Lengkap Soal dan Kunci Jawaban UP UKMPPG / Soal PPPK Guru untuk Guru Kelas SD

Berikut adalah latihan soal UP UKMPPG 2021 yang dapat dijadikan bahan belajar akseptor UP PPG 2021 dan penerima seleksi PPPK Guru 2021 untuk deretan jabatan ahli pratama guru kelas. Soal UP PPG PGSD ini mampu juga dijadikan sebagai refrensi peserta UP retaker tahun 2021.

 

1. Gerakan pecinta alam dengan dasar “ sadar lingkungan sehat ” telah mulai menggejala di lingkungan dewasa. Tidak sedikit asosiasi pecinta lingkungan yang anggotanya terdiri atas siswa-siswa sekolah, baik itu siswa SD, Sekolah Menengah Pertama maupun SMA. Di samping gerakan pencinta alam tersebut, keberanian untuk melaksanakan observasi ilmiah juga sudah makin meluas, utamanya di tingkat SMA. Fenomena fenomena semacam itu ialah bukti bahwa sampaumur pada tahun-tahun terakhir ini tidak selalu bernilai negatif. Contoh paragraf di atas ialah jenis paragraf ….

A. kombinasi

B. deskriptif

C. narasi

D. induktif

E. Deduktif

 

2. Teks ini mempunyai tujuan sosial menilai sikap atau karakter dalam kisah dan memiliki struktur judul, pengenalan, kejadian, dan interpretasi. Hal ini termasuk ke dalam teks…

A. Teks eksplorasi

B. Teks naratif

C. Teks anekdot

D. Teks cerita berulang

E. Teks eksplanasi

 

3. (1) Alya menulis surat. (2) Ibu bertamu ke tempat tinggal bibi. (3) Surat ditulis Alya Contoh di atas tergolong ke dalam kalimat…

A. Langsung

B. Tidak Langsung

C. Verbal

D. Nominal

E. Lengkap

 

4. Di suatu padang rumput ada tiga ekor biri-biri bersaudara. Karena masih kemarau, padang rumput mulai mengering. Ketiga biri-biri itu resah dan mulai merasa kuatir. Badannya mulai menjadi kurus alasannya adalah kurang makan. Akhirnya, mereka berunding untuk pindah ke tempat lain. Si Sulung menganjurkan agar mereka pindah ke padang rumput lain, tetapi mereka harus menyebrangi sungai yang ada titian di atasnya. Cuplikan tersebut lebih banyak mengandung komponen ….

A. Tema

B. Latar

C. Alur

D. Penokohan

E. Amanat

 

5. Teks ini menurut Trim (2014) yakni teks yang disusun menurut data valid perihal wawasan tanpa menghemat isi data tersebut. Pengertian tersebut membuktikan definisi dari…

A. Teks fiksi

B. Teks nonfiksi

C. Teks faksi

D. Teks nonfaksi

E. Teks opini

6. 1). Berisi penguatan kembali topik 2). Berisi penitikberatan kembali topik yang terdapat pada thesis statement 3). Ringkasan isi topik yang sudah dibahas Hal tersebut memperlihatkan standar esai yang terdapat dalam struktur….

A. Pendahuluan

B. Tesis statement

C. Bagian inti

D. Ringkasan

E. Kesimpulan

7. Di bawah ini merupakan karakteristik guru dalam pembelajaran sastra, kecuali…

A. Memahami kerakteristik akseptor ajar mencakup tingkat apresiasi, minat, bakat, aspirasi, dan kesulitan

B. Sebagai pendidik seorang guru mesti menguasai bahasa (sederhana, kasatmata) dan isi relevan dengan kehidupan anak

C. Memahami sejarah dan teori sastra Indonesia

D. Memiliki apresiasi sastra yang tinggi, baik sastra Indonesia, sastra tempat, maupun abnormal

E. Memiliki kesanggupan pengelolaan kelas

8. Pada tanggal 25 Februari 2019, Ani, Rina, dan Putri pergi les menggambar bahu-membahu. Jika Ani pergi les menggambar setiap 5 hari sekali, Rina setiap 4 hari sekali, dan Putri setiap 6 hari sekali, maka mereka akan pergi les menggambar tolong-menolong lagi pada tanggal ….

0/1

a. 23 April 2019

b. 24 April 2019

c. 25 April 2019

d. 26 April 2019

e. 27 April 2019

9. Sebuah pekerjaan perbaikan jalan direncanakan final dalam waktu 60 hari oleh 20 orang pekerja. Setelah 12 hari melakukan pekerjaan , pekerjaan terhenti selama 8 hari. Jika kemampuan melakukan pekerjaan setiap pekerja dianggap sama dan agar pembangunan final tepat waktu, banyak pekerja perhiasan yang diharapkan yaitu….

a. 4 pekerja

b. 8 pekerja

c. 10 pekerja

d. 12 pekerja

e. 24 pekerja

10. Sebuah tangki air berupa bola dengan diameter 120 cm diisi air 2/3 bab. 1/2 bagian air tersebut dipindahkan ke tangki air yang berupa tabung dengan diameter 60 cm. Tinggi air pada tangki yang berupa tabung adalah … cm.

a. 106,67

b. 106, 97

c. 116,67

d. 213,37

e. 220

11. Fahm

i mengis

i suatu bak mandi sampai sarat dengan memakai 8 bejana besar dan 5 bejana kecil. Keesokan harinya Reymond mengisi bak mandi yang sama dengan 6 baskom besar dan 8 bejana kecil. Perbandingan volume bejana kecil dan bejana besar ialah ….

a. 2 : 3

b. 3 : 2

c. 2 : 4

d. 2 : 11

e. 3 : 11

12. Sebuah bak mandi yang berukuran (60 x 40 x 90) 𝑐𝑚 diisi air sampai penuh. Apabila waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kolam mandi tersebut ialah 8 menit, debit air untuk mengisi kolam mandi tersebut yaitu … 𝑙𝑖𝑡𝑒𝑟/𝑑𝑒𝑡𝑖𝑘.

a. 6,75

b. 4,5

c. 0,81

d. 0,675

e. 0,45

13. Sebuah kubus ABCD.EFGH mempunyai panjang rusuk 8 cm. AH dan BG adalah diagonal bidang kubus ABCD.EFGH. Luas ABGH yaitu … 𝑐𝑚2.

a. 16

b. 16√2

c. 64

d. 64√2

e. 128

14. Dua buah bus antar provinsi berangkat dari terminal dan menuju kota yang serupa. Bus A berangkat pukul 15.00 dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Bus B berangkat pukul 17.30 dengan kecepatan rata-rata 75 km/jam. Apabila bus B melalui rute yang serupa seperti rute bus A, bus B akan menyusul bus A pada pukul ….

a. 01.00

b. 01.30

c. 03.00

d. 03.30

e. 05.30

15. Sebuah foto ditempelkan pada pigura yang berskala panjang 45 cm dan lebar 30 cm. Jarak foto dengan tepi atas, tepi kanan, dan tepi kiri 5 cm. Jika pigura 256 dan foto sebangun, maka jarak foto dengan tepi bawah pigura yang tidak tertutup foto yakni … cm.

a. 5

b. 7

c. 8

d. 10

e. 12

16. Nilai rata-rata tes matematika dari sekelompok siswa dan siswi pada kelas ialah 5 dan 7. Jika rata-rata nilai tes matematika kelas tersebut yakni 6,2; maka perbandingan banyak siswa dan siswi di kelas tersebut yaitu ….

a. 2 : 3

b. 3 : 4

c. 2 : 5

d. 3 : 5

e. 4 : 5

17. Salah satu akar persamaan kuadrat 𝑚𝑥2 − 3𝑥 + 2 − 0 ialah dua kali akar yang lain. Nilai 𝑚 yang memenuhi per samaan kuadrat tersebut ialah ….

a. 3

b. 2

c. 1

d. 0

e. -1

18. Rumus suku ke-n dari barisan -4, -1, 2, 5, …. yaitu ….

a. 3𝑛 − 1

b. 3𝑛 + 1

c. 3𝑛 − 4

d. 3𝑛 − 7

e. 3𝑛 + 7

19. Penerapan metode ilmiah dalam setiap acara ilmiah di sekolah mempunyai banyak tujuan. Misal kegiatan sains banyak diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Hal tersebut bertujuan untuk…..

a. Menumbuhkan perilaku kritis dan objektif

b. Menumbuhkan rasa ingin tahu

c. Kesejahteran dan mempermudah kerja insan

d. Menciptakan ilmu wawasan

e. Mencakup insiden kerja manusi

20. Pengaruh pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman Leguminoca, selaku variabel kontrolnya yakni …..

a. Kadar pupuk urea

b. Pertumbuhan tanaman

c. Perlakuan di daerah terang

d. Perlakuan di tempat gelap

e. Perlakuan tanpa pupuk urea

21.

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (3)

d. (3) dan (4)

e. (4) dan (5)

22. Bila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol, maka pernyataan di bawah ini yang benar adalah….

a. Kecepatan selalu tetap meski waktunya berubah-ubah

b. Percepatannya senantiasa tetap meski waktunya berubah-ubah

c. Kecepatannya senantiasa berganti-ubah meski waktunya tetap

d. Percepatannya senantiasa berganti-ubah meski waktunya tetap

e. Percepatannya selalu tetap meski kecepatannya berganti-ubah

23. Sebuah benda yang semula membisu bergerak dengan percepatan tetap selama 10 sekon. Jika jarak yang ditempuh 100 m dan mass

a benda 5 kg, maka besar gaya yang bekerja adalah…

a. 40 N

b. 20 N

c. 50 N

d. 10 N

e. 30 N

24. Terdapat dua proses peredaran darah pada manusia yakni peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Peredaran darah kecil pada manusia yang benar yaitu ….

a. bilik kanan → vena pulmonalis → paru-paru → arteri pulmonalis →serambi kanan

b. bilik kanan → arteri pulmonalis → paru-paru → vena pulmonalis→serambi kiri

c. bilik kiri → vena pulmonalis → paru-paru → arteri pulmonalis →serambikanan

d. bilik kiri→ arteri pulmonalis → paru-paru→ vena pulmonalis → serambikanan

e. bilik kanan → arteripulmonalis → paru -paru → vena pul monalis → serambi kanan

25. Sebuah mobil melaju dengan kecepatan awal 20 m/s, kendaraan beroda empat tersebut dipercepat konstan setiap sekon memperbesar tambahan kecepatan 2 m/s. Berapakah kecepatan mobil tersebut sehabis bergerak 20 sekon ?

a. 40 m/s

b. 15 m/s

c. 49 m/s

d. 60 m/s

e. 10 m/s

26.

a. 1, 2, 3

b. 1, 3

c. 2, 4

d. 4 saja

e. Tidak ada yang benar

27. Gerhana terjadi saat posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Oleh Karenanya, gerhana matahari ataupun bulan hanya terjadi jikalau kedua kejadian ini terjadi berdekatan. Terjadinya gerhana matahari disebabkan oleh …

a. Kedudukan bumi terletak antara bulan dan matahari

b. Kedudukan bulan terletak antara bumi dan matahari

c. Kedudukan matahari terletak antara bulan dan bumi

d. Kedudukan matahari di atas bumi dan bulan

e. Kedudukan matahari terletak bumi dan bumi

28. Fenomena yang terjadi pada pada gerhana di bawah ini adalah…… Gambar : Matahari > Bulan > Bumi

a. Cahaya matahari yang sampai ke bumi terhalangi oleh bulan sehingga terjadi gerhana bulan.

b. Cahaya matahari yang hingga ke bumi terhalangi oleh bulan sehingga terjadi gerhana matahari

c. Cahaya matahari yang hingga ke bulan terhalangi oleh bumi

d. Cahaya matahari mampu berfenetrasi sarat

e. Energi matahari yang sampai ke bumi tidak pernah habis

29.

a. i dan ii

b. i dan iii

c. ii dan iv

d. iii dan iv

e. ii dan iii

30. Perhatikan gambar berikut: Matahari : Bumi : Umbra : Penumbra : Bulan Apabila kedudukan bulan, bumi dan matahari terlihat seperti pada gambar di atas, maka terjadi kejadian . . .

a. Gerhana bulan sebagian

b. Gerhana bulan total

c. Gerhana matahari

d. Sebagian gerhana matahari total

e. Sebagian gerhana bulan total

31. Sebuah benda dengan berat 1800 N akan dinaikkan ke ketinggian 2,5 m. Jika laba mekanis yang diinginkan ialah 6 , berapakah jarak yang ditempuh benda pada bidang miring dan kuasa yang diperlukan untuk mendorong benda tersebut ?

a. 200 N

b. 360 N

c. 300 N

d. 100 N

e. 50 N

32. Manusia saling berinteraksi satu sama lain. Hubungan ini menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan insan selaku makhluk sosial. Segala tindakan dan sikap insan yang ada di penduduk ini tertuju untuk mendapatkan hubungan sosial berupa ….

A. pertahanan hidup

< span style=”font-family: arial;”>B. saling berkomunikasi

C. kepuasan pergaulan dengan orang lain

D. sumbangan dari orang lain

E. pemenuhan pangan, sandang dan papan

33. Manusia berinteraksi dengan yang lainnya. Keterjalinannya membentuk kekerabatan timba

l balik yang saling menguntungkan. Terpenuhi segala keperluan ialah bab dari keterhubungan ini. Keterhubungan ini terjalin atas ….

A. asas sosialitas

B. asas moralitas

C. asas individualitas

D. asas potensialitas

E. asas humanitas

34. Kesehatan penduduk terperhatikan dengan baik. Tingkat kemiskinan bertahap tertangani secara komprehensif. Produktivitas pembangunan pun berlangsung sesuai dengan apa yang dijadwalkan. Kondisi inilah bab dari citra perkembangan masyarakatyang bagus di suatu wilayah yang ditandai dengan adanya….

A. banyaknya angka kematian

B. banyaknya angka kelahiran

C. meningkatnya migrasi

D. pengendalian jumlah ajal

E. persebaran yang merata

35. Berkas dan catatan kependudukan bagian dari dokumen penting sebuah daerah. Petugas mendata setiap bagian yang terkait dengan masyarakatSensus de jure yang dilakukan petugas ini adalah bagian dari sensus kepada….

A. warga negara asing yang ditemui petugas

B. warga masyarakat yang ditemui petugas sensus

C. setiap penduduk menurut data wilayah

D. semua masyarakatyang dijumpai petugas sensus

36. Persaingan ekonomi diantara produsen menyebabkan penetapan harga yang kompetitif. Varian dalam barang hasil bikinan pun terus menerus ditingkatkan guna bersaing dalam penjualan produk. Agar seuatu barang menjadi barang ekonomi, maka ia harus … diperdagangkan di pasar bebas.

A. diproduksi secara perorangan dan tidak secara lazim

B. dibuat secara efisien

C. diproduksi secara langka

D. dijual dengan harga yang sungguh murah

37. Ilmu pengetahuan terapan adalah ilmu pengetahuan yang mempunyai tujuan untuk menggunakan sekaligus menerapkan ilmu pengetahuan tersebut pada masyarakat untuk membantu menangani aneka macam urusan yang dihadapi. Ilmu wawasan dijadikan sebagai sarana untuk mempermudah insan dalam menyanggupi segala kebutuhan hidupnya. Berdasarkan kondisitersebut maka ….

A. ilmu wawasan terapan untuk menciptakan alat

B. wawasan yang disusun secara sistematis

C. buatan barang dengan menggunakan tenaga mesin

D. ilmu pengetahuan wawasan yang melekat pada diri manusia

E. wawasan yang diperoleh dari lingkungan

38. Para guru saat inisadar bahwa mempunyai skill ( kesanggupan ) dibidang teknologi gosip dan multimedia sudah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan mengasyikkan. Oleh alasannya adalah itu para guru kini banyak yang telah menguasai teknologi berita dan multimedia untuk mencari bahan didik. Penyampaian bahan pun tidak cuma dengan metode ceramah saja tetapi juga dengan menampilkan slide dan video yang menarik. Dari penjelasan tersebut tindakan para guru untuk mampu menguasai teknologi gosip dan multimedia tersebut termasuk dalam ….

A. tradisional

B. rasional berorientasi nilai

C. rasional instrumental

D. afeksi

E. emosional

39. Teknologi yang diciptakan oleh manusia selain memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitasnya juga dapat mengakibatkan masalah sosial mirip pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan yang terjadimenambah masalah sosial kian kompleks untuk teratasi. Upayamasyarakat untuk mengurangi problem sosial tersebut adalah ….

A. mendesain pembangunan tata ruang kota yang ramah lingkungan

B. memperbanyak jumlah tenaga kerja

C. menyosialisasikan efek pencemaran lingkungan

D. memakai teknologi sesuai keperluan

E. memberi hukuman terhadap orang yang mencampakkan sampah sembara

40.

A. 1A, 2B dan 3C

B. 1A, 3B dan 2C

C. 2A, 1B dan 1C

D. 3A, 2B dan 2C

E. 3A, 3B dan 3C

41. Pancasila berkedudukan selaku sumber nilai dan dasar negara. Dua kedudukan Pancasila tersebut sungguh penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Berkaitan dengan hal tersebut, makna kedudukan Pancasila selaku sumber nilai dan dasar negara ialah … .

A. sebagai sumber nilai, Pancasila ialah dasar budbahasa kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila ialah pola bagi Kepala Daerah dalam membuat kebijakan mancanegara

B. selaku sumber nilai, Pancasila ialah landasan tabiat bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila ialah dasar pembentukan norma hukum

C. selaku sumber nilai, Pancasila merupakan landasan akhlak bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan selaku dasar negara, Pancasila ialah dasar pembentukan aneka macam peraturan tempat

D. selaku sumber nilai, Pancasila merupakan persepsi hidup bangsa Indonesia. Sedangkan sebaga

i dasar negara, Pancasila merupakan landasan etika bagi pemerintah dalam memutuskan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara

E. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan dasar etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan selaku dasar negara, Pancasila ialah contoh bagi Kepala Daerah dalam membuat kebijakan luar negeri

42. Demi kelancaran kehidupan dibutuhkan aneka macam nilai sosial, Notonagoro membagi nilai-nilai sosial demi menunjang kelangsungan hidupnya kedalam : nilai material, nilai vital, dan nilai rohani. Nilai vital berhubungan dengan ….

A. Nilai sosial yang memiliki kegunaan bagi meneuhi keperluan rohani atau spiritual insan yang sifatnya lebih universal atau umum.

B. Nilai sosial yang berkhasiat bagi acara atau aktivitas insan dalam melakukan kehidupannya sehari-hari.

C. Nilai sosial yang memiliki kegunaan bagi jasmani manusia, tergolong benda-benda nyata yang dapat dimanfaatka bagi pemenuhan kebutuhan fisik.

D. Merupakan nilai ketuhanan yang mengandung satu keyakinan atau iman oleh insan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

E. Nilai yang berkaitan dengan perasaan dan jiwa keindahan insan, atau sering juga disebut sebagai nilai estetika.

43. Berikut ialah pernyataan yang tepat perihal materi latih tematik berbasis TIK untuk pembelajaran remedial di SD kelas permulaan ialah …

a. Bahan asuh menampung fakta, desain, prinsip, dan mekanisme mirip materi ajar pokok dalam pembelajaran harian dengan mengintegrasikan TIK.

b. Bahan didik dikembangkan untuk setiap mata pelajaran yang terikat pada tema pembelajaran memakai pemberian TIK.

c. Bahan asuh dikemas secara tematik dengan menggabungkan seluruh mata pelajaran yang terikat pada tema dengan memanfaatkan TIK selaku alat penunjang pembelajaran.

d. Bahan didik menampung konsep perihal TIK dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

e. Bahan ajar dikemas secara lebih mendalam dan meluas berbasis tema yang menggabungkan seluruh mata pelajaran dengan memanfaatkan TIK selaku alat pendukung pembelajaran.

44. Seorang guru kelas 2 menggunakan media pembelajaran berupa slide PowerPoint yang diproyeksikan memakai proyektor. Slide tersebut cuma terdiri atas teks berupa tulisan saja tanpa diikuti gambar. Bagaimanakah menurut pertimbangan Anda perihal media pembelajaran yang dipakai guru tersebut?

a. Media pembelajaran yang dipakai guru akan membantu peserta ajar yang memiliki gaya berguru visual.

b. Media pembelajaran yang dipakai guru seharusnya dibarengi dengan gambar bergerak atau animasi di setiap slide PowerPoint perihal bahan pengembangan yang relevan dengan bahan pembelajaran.

c. Media pembelajaran yang digunakan guru sebaiknya diikuti dengan gambar yang berhubungan dengan bahan pembelajaran karena akseptor didik masih berpikir kasatmata.

d. Media pembelajaran yang dipakai guru semestinya diikuti dengan gambar bergerak atau animasi di setiap slide PowerPoint agar mempesona perhatian penerima asuh pada gambar tersebut.

e. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru akan menolong penerima latih untuk mengerti konsep dari bahan pembelajaran secara menyeluruh.

45. Saat pembelajaran puisi pada umumnya penerima bimbing cuma menciptakan dan membacakan puisi saja tetapi jarang sekali diberikan kesempatan untuk menganggap puisi tersebut, sehingga akseptor bimbing tidak mengenali keunggulan dan kekurangan puisi tersebut. Media pembelajaran di Sekolah Dasar yang relevan untuk pembelajaran “apresiasi puisi” ialah…

a. Pembelajaran akan lebih efektif ketika puisi tersebut ditayangkan di papan tulis.

b. Pembelajaran akan lebih efektif ketika puisi ditayangkan memakai projektor untuk mengapresiasi puisi.

c. Pembelajaran akan lebih efektif dikala memakai tayangan video untuk mengapresiasi puisi.

d. Pembelajaran akan lebih efektif saat membaca pribadi puisi untuk mengapresiasi puisi.

e. Pembelajaran akan lebih efektif ketika menggunakan earphone untuk mengapresiasi puisi.

46. Penyampaian materi pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan TIK selaku penunjang atau penunjang pembelajaran untuk memotivasi peserta asuh dalam berguru. Salah satu perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan yaitu KAHOOT atau Quiziz. Sebagai seorang guru, apa yang mau Anda kerjakan dikala memakai aplikasi tersebut?

a. Menyampaikan bahan pembelajaran memakai kedua aplikasi tersebut untuk mengembangkan motivasi mencar ilmu peserta bimbing.

b. Menyampaikan bahan pembelajaran menggunakan aplikasi KAHOOT dan melakukan evaluasi menggunakan aplikasi Quiziz untuk mempermudah guru.

c. Menyampaikan bahan pembelajaran memakai aplikasi KAHOOT untuk mengembangkan motivasi berguru akseptor latih.

d. Menyampaikan bahan pembelajaran menggunakan aplikasi Quiziz untuk meningkatkan motivasi belajar penerima asuh.

e. Melakukan penilaian hasil mencar ilmu penerima didik menggunakan aplikasi KAHOOT dan Quiziz untuk memudahkan guru.

47. Materi pembelajaran di Sekolah Dasar yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran “melalui memperhatikan benda-benda di sekeliling kelas, peserta asuh mampu memperlihatkan dua benda berbentuk kubus” yaitu …

a. Materi pembelajaran memuat rancangan, prinsip, dan mekanisme wacana kubus secara lengkap dan mendetail.

b. Materi pembelajaran paling tidak menampung kekuatan dan kekurangan akseptor didik Ketika mencar ilmu perihal berdiri ruang berupa kubus.

c. Materi pembelajaran menampung paling t

idak rancangan ihwal kubus.

d. Materi pembelajaran memuat paling tidak pinsip perihal rumus volume kubus.

e. Materi pembelajaran menampung paling tidak fakta ihwal benda-benda berupa kubus

48. Seorang guru akan menyusun LKPD yang dilengkapi dengan materi utama dan materi perhiasan untuk penerima ajar dengan tujuan supaya mereka mampu membandingkan wawasan yang didapatkan dengan bahan pembelajaran yang terdapat dalam LKPD. Bagaimanakah usulan Anda ihwal LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut?

a. LKPD tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi peserta ajar yang pada umumnya dilengkapi dengan banyak sekali pertanyaan untuk

bahan remedial dan pengayaan.

b. Materi pelengkap disuguhkan untuk membantu akseptor didik memperoleh atau mengonstruksi isu atau pengetahuan yang relevan dengan bahan pembelajaran yang sedang dipelajari.

c. Materi aksesori menjadi bahan yang harus dikuasai oleh akseptor ajar secara bertahap untuk menuntun peserta ajar dalam mengerti bahan pembelajaran yang sedang dipelajari.

d. Materi embel-embel disediakan bagi akseptor bimbing selaku pengetahuan baru sehingga mereka mencicipi nilai budpekerti dibalik pengalaman belajar yang dilaluinya yang berfaedah dan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

e. Materi perhiasan dalam LKPD tersebut ditawarkan untuk membekali peserta bimbing dengan bahan pembelajaran yang lebih luas dan berarti sebagai bentuk penguatan dan pengayaan.

49. Seorang guru kelas 5 Sekolah Dasar sudah berbagi LKPD tematik berbasis TIK dalam pembelajaran IPA. Teks LKPD berisi bahan pembelajaran dengan langkah kerja akseptor asuh untuk meningkatkan kemampuan peserta asuh dalam memecahkan problem. Bagaimanakah berdasarkan pendapat Anda perihal LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. Saya tidak setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut alasannya adalah sebaiknya LKPD dikembangkan secara lengkap memuat isu, tujuan, teladan, petunjuk atau langkah kerja, dan hasil kerja.

b. Saya tidak baiklah dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut alasannya adalah sebaiknya memuat banyak gambaran atau gambar untuk memperkuat pengertian penerima didik untuk dapat memecahkan duduk perkara.

c. Saya oke dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena relevan dengan karakteristik penerima bimbing Sekolah Dasar kelas tinggi untuk mampu memecahkan masalah.

d. Saya oke dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut sebab mencakup bahan dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan kesanggupan akseptor didik dalam memecahkan dilema.

e. Saya baiklah dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut alasannya adalah memungkinkan akseptor latih untuk menggali pengetahuan yang lebih luas dan mendalam.

50. Seorang guru sudah menciptakan dan berbagi LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPD Eksperimental yang memuat serangkaian tindakan yang mesti dilakukan dalam pembelajaran dan di dalamnya terdapat aktivitas mengamati dan menganalisis konsep dan bahan pembelajaran. Bagaimanakah menurut pendapat Anda ihwal LKPD pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru menolong membimbing atau memandu penerima latih dalam menyelesaikan tugas mencar ilmu untuk menguasai kompetensi tertentu.

b. LKPD yang sudah dibuat dan dikembangkan oleh guru menolong peserta bimbing memperoleh atau mengonstruksi informasi atau wawasan yang berhubungan dengan bahan pembelajaran yang sedang dipelajari.

c. LKPD yang sudah dibentuk dan dikembangkan oleh guru menolong penerima didik dalam melaksanakan peran belajar secara mampu berdiri diatas kaki sendiri dan aktif serta mampu memotivasi berguru mereka.

d. LKPD yang telah dibentuk dan dikembangkan oleh guru membantu mengembangkan rasa ingin tahu, sikap kritis, dan inisiatif penerima asuh dalam menemukan dan mengolah wawasan yang mereka dapatkan.

e. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru menolong penerima didik dalam memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

51. Seorang guru kelas 5 telah melaksanakan pembelajaran tematik wacana tema Ekosistem berbantuan TIK. Selama pembelajaran berjalan, guru meminta peserta latih untuk membuat suatu iklan di komputer masing-masing supaya peserta ajar mampu mengetahui pelajaran lebih mendalam dan berkesan. Bagaimanakah berdasarkan usulan anda tentang pembelajaran yang telah dilakukan tersebut?

a. Guru keliru melakukan pembelajaran berbasis TIK karena pembelajaran tersebut akan menciptakan peserta asuh menjadi pasif.

b. Guru keliru melakukan pembelajaran alasannya tidak menerangkan bahan tentang TIK kepada akseptor ajar.

c. Guru tepat melaksanakan pembelajaran sebab sudah menempatkan TIK sesuai dengan kiprahnya sebagai alat bantu pembelajaran.

d. Guru sempurna melaksanakan pembelajaran tersebut karena telah memakai TIK selama pembelajaran berlangsung.

e. Guru keliru melaksanakan pembelajaran alasannya adalah TIK sudah menggantikan tugas guru secara keseluruhan.

52. Penerapan pembelajaran tematik berbasis TIK tidak mampu lepas dari prinsip-prinsipnya. Salah satu prinsip pembelajaran tematik ialah prinsip fleksibel, dimana prinsip ini bersifat luwes dimana guru mampu mengaitkan bahan dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain. Fungsi TIK yang paling relevan dengan prinsip fleksibel menurut pernyataan di atas yaitu …

a. TIK mampu membantu guru mendesain situasi didaktis yang mengaktifkan penerima asuh selama pembelajaran dan TIK mampu memfasilitasi penerima asuh untuk melaksanakan acara belajarnya.

b. TIK dapat membantu akseptor latih untuk melakukan repersonalisasi atau melaksanakan pengalaman berguru yang aktif dan menolong guru untuk memantau proses dan hasil mencar ilmu penerima asuh.

c. TIK mampu membantu guru menyediakan stimulus yang kontekstual biar peserta bimbing mampu mengaitkan banyak sekali konsep atau materi pembelajaran dengan stimulus tersebut.

d. TIK dapat menciptakan pembelajaran makin menarik dan memotivasi penerima asuh untuk belajar.

e. TIK mampu membuat pembelajaran kian mengasyikkan dan memotivasi akseptor asuh untuk mencar ilmu sesuai dengan minatnya.

53. Dalam proses pembelajaran, guru selalu menggunakan media pembelajaran berbasis aplikas

i sehingga menciptakan peserta ajar menjadi ketergantungan. Apakah yang hendak Anda lakukan selaku guru untuk mengatasi hal tersebut?

a. Guru tidak perlu menggunakan aplikasi selaku media pembelajaran alasannya berbahaya bagi peserta didik.

b. Guru harus memakai media pembelajaran yang variatif pada setiap pembelajaran.

c. Guru tidak acuh akan hal itu karena yang terpenting ialah tujuan pembelajaran tercapai.

d. Guru hanya menggunakan aplikasi yang guru miliki di komputer miliknya dalam proses pembelajaran.

e. Guru harus menawarkan media pembelajaran berbasis aplikasi pada setiap pembelajaran.

54. Seorang guru kelas telah berbagi LKPD pembelajaran berb

asis TIK dengan jenis LKPD Eksperimental yang digunakan pada mata pelajaran IPA di SD kelas 4 yang mengandung sedikit petunjuk, alat dan bahan, serta tindakan kerja yang di susun secara sistematis dan terorganisir untuk memandu peserta ajar dalam melakukan eksperimen atau praktikum tertentu. Bagaimanakah menurut pendapat Anda perihal LKPD pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. LKPD yang dikembangkan oleh guru menghalangi peserta asuh dalam mendapatkan hasil eksperimen yang telah dilaksanakan.

b. LKPD yang dikembangkan oleh guru berfungsi untuk menyebarkan pengertian penerima asuh terhadap suatu pelajaran.

c. LKPD yang dikembangkan oleh guru sangat cocok untuk dipakai dalam pembelajaran di SD khususnya untuk menggali pengetahuan konseptual

d. LKPD yang dikembangkan oleh guru memungkinkan akseptor asuh berpikir secara ilmiah dan menggali sendiri wawasan.

e. LKPD yang dikembangkan oleh guru tidak cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran di SD terutama untuk menggali wawasan positif dan konseptual.

55. Berikut yang ialah cara mendesain acara remedial berdasarkan gosip hasil penilaian pada faktor wawasan adalah …

a. Metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan sistem pembelajaran yang sudah diterapkan sebelumnya.

b. Memberi tutorial secara individual bila terdapat beberapa peserta bimbing yang mengalami kesusahan yang sama

c. Metode pembelajaran yang dipraktekkan diadaptasi dengan kesulitan belajar akseptor latih.

d. Memberi bimbingan dengan memanfaatkan tutor sebaya yang juga merupakan penerima asuh yang harus diremedial baik secara individu maupun kalangan.

e. Memberi panduan secara kelompok jika terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesusahan mencar ilmu yang berlawanan.

56. Sebelum memulai aktivitas pembelajaran, guru merencanakan aneka macam buku yang berisi ceritacerita hikmah dan merencanakan video berisi film edukasi yang mau ditayangkan di kelas. Dua bagian tersebut dikaitkan dengan kebutuhan belajar peserta asuh dikala guru memberikan bahan pembelajaran. Hal tersebut di atas termasuk tahap kegiatan sistematis dalam menyebarkan materi latih berbasis TIK, yaitu ….

a. Analisis sumber belajar

b. Analisis bahan pembelajaran

c. Penentuan jenis serta judul materi didik

d. Analisis kompetensi

e. Analisis media berguru

57. Pak Nandi ingin menerapkan pembelajaran berdasarkan pada Teori Bruner pada materi penjumlahan dua buah bilangan lingkaran 4 + 2. Secara garis besar, urutan pembelajaran yang dapat dikerjakan oleh pak Nandi yaitu …

a. Menyimbolkan (menuliskan) operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis, menggambarkan model penghapus di papan tulis, dilanjutkan dengan menggunakan benda faktual (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta mengkalkulasikan semua penghapus.

b. Menggunakan benda kasatmata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), siswa diminta menghitung semua penghapus, kemudian menggambarkan model penghapus di papan tulis, berikutnya menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis.

c. Menggunakan benda kasatmata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), siswa diminta menjumlah semua penghapus, lalu menyimbolkan dalam bentuk bilangan, berikutnya menggambarkan versi penghapus di papan tulis.

d. Menggambarkan versi gambar penghapus di papan tulis, memakai benda aktual (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta menghitung semua penghapus, berikutnya menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis.

e. Menggambarkan model gambar penghapus di papan tulis, menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis, berikutnya menggunakan benda nyata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta mengkalkulasikan semua penghapus.

58. Perhatikan pergantian materi dalam kehidupan sehari-hari berikut. (1) es mencair (2) lilin menyala (3) iodium menyublim (4) besi berkarat (5) fermentasi karbohidrat Perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor . . . .

a. (1), (2), dan (4)

b. (1), (3), dan (5)

c. (1), (4), dan (5)

d. (2), (3), dan (4)

e. (2), (4), dan (5)

59. Mekanisma pernapasan manusia terjadi sebab efek kontraksi dan relaksasi otot tulang rusuk dan otot diafragma. Pemasukan udara pernapasan terjadi apabila ….

a. otot antar tulang rusuk dalam dan otot diafragma berkontraksi

b. otot perut dan otot antar tulangrusuk luar berkontraksi

c. otot antar tulangrusuk luar dan otot diafragma berkontraksi

d. otot diafragma berkontraksi dan otot antar tulangrusuk luar berelaksasi

e. otot dinding perut dan otot diafragma berkontraksi

60.

A. (2) dan (3)

B. (1) dan (3)

C. (1) dan (4)

D. (1) dan (2)

E. (2) dan (4)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel