaran

d. Kompetensi

e. Standar Kompetensi Lulusan

Jawaban : B

30. Dalam menyebarkan evaluasi hendaknya mengamati prinsip berikut ini, KECUALI ..

a. Memandang evaluasi dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga evaluasi berlangsung bareng dengan proses pembelajaran

b. Mengembangkan tugas penilaian yang memiliki arti, terkait eksklusif dengan kehidpan aktual

c. Mengembangkan berbagai seni manajemen yg mendorong dan memperkuat evaluasi sebagai cermin diri

d. melaksanakan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menawarkan banyak sekali jenis isu ihwal hasil mencar ilmu

e. Melakukan evaluasi kelas secara acak terhadap SK dan KD

Jawaban : E

31. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), menciptakan model (model building), menganalisa (evaluating) , menyiapkan (rencana), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menerka / mengemukan usulan / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-sikap Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban : C

32. Dalam berbagi indikator hendaknya :

a. Urutan berdasarkan hierarki rancangan disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan bahan

b. Adanya keterkaitan antar tolok ukur kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

c. Adanya keterkaitan tolok ukur kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

d. Sesuai dengan karakteristik akseptor asuh, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi kawasan dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi

e. Memperhatikan acuan, objek, dan/atau alat/materi yang digunakan untuk aktivitas pembelajaran.

Jawaban : D

33. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melaksanakan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari informasi (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban : B

34. Dalam memilih bahan pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :

a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku atau fakta, desain, prinsip, dan mekanisme yang mesti dipelajari siswa dalam rangka menguasi patokan kompetensi dan kompetensi dasar.

b. Berisi garis besar model, pendekatan, seni manajemen, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif ikut serta dalam aktivitas pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri wawasan, pengalaman, dan ketrampilan yang mesti dikuasai.

c. Berisi bagaimana proses dan hasil berguru akan dievaluasi atau dinilai.

d. Berisi alokasi waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari setiap patokan kompetensi.

e. Berisi materi tumpuan (literature) dan sumber berguru yang lain.

Jawaban : A

35

. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kriteria kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya memikirkan berikut ini, KECUALI

a. Potensi peserta asuh;

b. Tingkat kemajuan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual penerima bimbing ;

c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;

d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan bahan pembelajaran;

e. Relevansi dengan keperluan akseptor latih dan permintaan lingkungan, terutama dunia kerja;

Jawaban : C

36. Kurikulum dikembangkan menurut prinsip bahwa akseptor bimbing memiliki posisi sentral untuk berbagi kompetensinya agar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, pintar, mahir, inovatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab

Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap kepada kemajuan ilmu wawasan, teknologi, dan seni

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban : E

37. Pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia perjuangan/industri dan dunia kerja.

Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap kepada kemajuan ilmu wawasan, teknologi, dan seni

b. Relevan dengan keperluan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, pertumbuhan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban : B

38. Dalam memilih tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI:

a. Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang berkaitan dengan persyaratan kompetensi/kompetensi dasar.

b. Tujuan khusus pembelajaran terdiri dari perumusan perihal pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang diperlukan dikuasai siswa setelah melakukan aktivitas pembelajaran( learner oriented).

c. Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.

d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu dipakai kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).

e. Menentukan rincian bahan (fakta, rancangan, prinsip, prosedur) yang berkaitan dalam rangka meraih tujuan pembelajaran.

Jawaban : D

39. Merumuskan tujuan pembelajaran dilaksanakan

a. Setelah memilih SK, KD, dan Indikator yang mau digunakan yang terdapat pada silabus yang sudah disusun

b. Setelah mengidentifikasi materi didik menurut bahan pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

c. Setelah memilih sistem pembela-jaran yang akan dipakai

d. Setelah merumuskan tindakan pembelajaran yang berisikan aktivitas permulaan, inti, dan tamat.

e. Setelah menentukan alat/bahan/ sumber berguru yang digunakan

Jawaban : A

40. Dalam menentukan planning implementasi acara pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI ………..

a. Tentukan model, pendekatan, seni manajemen, tata cara, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

b. Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara berdikari mendapatkan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang mesti dikuasai (student centered learning).

c. Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan duduk perkara, pembelajaran perorangan, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.

d. Menentukan rincian bahan (fakta, konsep, prinsip, mekanisme) yang relevan dalam rangka meraih tujuan pembelajaran.

e. Tentukan planning acara yang perlu dilaksanakan guru (merencanakan, memotivasi dan menarik perhatian siswa, manyajikan bahan pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan berbagai media dan tata cara dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).

Jawaban : D

41. Guru profesional dituntut mengetahui karakteristik peserta didiknya supaya mampu meraih hasil yang maksimal. Hal ini merupakan implementasi dari:

a. Kompetensi Kepribadian

b. Kompetensi Profesinal

c. Kompetensi Pardagogik

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Akademik

Jawaban : C

42. Salah satu aktivitas guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat akseptor latih yaitu …..

a. Melatih siswa menjalankan soal cobaan nasional.

b. Mengidentifikasi siswa yang bisa berbahasa Inggris.

c. Melakukan kegiatan pre test

d. Melakukan post test.

e. Melakukan ulangan harian kagetan atau spontanitas.

Jawaban : C

43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

1. Hindari anjuran dan pernyataan negatif yang mampu melemahkan semangat mencar ilmu siswa.

2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.

3. Jatuhkan eksekusi dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.

4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.

Dari pernyataan tersebut di atas yang mampu dipakai untuk menangani kesulitan berguru siswa yang mempunyai motivasi dan minat mencar ilmu rendah, ialah pernyataan :

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 1 dan 4

Jawaban : A

44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan sekurang-kurangnyasetiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.

Pernyataan berikut yang BUKAN aspek utama untuk memilih Intake siswa adalah …….

a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.

b. Nilai rapor kelas sebelumnya.

c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.

d. Nilai cobaan Nasional bagi jenjang SMP.

e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang bau tanah

Jawaban : E

45. Pak Dedi memperoleh kasus kesusahan mencar ilmu yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara berguru yang salah. Langkah yang paling sempurna dilakukan untuk menangani kesusahan berguru tersebut adalah….

a. Berikan peluang terhadap siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.

b. Tunjukkan akibat atau efek cara belajar yang salah terhadap prestasi berguru

c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.

d. Berikan peluang menemukan pengalaman yang menyenangkan atau mendapatkan berhasil dalam mencar ilmu.

e. Ciptakan situasi yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.

Jawaban : B

46. Perhatikan pernyataan berikut :

1. Faktor –faktor situasi ya

ng tidak kondusif yang dialami siswa

2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah

3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.

4. Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.

Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesusahan mencar ilmu yang bersumber dari dalam diri siswa ialah pernyataan….

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 4 dan 2

Jawaban : C

47. Agar peserta bimbing dapat membuatkan peluangsesuai talenta dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri lewat aktivitas ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut mesti memiliki fungsi ….

a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.

b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi

c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.

d. Prestasi, rekreatif –inovatif, edukatif, dan produktif.

e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan hemat.

Jawaban : B

48. Agar potensi penerima ajar mampu meningkat secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.

Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling mencakup 4 hal adalah :

a. Layanan pribadi, sosial, mencar ilmu dan intelegensi.

b. Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.

c. Layanan eksklusif, sosial, karir dan mencar ilmu

d. Layanan langsung, sosial, intelegensi dan berguru.

e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan berguru.

Jawaban : C

49. Pembelajaran mempunyai arti memerlukan usaha yang betul-betul dari siswa untuk menghubungkan rancangan baru dengan konsep relevan yang sudah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengenali rancangan awal yang dimiliki siswa yaitu dengan . . .

a. siklus mencar ilmu

b. peta konsep

c. pembelajaran rancangan

d. struktur kognitif

e. pemrosesan informasI

Jawaban : B

50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan versi konstruktivis dalam mengajar?

a. Menyiapkan benda-benda aktual untuk dimanfaatkan siswa mencar ilmu.

b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.

c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.

d. Memberi peran siswa untuk menghafal rancangan tertentu*.

e. Menjelaskan sebuah rancangan secara rincian.

Jawaban : D

51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan sebab karakteristik pembelajaran tersebut yakni . . .

a. membangkitkan minat siswa

b. merangsang siswa lebih aktif berguru

c. memberi potensi siswa berkreasi

d. membiasakan siswa mencar ilmu sesuai dengan lingkungan

e. menantang siswa untuk selalu berguru

Jawaban : D

52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .

a. kriteria kompetensi.

b. kompetensi dasar

c. bahan pembelajaran.

d. seni manajemen pembelajaran.

e. metode pembelajaran.

Jawaban : B

53. Bagaimana pertimbangan kerabat kalau menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?

a. Setuju sebab mampu melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.

b. Sangat setuju karena televisi yaitu media pembelajaran yang menyenangkan.

c. Kurang baiklah karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.

d. Setuju dan tidak oke bergantung pada kompetensi yang akan diraih dalam pembelajaran

e. Sangat tidak setuju alasannya adalah dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.

Jawaban : D

54. KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) kian banyak digunakan selaku aktivitas pengembangan profesi guru, hal ini alasannya…………, KECUALI ……………..

a. Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, ialah dilakukannya acara kasatmata di kelasnya. Dan ditujukan untuk memajukan kualitas proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melaksanakan aktivitas mirip itu, telah lazimdilaksanakan

b. Kegiatan PTK, mesti dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, karena cuma dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.

c. Kegiatan PTK mampu berupa pelaksanaan observasi langkah-langkah di dalam kelas yang diyakini semakin pantas untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, langkah-langkah yang dapat dilaksanakan untuk memajukan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal gres” dalam praktik pembelajarannya.

d. Banyak penemuan baru dalam pembelajaran, khususnya dalam praktik pembelajaran (contohnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) membutuhkan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.

e. Sebagian besar guru yang sudah mencapai kalangan IV/a ke atas

Jawaban : E

55. Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….

a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

b. Permendikan Nomor 22 Tahun 2006

c. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006

d. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007

e. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

Jawaban : E

56. Seorang guru mampu Mampu mendesain pembelajaran, mengetahui landasan pendidikan

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A

57. Seorang guru bisa Mampu melakukan pembelajaran

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A

58. Seorang guru bisa Mampu merancang dan melakukan penilaian pembelajaran

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A

59. Seorang guru mampu Memfasilitasi akseptor asuh untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Kewirausahaan

Jawaban : A

60. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Supervisi

Jawaban : C

61. Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : C

62. Seorang guru mampu Memiliki adab

mulia dan menjadi pola

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B

63. Seorang guru bisa Memiliki kepribadian yang cerdik

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B

64. Seorang guru bisa Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta ajar

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B

65. Seorang guru bisa berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, tergolong……..

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B

66. Seorang guru berniat membeli dan membaca buku ihwal asesment pembelajaran. Rencana tersebut memperlihatkan cita-cita guru mengembangkan ciri:

a. Kompetensi pedagogic

b. Kompetensi sosial

c. Kompetensi kepribadian

d. Kompetensi professional

Jawaban : D

67. Keinginan dan perjuangan untuk tidak telat datang ke sekolah ialah ranah:

a. Kompetensi sosial

b. Kompetensi kepribadian

c. Kompetensi profesional

d. Kompetensi pedagogic

Jawaban : B

68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang, melakukan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan perjuangan guru untuk berbagi diri ranah:

a. Kompetensi sosial dan pedagogic

b. Kompetensi profesional dan pedagogic

c. Kompetensi kepribadian dan profesional

d. Kompetensi kepribadian dan social

Jawaban : C

69. Seorang guru menyusun RPP mesti dilandasi kesadaran bahwa :

a. RPP ialah bagian dari administrasi sekolah

b. Proses pembelajaran ialah aktivitas yang harus direncanakan

c. RPP ialah bab kelengkapan Portofolio sertifikasi

d. Proses pembelajaran ialah proses yang harus didokumentasi

Jawaban : B

70. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah membuatkan diri dalam ranah

a. Kompetensi profesional

b. Kompetensi kepribadian

c. Kompetensi sosial

d. Kompetensi pedagogic

Jawaban : B

71. Paikem yaitu pembelajaran yang :

a. Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menggembirakan

b. Aktif, kreatif, inovatif, edukatif dan menyenangkan

c. Aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan

d. Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan

Jawaban : C

72. Expert group pada mencar ilmu korperatif mendiskusikan

a. Masalah tiap-tiap golongan yang ada

b. Masalah tiap-tiap golongan beda dari tiap-tiap kalangan

c. Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok

d. Masalah dari tiap-tiap kalangan secara mendalam

Jawaban : D

73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan

a. Brain storming

b. Concept mapping

c. Quickstioning

d. Role playing

Jawaban : A

74. Problem salving dan discovery learning mampu meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :

a. Individual thinking

b. Direct thinking

c. Critical thinking

d. Personal thinking Pemilihan

Jawaban : C

75. Pemilihan satu modul pembelajaran khususnya dikerjakan berdasarkan

a. Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasan

b. Teori yang dimengerti guru

c. Keinginan dan putusan bersama

d. Tersedianya waktu dan dana yang ada

Jawaban : A

76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali

a. Kerja sama meraih tujuan

b. Kemampuan kerja individu

c. Saling interaksi

d. Saling tergantung tapi saling memberi:

Jawaban : B

77. Memilih media, mempertimbangkan

a. Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan pertumbuhan siswa

b. Kecanggihan media

c. Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran

d. Kelengkapan dan kualitas media

Jawaban : A

78. Guru menggunakan media dalam mengajar alasannya

a. Tuntutan kurikulum

b. Anjuran KS

c. Media membatu siswa semoga lebih gampang mengerti

d. Keberadaan media menghemat beban peran guru

Jawaban : C

79. Penggunaan Media efektif bila

a. Dapat membantu guru mempercepat materi

b. Dapat meningkatkan motivasi siswa lewat bermain

c. Dapat memajukan pencapaian hasil mencar ilmu siswa

d. Dapat menuntaskan bahan ajar melampaui target

Jawaban : C

80. Keuntungan media di buat guru, kecuali:

a. Sesuai dengan tingkat/karakteristik mencar ilmu

b. Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai

c. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru

d. Sesuai dengan bahan yang disuguhkan

Jawaban : C

81. Setelah membaca teks siswa dibutuhkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan persyaratan …

a. Kesesuaian

b. Tingkat kesusahan

c. Ketersediaan

d. Kualitas teknis

Jawaban : A

82. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa tergolong tulisan guru mesti mampu dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan persyaratan :

a. Kesesuaian

b. tingkat kesulitan

c. ketersediaan

d. kualitas teknis

Jawaban : D

83. Hasil acara berikut yang paling tepat diukur dengan non tes ialah :

a. kemampuan siswa memahami materi

b. keaktifan siswa berguru di kelas

c. keaktifan siswa menulis karangan

d. ketrampilan siswa menulis paparan / cerita

Jawaban : B

84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan :

a. kemampuan memahami bahan

b. siswa melaksanakan tugas

c. kerajinan dan kreatifitas siswa

d. hasil belajar siswa secara keseluruhan

Jawaban : D

85. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..

a. Berhitung (matematika)

b. Me

mecahkan dilema

c. Melakukan percobaan

d. Membuat karya tulis

Jawaban : C

86. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, seorang guru melakukan acara berikut

1.Menganalisis hasil ujian siswa sebelum memilih jumlah siswa yang belum tuntas

2.Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah kriteria lalu memilih metode mengajar yang berlainan untuk kedua golongan.

3.Melakukan refleksi terhadap kekurangan sistem yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran selanjutnya

4. Menerapkan tata cara mengajar bagi siswa yang menjalani remidi

Kegiatan yang dapat memperbaiki mutu pembelajaran guru di kelas yaitu :

a. 1, 2, 3

b. 1 dan 2

c. 2 dan 4

d. 1, 2, 3 dan 4

Jawaban : A

87. Kegiatan pembelajaran yang mampu memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill) bagi anak latih yaitu ……………

a. mempresentasikan hasil diskusi

b. membuat karya tulis

c. menciptakan model

d. kerjasama dengan golongan.

Jawaban : B

88. Dalam mengembangkan alat evalusi guru mesti mengamati :

a. kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.

b. kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap bahan yang diajarkan.

c. Hasil mencar ilmu soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai persyaratan ketuntasan berguru minimal (SKBM)

d. Analisis hasil evaluasi tdk mesti dijalankan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai cobaan pada materi berikutnya

Jawaban : A

89. Pernyataan berikut yang benar perihal assesment yaitu :

a. proses pengukuran tes untuk mengenali tkt pengertian siswa sehabis mengikuti pelajaran.

b. proses pengumpulan informasi wacana penerima didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat mereka kerjakan.

c. melakukan penilaian kesanggupan siswa menerima pelajaran

d. proses evaluasi tkt kecerdasan siswa.

Jawaban : A

90. Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :

a. disajikan dalam bentuk artikel atau makalah

b. ditulis menurut bukan hasil riset

c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset

d. berupa kajian teoritis

Jawaban : C

91. Langkah-langkah PTK dapat dikerjakan selaku berikut………………

a. Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi

b. Refleksi – Perencanaan – Observasi – Pelaksanaan

c. Observasi – Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi

d. Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – Refleksi

Jawaban : D

92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?

a. PTK harus mampu menawarkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar sudah dijalankan oleh guru yang bersangkutan.

b. PTK yang dilaksanakan sungguh-sungguh memiliki manfaat.

c. PTK mesti menyanggupi kaidah-kaidah ilmiah

d. KTI guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya dan acara yang dikerjakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar di kelasnya.

e. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten

Jawaban : E

93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya…

a. Nilai percakapan belum meningkat

b. Terkait dengan problem pada konteks bekerjsama pada waktu melakukan PBM dalam kelas

c. Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas

d. Terkait dengan problem pada kontk bergotong-royong pada waktu di luar jam pelajaran

Jawaban : B

94. Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses perkembangan belajar dan kinerja siswa dengan banyak sekali alat diketahui selaku :

a. Authentic material

b. Authentic learning

c. Authentic assessment

d. Authentic data

Jawaban : C

95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam acara guru….

a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta latih selaku penerima remedial

b. menggunakan desain pembelajaran yang telah dibuat dengan mengamati hasil temuan analisis penilaian belajar penerima bimbing

c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berlainan sama sekali dengan rancangan yang ada

d. merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

e. memakai rancangan pembelajaran berdasarkan materi didik mencar ilmu akseptor didik

Jawaban : B

96. Standar nasional pendidikan yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan acara pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional supaya tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut …………………

a. Standar Proses;

b. Standar Kompetensi Lulusan;

c. Standar Sarana Dan Prasarana;

d. Standar Pengelolaan;

e. Standar Penilaian Pendidikan

Jawaban : D

97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

a. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;

b. Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan

c. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah

d. Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat

e. Jawaban A, B dan C Benar

Jawaban : E

98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk budbahasa serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bermaksud untuk berkembangnya potensi penerima latih supaya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, bakir, mahir, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut yaitu ……………….

a. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional

b. Fungsi pendidikan nasional

c. Tujuan pendidikan nasional

d. Sasaran pendidikan nasional

e. Arah kebijakan pembangunan nacional

Jawaban : A

99. Sedangkan kriteria nasional pendidikan RI dituangkan dalam ……………….

a. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005

b. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007

c. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007

d. Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005

e. Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005

Jawaban : A

100. Memahami peserta didik secara mendalam

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A

101.  Penerapan hukum kedisiplinan di sekolah yang berkait dengan bantuan reward dan punishment merupakan merupakan perwujudan dari teori pendidikan ….

A. konstruktivistik

B. behavioristik

C. kognitivistik

D. realistic

E. konektivistik

Jawaban : B

102.  Dalam pembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru lebih banyak berperan selaku ….

A. stimulan

B. pelatih

C. panutan

D. pelatih

E. fasilitator, kolaborator, inspirator

Jawaban : A

103. Unesco PBB menetapkan 4 pilar pendidikan, adalah: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ….

A. learning to be

B. learning to learn

C. learning to experience

D. learning to understand

E. learning university

Jawaban : E

104. Sekolah berkewajiban untuk berbagi life skills siswa. Tujuannya adalah supaya siswa ….

A. mampu hidup bahagia

B. mempunyai ketrampilan vokasional

C. memiliki keunggulan akademik

D. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian

E. bisa mampu berdiri diatas kaki sendiri

Jawaban : E

105. Howard Gardner beropini bahwa pada diri peserta bimbing mempunyai kecerdasan yang bervariasi yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence yaitu ….

A. kecerdasan musikal dan logical matematika

B. kecerdasan linguistik dan kinestik

C. kecerdasan intrapersonal dan spatial

D. kecerdasan spiritual dan emosional

E. kecerdasan interpersonal

Jawaban : D

106. Seorang guru perlu bersikap inklusif dan objektif terhadap penerima latih, sahabat sejawat, dan lingkungan sekitar dalam melakukan pembelajaran.

Contoh berikut yang cocok dengan pernyataan di atas ialah ….

A. Dia ialah seorang guru yang senantiasa berkomunikasi dengan orang renta penerima didik terutama jikalau ada urusan dari putera atau puterinya.

B. Sebagai seorang guru, beliau selalu mencintai dan memperhatikan pertumbuhan akseptor didiknya

C. Ketika seorang guru memarahi akseptor latih, ada guru lain tidak terima dan menasehati agar tidak mengulangi

D. Dia adalah seorang guru yang bangga dan menjunjung tinggi pekerjaannya, dalam melakukan evaluasi sesuai kemampuan akseptor latih

E. Seorang guru senantiasa melakukan apa yang disarankan oleh orang bau tanah penerima didiknya supaya tercipta keselarasan

Jawaban : D

107. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki Hajar Dewantoro).

Manakah pernyataan dibawah ini yang merefleksikan bukan perilaku guru dalam prinsi kepemimpinan pembelajaran tersebut, adalah….

A. guru harus bisa menjadi pola yang baik bagi anak didiknya

B. guru menjadi teman berguru siswa

C. guru menjadi fasilitator dan inovator dalam proses pembelajaran

D. guru menjadi satu-satunya sumber belajar

E. guru menunjukkan penghargaan kepada siswa

Jawaban : D

108. Guru selaku pendidik profesional mempunyai peran utama……

A. membimbing, mengarahkan, melatih, menganggap, dan menganalisa peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

B. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengecek peserta asuh pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

C. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menganggap, dan memeriksa penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

D. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengecek penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

E. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, penerima asuh pada pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

Jawaban : C

109. Beberapa hal yang perlu diamati oleh seorang guru biar menjadi pola bagi

peserta latih yaitu sebagai berikut, kecuali ….

A. Guru mesti memiliki perilaku dan kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan idola dalam seluruh segi kehidupannya

B. Guru mesti berupaya memilih dan melaksanakan perbuatan yang kasatmata agar mampu mengangkat gambaran baik dan kewibawaannya

C. Guru harus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari ajaran agama

D. Guru mesti memiliki sifat terpuji yang mampu disertai oleh peserta asuh

E. Guru mesti dapat menghipnotis akseptor ajar biar menggandakan tingkah lakunya

Jawaban : E

110. Kepribadian guru dengan menampilkan langkah-langkah yang cocok dengan norma religius (doktrin dan takwa, jujur, ikhlas, suka membantu), dan mempunyai perilaku yang diteladani akseptor ajar, maka guru tersebut …

A. mempunyai kepribadian yang dewasa

B. mempunyai kepribadian yang mantap dan stabil

C. mempunyai kepribadian yang bakir

D. memiliki kepribadian yang berwibawa

E. mempunyai akhlak mulia dan menjadi pola

Jawaban : E

111. Learning dalam behaviorisme menekankan adanya….

A. Perubahan wawasan

B. Pembelajaran berarti

C. Pemaknaan berita gres

D. Interaksi terus menerus

E. Perubahan Perilaku

Jawaban : E

112. Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyusahkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dikerjakan untuk merealisasikan guru yang …

A. Mau menerima tunjangan profesi pendidik dan mau membuatkan kompetensinya

B. Profesional, bermartabat dan sejahtera alasannya adalah harkat dan martabat sebuah profesi diputuskan oleh mutu layanan profesi yang berkualitas

C. Mau dan bisa membuatkan kompetensinya serta selalu mengharap-harap turunnya TPP

D. Mau dan mampu mengembangkan layanan profesi pendidik yang berkualitas

E. Mau mendapatkan dukungan profesi pendidik (TPP) namun tidak ingindimasukkan surga

Jawaban : B

113. Penilaian kinerja guru yakni evaluasi yang dijalankan terhadap ….

A. setiap butir aktivitas peran utama guru dalam rangka pelatihan karir, kepangkatan, dan jabatannya

B. setiap butir kompetensi guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya

C. setiap butir kompetensi pedagogik dan professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya

D. setiap butir kompetensi kepribadian, pedagogic, social dan professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya

E. setiap butir kompetensi guru dan komplemen guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya

Jawaban : C

114. Ekspresi nyata seorang guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut, kecuali….

A. Menyayangi peserta ajar dalam kebaikan

B. Memberikan keteladanan dalam beribadah

C. Berdoa setiap mengawali berguru dan berdisiplin

D. Memberikan senyum, salam, sapa dan santun

E. Marah-marah d

an berlaku berangasan kepada orang lain

Jawaban : E

115. Ciri-ciri langsung yang mempunyai kecerdasan sosial yaitu …

A. Adanya korelasi yang kuat dengan Tuhan, memberi faedah terhadap lingkungan, dan menghasilkan karya untuk membangun orang lain

B. Bertanggungjawab, berdedikasi dan berwibawa

C. Berperilaku baik, bertanggungjawab dan disiplin

D. Profesional, pengalaman dan menggembangkan diri

E. Berjiwa sosial, profesional dalam melakukan pekerjaan dan jujur

Jawaban : E

116. Manakah indikator kompetensi pedagogik berikut paling sempurna?

A. Mengenali peserta asuh, menguasai teori berguru, mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan koordinasi dengan teman sejawat, melaksanakan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi akseptor bimbing, komunikasi dengan penerima latih, melaksanakan penilaian dan penilaian

B. Mengenali akseptor latih, menguasai teori berguru, mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan acara yang mendidik, mengetahui dan mengembangkan potensi penerima ajar, guru menawarkan penghargaan terhadap banyak sekali agama dan keyakinan yang dianut, melakukan evaluasi dan penilaian

C. Mengenali akseptor bimbing, menguasai teori belajar, mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melaksanakan aktivitas yang mendidik, mengerti dan menyebarkan potensi penerima ajar, komunikasi dengan akseptor ajar,melakukan penilaian dan penilaian

D. Mengenali penerima latih, menguasai teori mencar ilmu, mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran, menyebarkan kurikulum, melakukan acara yang mendidik, memahami dan menyebarkan potensi peserta bimbing, memulai dan menuntaskan pembelajaran sempurna waktu, melakukan evaluasi dan evaluasi.

E. Mengenali akseptor asuh, menguasai teori belajar, mengerti prinsip-prinsip pembelajaran, menyebarkan kurikulum, melaksanakan acara yang mendidik, mengetahui dan berbagi potensi peserta latih, komunikasi dengan sopan dan santun, melaksanakan penilaian dan evaluasi

Jawaban : C

117. Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru yakni tugas guru yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau peran pemanis yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?

A. Kompetensi profesional

B. Kompetensi sosial

C. Kompetensi pedagogik

D. Kompetensi kepribadian

E. Inovasi dan kreativitas pembelajaran

Jawaban : E

118. Seorang guru mencatat dan memakai isu tentang karakteristik penerima bimbing untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik akseptor asuh tersebut mencakup berbagai faktor berikut ….

A. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, personal, dan latar belakang sosial budaya

B. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, akhlak, dan latar belakang sosial budaya

C. Aspek fisik intelektual, sosial personal, moral, dan latar belakang sosial budaya

D. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, budpekerti, dan latar belakang suku agama

E. Aspek fisik intelektual, kolegial, akhlak, dan latar belakang sosial budaya

Jawaban : A

119. Dalam menentukan sumber belajar harus memperhatikan standar sebagai berikut …

A. Ekonomis: tidak harus terpatok pada harga yang mahal; Mudah: tidak membutuhkan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka

B. Praktis: bersahabat dan tersedia di sekitar lingkungan kita

C. Fleksibel: dapat dimanfaatkan untuk berbagai kompetensi dasar,

D. Sesuai dengan kompetensi dasar: mendukung proses dan pencapaian kompetensi dasar dan mampu menghidupkan motivasi dan minat belajar siswa

E. Semua balasan benar

Jawaban : E

120. Fungsi sumber berguru dalam proses kegiatan mencar ilmu mengajar, antara lain ….

A. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan efisien dan (b) meminimalkan beban guru dalam menghidangkan informasi sehingga waktu mampu lebih banyak digunakan untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran

B. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) menghemat kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) menunjukkan kesempatan bagi siswa untuk meningkat sesuai dengan kemampuannnya

C. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan acara pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan materi pengajaran yang dilandasi oleh observasi

D. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menghidangkan berita yang bisa menembus batas geografis

E. Semua tanggapan benar

Jawaban : E

121. Jika Anda melakukan kunjungan kelas dan mengamati guru sudah memastikan bahwa semua peserta bimbing mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka guru tersebut perlu diberi skor maksimal pada indikator…..

A. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

B. Mengenali karakteristik penerima bimbing

C. Menguasi teori mendidik

D. Memahami pertumbuhan remaja

E. Pembelajaran yang mendidik

Jawaban : A

122. Guru profesional antara lain bisa menentukan materi pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran dimaksud?

A. Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran

B. Materi pembelajaran yang sempurna dan mutakhir

C. Materi sesuai dengan usia dan tingkat kesanggupan belajar akseptor bimbing

D. Materi tidak harus mampu dikerjakan di kelas.

E. Materi sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari penerima asuh

Jawaban : B

123. Manakah aktivitas yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?

A. Guru mempunyai rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

B. Guru mampu mengurus pembelajaran yang menerangkan bahwa guru dihormati oleh akseptor latih

C. Merancang rencana pembelajaran yang tepat dengan silabus untuk membahas materi latih tertentu semoga akseptor didik mencapai kompetensi dasar yang diputuskan

D. Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk aktivitas yang produktif terkait dengan tugasnya

E. Guru merasa bangga dengan profesinya selaku guru

Jawaban : C

124. Mengapa guru wajib mendesain planning pembelajaran?

A. Agar penerima asuh dapat berpartisipasi secara optimal dalam proses pembelajaran

B. Agar penerima ajar tidak sampai mengganggu penerima bimbing lain pada dikala proses pembelajaran berlangsung

C. Agar penerima asuh termotivasi kemauan belajarnya

D. Agar peserta bimbing mampu meraih Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan

E. Agar akseptor ajar terfasilitasi pengalaman belajarnya dengan baik

Jawaban : D

125. Berikut adalah alasan paling sempurna guru perlu menertibkan kelas pada saat pembelajaran berlangsung ….

A. Dapat menunjukkan potensi belajar yang sama pada semua peserta latih dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berlawanan

B. Guru dapat memperhatikan po

tensi dan kekurangan akseptor asuh

C. Peserta didik menerima kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pembelajaran

D. Agar tidak membuka potensi penerima ajar merugikan peserta didik lainnya

E. Mencegah adanya sikap menyimpang dari peserta bimbing selama proses pembelajaran

Jawaban : C

126.    Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dikerjakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari….

A.      Silabus untuk pengerjaan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

B.       Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

C.       Silabus untuk pengerjaan ndikator dan evaluasi dalam upaya mencapai KD

D.      Silabus untuk mengarahkan keagiatan berguru akseptor asuh dalam upaya mencapai KD

Jawaban : D

127.    Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut ……

1)        Kompetensi dasar :Mengenal aktivitas bermusyawarah

2)        Indikator : menyebutkan dua ciri aktivitas bermusyawarah

3)        Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan penyeleksian ketua kelas siswa mampu menyebutkan dua ciri acara musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai yakni….

A.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B.       Mendorong partisipasi aktif penerima ajar

C.       Memperhatikan perbedaan individu penerima asuh

D.      Keterkaitan dan keterpaduan

Jawaban : D

128.    Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yaitu;:

A.      Metode mengajar yang digunakan guru

B.       Karakteristik materi latih

C.       Waktu yang tersedia untuk aktivitas pembelajaran

D.      Buku sumber yang dipakai dalam pembelajaran

Jawaban : C

129.    Jika seorang guru melaksanakan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1)        Membekali murid tidak cuma dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kesanggupan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,

2)        Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing berguru peserta asuh.

3)        Melakukan evaluasi yang mencakup cara-cara penyelesaian problem dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, mirip peta desain, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut mampu dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis….

A.      Kognitivisme

B.       Behaviorisme

C.       Konstructivisme

D.      Humanisme

Jawaban : C

130.    Menurut Piaget, abad pertumbuhan operasi kongkrit pada siswa usia akseptor asuh antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas mesti lebih menekankan…

A.      Penggunaan media, alat peraga tergolong sumber berguru.

B.       Pemberian tugas yang tersetruktur.

C.       Penggunaan sistem bermacam-macam

D.      Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan duduk perkara.

Jawaban : A

131.    Benjamin S. Bloom membuatkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      kenangan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan penilaian;

B.       ingatan, pengertian, aplikasi, analisis, síntesis, dan penilaian

C.       kenangan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan penilaian

D.      kenangan, pengertian, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

Jawaban : B

132. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom membuatkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      kenangan; pengertian, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B.       kenangan, pengertian, aplikasi, analisis, síntesis

C.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D.      ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, penilaian, dan, mencipta.

Jawaban : D

133. Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan persoalan yang dihadapi secara kongkret, merangsang kemajuan perkembangan berfikir siswa untuk menyelesaikan duduk perkara yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A.      Role Playing

B.       Inquiry

C.       Problem Solving

D.      Picture and Picture

Jawaban : C

134. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:

A.      Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B.       Rumusan problem yang harus didiskusikan

C.       Jumlah peserta bimbing yang mengikti pembelajaran

D.      Motivasi belajar siswa

Jawaban : B

135.    Kemampuan yang terpenting dimiliki guru wacana media dan alat bantu pembelajaran adalah:

A.      Memilih bahan untuk menciptakan media/alat bantu

B.       Membuat media dan alat bantu sederhana

C.       Menggunakan media dan alat bantu

D.      Merawat media dan alat bantu

Jawaban : B

136.    Fungsi indikator dijadikan selaku penunjukdalam….

A.      Pencapaian standar kompetensi

B.       Pencapaian kompetensi dasar.

C.       Pencapaian tujuan  pembelajaran

D. Pencapaian persyaratan kelulusan

Jawaban : A

137.    Tindakan yang paling sempurna dijalankan pada dikala siswa mengalami kesulitan mengetahui pelajaran yang sedang diajarkan yakni:

A.      Mengulang kembali materi yang diajarkan

B.       Memberikan peran semoga siswa mempelajari materi yang belum diketahui

C.       Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D.      Membantu setiap siswa yang mengalami kesusahan

Jawaban : D

138.    Bila anda selaku guru memperoleh penerima ajar mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang hendak dikerjakan ?

A.      Memindahkantempat duduk akseptor didik ke meja yang paling depan

B.       Mengulangi klarifikasi materi bimbing terhadap seluruh peserta bimbing

C.       Memberikan pemberian mencar ilmu kepada akseptor didik yang bersangkutan

D.      Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

Jawaban : C

139.    Apa yang paling tepat dilakukan guru, kalau seorang penerima ajar tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A.      Menunjuk akseptor bimbing lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B.       Memberikan kritik supaya peserta didik berusaha menjawab meskipun salah

C.       Menyederhanakan isi pertanyaan semoga mudah dipahami akseptor ajar

D.      Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

Jawaban : A

140.    Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ….

A.      Ca

kupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat kemajuan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual akseptor ajar.

B.       Adanya korelasi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, bahan pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

C.       Cakupan indikator, bahan pokok/pembelajaran, pengalaman mencar ilmu, sumber berguru, dan metode penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

D.       Komponen-bagian silabus saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

Jawaban : C

141.    Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL yakni sebagai berikut, kecuali….

A.      Sharing dengan sobat

B.       Guru inovatif

C.       Pengalaman konkret

D.      Menggunakan satu sumber

Jawaban : D

142.    Dalam memilih dan menyebarkan bahan pembelajaran, Ibu Murni Nugroho senantiasa memilih materi pembelajaran yang sudah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan menunjukkan bantuan untuk pengertian ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan bahan pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A.      Sahih

B.       Kebermanfaatan

C.      Layak dipelajari

D.      Menarik minat

Jawaban : A

143.    Bu Rossa mempersiapkan bahan pelajaran dengan cara dimulai dari bahan-bahan yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti contoh….

A.      Kausal

B.       Spiral

C.      Kronologis

D.      inquiri

Jawaban : B

144.    Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarang pilih tetapi harus didasarkan pada standar tertentu. Misalnya, apakah untuk berguru individual, golongan kecil, kalangan besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam penyeleksian media tergolong ke dalam persyaratan…

A.      tujuan

B.       sasaran bimbing

C.       ketersediaan

D.      konteks penggunaan

Jawaban : D

145.    Pada saat merencanakan pembelajaran seorang guru dapat menyusun taktik pembelajaran dan memilih media yang mau digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang mesti dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…

A.      Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B.       Pendidik harus mengetahui karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C.       Pendidik mesti mengikuti keadaan dengan kemampuan sekolah.

D.      Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

Jawaban : B

146.    Pada dikala mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kesanggupan jangkauannya, media mampu dibagi ke dalam..

A.      media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas

B.       media yang dpat didengar saja dan media yang mampu dilihat

C.       media tradisional dan media berbasis TIK

D.      media dua dimensi dan media tiga dimensi

Jawaban : A

147.    Di ruang media tersedia aneka macam macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya mampu memanfaatkan media dan menentukan media mana yang hendak digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan yaitu…

A.  Tujuan, target ajar, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan kualitas teknis.

B.       Sasaran bimbing, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

C.       Tujuan, sasaran latih, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

D.      Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

Jawaban : A

148.    Seorang guru mesti bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber berguru untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran ialah:

A.      media pembelajaran yang paling baik yakni media yang berbasis TIK

B.       suatu media mampu digunakan untuk semua aktivitas pembelajaran

C.       media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam sebuah kegiatan pembelajaran 

D.      menentukan media tidak butuhbanyak pertimbangan semoga tidak merepotkan

Jawaban : C

149.    Setiap bahan pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang beraneka ragam. Untuk memudahkan penerima asuh memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering mempergunakan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi metode peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar

B.       Membuat konkrIt konsep yang absurd

C.       Menampilkan objek yang tidak mampu diperhatikan dengan mata telanjang.

D.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan berguru.

Jawaban : B

150.    Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dinikmati juga oleh guru dalam menolong pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, beliau tinggal memakai medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai keadaan tersebut:

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.

B.       Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan mencar ilmu.

C.       Membuat konkret rancangan yang absurd, misalnya untuk menerangkan peredaran darah.

D.      Menampilkan objek yang tidak mampu diamati dengan mata telanjang.

Jawaban : A

Demikian 150 Contoh Soal UKG Kompetensi Pedagogik dan Profesional untuk guru SD, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas dan SMK. Jika anda terpikatsilakan unduh semua soal diatas dalam format pdf melalui link dibawah ini.

Link Download Soal UKG Kompetensi Pedagogik dan Profesional

Unduh semua soal diatas dengan menekan tombol download berikut ini.

Download Pdf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel