5. Teks ini berdasarkan Trim (2014) adalah teks yang disusun berdasarkan data valid perihal pengetahuan tanpa menghemat isi data tersebut. Pengertian tersebut menandakan definisi dari…
A. Teks fiksi
B. Teks nonfiksi
C. Teks faksi
D. Teks nonfaksi
E. Teks opini
6. 1). Berisi penguatan kembali topik 2). Berisi penekanan kembali topik yang terdapat pada thesis statement 3). Ringkasan isi topik yang telah dibahas Hal tersebut memperlihatkan tolok ukur esai yang terdapat dalam struktur….
A. Pendahuluan
B. Tesis statement
C. Bagian inti
D. Ringkasan
E. Kesimpulan
7. Di bawah ini merupakan karakteristik guru dalam pembelajaran sastra, kecuali…
A. Memahami kerakteristik peserta asuh meliputi tingkat apresiasi, minat, talenta, aspirasi, dan kesusahan
B. Sebagai pendidik seorang guru mesti menguasai bahasa (sederhana, aktual) dan isi berhubungan dengan kehidupan anak
C. Memahami sejarah dan teori sastra Indonesia
D. Memiliki apresiasi sastra yang tinggi, baik sastra Indonesia, sastra tempat, maupun gila
E. Memiliki kesanggupan pengelolaan kelas
8. Pada tanggal 25 Februari 2019, Ani, Rina, dan Putri pergi les menggambar gotong royong. Jika Ani pergi les menggambar setiap 5 hari sekali, Rina setiap 4 hari sekali, dan Putri setiap 6 hari sekali, maka mereka akan pergi les menggambar bahu-membahu lagi pada tanggal ….
0/1
a. 23 April 2019
b. 24 April 2019
c. 25 April 2019
d. 26 April 2019
e. 27 April 2019
9. Sebuah pekerjaan perbaikan jalan dijadwalkan tamat dalam waktu 60 hari oleh 20 orang pekerja. Setelah 12 hari bekerja, pekerjaan terhenti selama 8 hari. Jika kemampuan bekerja setiap pekerja dianggap sama dan semoga pembangunan akhir sempurna waktu, banyak pekerja pelengkap yang dibutuhkan yakni….
a. 4 pekerja
b. 8 pekerja
c. 10 pekerja
d. 12 pekerja
e. 24 pekerja
10. Sebuah tangki air berupa bola dengan diameter 120 cm diisi air 2/3 bab. 1/2 bab air tersebut dipindahkan ke tangki air yang berbentuk tabung dengan diameter 60 cm. Tinggi air pada tangki yang berbentuk tabung yaitu … cm.
a. 106,67
b. 106, 97
c. 116,67
d. 213,37
e. 220
11. Fahmi mengis
i sebuah kolam mandi hingga sarat dengan memakai 8 bejana besar dan 5 baskom kecil. Keesokan harinya Reymond mengisi bak mandi yang serupa dengan 6 baskom besar dan 8 ember kecil. Perbandingan volume ember kecil dan baskom besar yakni ….
a. 2 : 3
b. 3 : 2
c. 2 : 4
d. 2 : 11
e. 3 : 11
12. Sebuah bak mandi yang berskala (60 x 40 x 90) 𝑐𝑚 diisi air sampai penuh. Apabila waktu yang diperlukan untuk mengisi kolam mandi tersebut yaitu 8 menit, debit air untuk mengisi kolam mandi tersebut adalah … 𝑙𝑖𝑡𝑒𝑟/𝑑𝑒𝑡𝑖𝑘.
a. 6,75
b. 4,5
c. 0,81
d. 0,675
e. 0,45
13. Sebuah kubus ABCD.EFGH memiliki panjang rusuk 8 cm. AH dan BG yaitu diagonal bidang kubus ABCD.EFGH. Luas ABGH ialah … 𝑐𝑚2.
a. 16
b. 16√2
c. 64
d. 64√2
e. 128
14. Dua buah bus antar provinsi berangkat dari terminal dan menuju kota yang serupa. Bus A berangkat pukul 15.00 dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Bus B berangkat pukul 17.30 dengan kecepatan rata-rata 75 km/jam. Apabila bus B melalui rute yang sama mirip rute bus A, bus B akan menyusul bus A pada pukul ….
a. 01.00
b. 01.30
c. 03.00
d. 03.30
e. 05.30
15. Sebuah foto ditempelkan pada pigura yang berukuran panjang 45 cm dan lebar 30 cm. Jarak foto dengan tepi atas, tepi kanan, dan tepi kiri 5 cm. Jika pigura 256 dan foto sebangun, maka jarak foto dengan tepi bawah pigura yang tidak tertutup foto yaitu … cm.
a. 5
b. 7
c. 8
d. 10
e. 12
16. Nilai rata-rata tes matematika dari sekelompok siswa dan siswi pada kelas ialah 5 dan 7. Jika rata-rata nilai tes matematika kelas tersebut ialah 6,2; maka perbandingan banyak siswa dan siswi di kelas tersebut yakni ….
a. 2 : 3
b. 3 : 4
c. 2 : 5
d. 3 : 5
e. 4 : 5
17. Salah satu akar persamaan kuadrat 𝑚𝑥2 − 3𝑥 + 2 − 0 adalah dua kali akar yang lain. Nilai 𝑚 yang menyanggupi per samaan kuadrat tersebut yakni ….
a. 3
b. 2
c. 1
d. 0
e. -1
18. Rumus suku ke-n dari barisan -4, -1, 2, 5, …. yaitu ….
a. 3𝑛 − 1
b. 3𝑛 + 1
c. 3𝑛 − 4
d. 3𝑛 − 7
e. 3𝑛 + 7
19. Penerapan sistem ilmiah dalam setiap acara ilmiah di sekolah memiliki banyak tujuan. Misal acara sains banyak diaplikasikan atau dipraktekkan dalam kehidupan sehari- hari. Hal tersebut bertujuan untuk…..
a. Menumbuhkan perilaku kritis dan objektif
b. Menumbuhkan rasa ingin tahu
c. Kesejahteran dan membuat lebih mudah kerja insan
d. Menciptakan ilmu pengetahuan
e. Mencakup insiden kerja manusi
20. Pengaruh pupuk urea terhadap kemajuan tumbuhan Leguminoca, selaku variabel kontrolnya ialah …..
a. Kadar pupuk urea
b. Pertumbuhan tumbuhan
c. Perlakuan di daerah jelas
d. Perlakuan di kawasan gelap
e. Perlakuan tanpa pupuk urea
21.
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
e. (4) dan (5)
22. Bila resultan gaya yang melakukan pekerjaan pada sebuah benda sama dengan nol, maka pernyataan di bawah ini yang benar ialah….
a. Kecepatan selalu tetap meski waktunya berubah-ubah
b. Percepatannya selalu tetap meski waktunya berubah-ubah
c. Kecepatannya senantiasa berubah-ubah meski waktunya tetap
d. Percepatannya selalu berubah-ubah meski waktunya tetap
e. Percepatannya senantiasa tetap meski kecepatannya berganti-ubah
23. Sebuah benda yang semula diam bergerak dengan percepatan tetap selama 10 sekon. Jika jarak yang ditempuh 100 m dan massa benda 5 kg, maka besar gaya yang melakukan pekerjaan adalah…
a. 40 N
b. 20 N
c. 50 N
d. 10 N
e. 30 N
24. Terdapat dua proses peredaran darah pada manusia yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Peredaran darah kecil pada manusia yang benar adalah ….
a. bilik kanan → vena pulmonalis → paru-paru → arteri pulmonalis →serambi kanan
b. bilik kanan → arteri pulmonalis → paru-paru → vena pulmonalis→serambi kiri
c. bilik kiri → vena pulmonalis → paru-paru → arteri pulmonalis →serambikanan
d. bilik kiri→ arteri pulmonalis → paru-paru→ vena pulmonalis → serambikanan
e. bilik kanan → arteripulmonalis → paru -paru → vena pul monalis → serambi kanan
25. Sebuah kendaraan beroda empat melaju dengan kecepatan permulaan 20 m/s, mobil tersebut dipercepat konstan setiap sekon memperbesar komplemen kecepatan 2 m/s. Berapakah kecepatan kendaraan beroda empat tersebut setelah bergerak 20 sekon ?
a. 40 m/s
b. 15 m/s
c. 49 m/s
d. 60 m/s
e. 10 m/s
26.
a. 1, 2, 3
b. 1, 3
c. 2, 4
d. 4 saja
e. Tidak ada yang benar
27. Gerhana terjadi dikala posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Oleh Karenanya, gerhana matahari ataupun bulan hanya terjadi kalau kedua peristiwa ini terjadi berdekatan. Terjadinya gerhana matahari disebabkan oleh …
a. Kedudukan bumi terletak antara bulan dan matahari
b. Kedudukan bulan terletak antara bumi dan matahari
c. Kedudukan matahari terletak antara bulan dan bumi
d. Kedudukan matahari di atas bumi dan bulan
e. Kedudukan matahari terletak bumi dan bumi
28. Fenomena yang terjadi pada pada gerhana di bawah ini adalah…… Gambar : Matahari > Bulan > Bumi
a. Cahaya matahari yang sampai ke bumi terhalangi oleh bulan sehingga terjadi gerhana bulan.
b. Cahaya matahari yang sampai ke bumi terhalangi oleh bulan sehingga terjadi gerhana matahari
c. Cahaya matahari yang hingga ke bulan terhalangi oleh bumi
d. Cahaya matahari mampu berfenetrasi sarat
e. Energi matahari yang sampai ke bumi tidak pernah habis
29.
a. i dan ii
b. i dan iii
c. ii dan iv
d. iii dan iv
e. ii dan iii
30. Perhatikan gambar berikut: Matahari : Bumi : Umbra : Penumbra : Bulan Apabila kedudukan bulan, bumi dan matahari terlihat seperti pada gambar di atas, maka terjadi insiden . . .
a. Gerhana bulan sebagian
b. Gerhana bulan total
c. Gerhana matahari
d. Sebagian gerhana matahari total
e. Sebagian gerhana bulan total
31. Sebuah benda dengan berat 1800 N akan dinaikkan ke ketinggian 2,5 m. Jika keuntungan mekanis yang diharapkan yakni 6 , berapakah jarak yang ditempuh benda pada bidang miring dan kuasa yang diharapkan untuk mendorong benda tersebut ?
a. 200 N
b. 360 N
c. 300 N
d. 100 N
e. 50 N
32. Manusia saling berinteraksi satu sama lain. Hubungan ini menjadi bab yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan insan sebagai makhluk sosial. Segala langkah-langkah dan sikap insan yang ada di masyarakat ini tertuju untuk mendapatkan relasi sosial berupa ….
A. pertahanan hidup
< span style=”font-family: arial;”>B. saling berkomunikasi
C. kepuasan pergaulan dengan orang lain
D. bantuan dari orang lain
E. pemenuhan pangan, sandang dan papan
33. Manusia berinteraksi dengan yang lainnya. Keterjalinannya membentuk relasi timbal balik yang saling menguntungkan. Terpenuhi segala kebutuhan yakni bab dari keterhubungan ini. Keterhubungan ini terjalin atas ….
A. asas sosialitas
B. asas moralitas
C. asas individualitas
D. asas potensialitas
E. asas humanitas
34. Kesehatan masyarakatterperhatikan dengan baik. Tingkat kemiskinan bertahap tertangani secara komprehensif. Produktivitas pembangunan pun berlangsung sesuai dengan apa yang direncanakan. Kondisi inilah bagian dari citra kemajuan penduduk yang baik di sebuah wilayah yang ditandai dengan adanya….
A. banyaknya angka ajal
B. banyaknya angka kelahiran
C. meningkatnya migrasi
D. pengendalian jumlah akhir hayat
E. persebaran yang merata
35. Berkas dan catatan kependudukan bab dari dokumen penting sebuah daerah. Petugas mendata setiap bagian yang terkait dengan masyarakatSensus de jure yang dilakukan petugas ini yaitu bagian dari sensus kepada….
A. warga negara gila yang ditemui petugas
B. warga masyarakat yang ditemui petugas sensus
C. setiap penduduk berdasarkan data daerah
D. semua penduduk yang ditemui petugas sensus
36. Persaingan ekonomi diantara produsen menyebabkan penetapan harga yang kompetitif. Varian dalam barang hasil buatan pun terus menerus ditingkatkan guna bersaing dalam penjualan produk. Agar seuatu barang menjadi barang ekonomi, maka beliau harus … diperdagangkan di pasar bebas.
A. dibuat secara individual dan tidak secara lazim
B. dibuat secara efisien
C. diproduksi secara langka
D. dijual dengan harga yang sangat murah
37. Ilmu wawasan terapan yakni ilmu wawasan yang mempunyai tujuan untuk memakai sekaligus menerapkan ilmu pengetahuan tersebut pada penduduk untuk membantu menanggulangi berbagai persoalan yang dihadapi. Ilmu wawasan dijadikan selaku sarana untuk membuat lebih mudah insan dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Berdasarkan kondisitersebut maka ….
A. ilmu wawasan terapan untuk menghasilkan alat
B. wawasan yang disusun secara sistematis
C. buatan barang dengan menggunakan tenaga mesin
D. ilmu wawasan pengetahuan yang menempel pada diri manusia
E. wawasan yang diperoleh dari lingkungan
38. Para guru ketika inisadar bahwa memiliki skill ( kesanggupan ) dibidang teknologi isu dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Oleh sebab itu para guru sekarang banyak yang sudah menguasai teknologi isu dan multimedia untuk mencari bahan ajar. Penyampaian bahan pun tidak hanya dengan metode ceramah saja namun juga dengan memperlihatkan slide dan video yang mempesona. Dari penjelasan tersebut tindakan para guru untuk mampu menguasai teknologi info dan multimedia tersebut termasuk dalam ….
A. tradisional
B. rasional berorientasi nilai
C. rasional instrumental
D. afeksi
E. emosional
39. Teknologi yang diciptakan oleh manusia selain membuat lebih mudah manusia dalam melakukan aktivitasnya juga mampu menimbulkan persoalan sosial mirip pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan yang terjadimenambah dilema sosial kian kompleks untuk diselesaikan. Upayamasyarakat untuk meminimalisir problem sosial tersebut ialah ….
A. mendesain pembangunan tata ruang kota yang ramah lingkungan
B. memperbanyak jumlah tenaga kerja
C. menyosialisasikan dampak pencemaran lingkungan
D. menggunakan teknologi sesuai kebutuhan
E. memberi hukuman kepada orang yang membuang sampah sembara
40.
A. 1A, 2B dan 3C
B. 1A, 3B dan 2C
C. 2A, 1B dan 1C
D. 3A, 2B dan 2C
E. 3A, 3B dan 3C
41. Pancasila berkedudukan selaku sumber nilai dan dasar negara. Dua kedudukan Pancasila tersebut sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Berkaitan dengan hal tersebut, makna kedudukan Pancasila selaku sumber nilai dan dasar negara yaitu … .
A. selaku sumber nilai, Pancasila ialah dasar budbahasa kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan contoh bagi Kepala Daerah dalam membuat kebijakan mancanegara
B. selaku sumber nilai, Pancasila ialah landasan moral bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan selaku dasar negara, Pancasila ialah dasar pembentukan norma aturan
C. selaku sumber nilai, Pancasila ialah landasan etika bagi pemerintah dalam memutuskan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan selaku dasar negara, Pancasila merupakan dasar pembentukan aneka macam peraturan tempat
D. selaku sumber nilai, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan landasan sopan santun bagi pemerintah dalam memutuskan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara
E. sebagai sumber nilai, Pancasila ialah dasar budpekerti kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan selaku dasar negara, Pancasila merupakan teladan bagi Kepala Daerah dalam menciptakan kebijakan luar negeri
42. Demi kelangsungan kehidupan diperlukan berbagai nilai sosial, Notonagoro membagi nilai-nilai sosial demi menunjang kelangsungan hidupnya kedalam : nilai material, nilai vital, dan nilai rohani. Nilai vital berhubungan dengan ….
A. Nilai sosial yang memiliki kegunaan bagi meneuhi kebutuhan rohani atau spiritual insan yang sifatnya lebih universal atau biasa .
B. Nilai sosial yang memiliki kegunaan bagi acara atau aktivitas manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.
C. Nilai sosial yang berguna bagi jasmani insan, tergolong benda-benda nyata yang mampu dimanfaatka bagi pemenuhan kebutuhan fisik.
D. Merupakan nilai ketuhanan yang mengandung satu kepercayaan atau dogma oleh manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
E. Nilai yang berkaitan dengan perasaan dan jiwa keindahan insan, atau sering juga disebut sebagai nilai estetika.
43. Berikut merupakan pernyataan yang tepat perihal bahan didik tematik berbasis TIK untuk pembelajaran remedial di Sekolah Dasar kelas permulaan yaitu …
a. Bahan asuh menampung fakta, konsep, prinsip, dan prosedur seperti materi ajar pokok dalam pembelajaran harian dengan mengintegrasikan TIK.
b. Bahan ajar dikembangkan untuk setiap mata pelajaran yang terikat pada tema pembelajaran menggunakan bantuan TIK.
c. Bahan bimbing dibungkus secara tematik dengan memadukan seluruh mata pelajaran yang terikat pada tema dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.
d. Bahan latih memuat rancangan tentang TIK dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
e. Bahan didik dibungkus secara lebih mendalam dan meluas berbasis tema yang memadukan seluruh mata pelajaran dengan mempergunakan TIK selaku alat penunjang pembelajaran.
44. Seorang guru kelas 2 menggunakan media pembelajaran berbentukslide PowerPoint yang diproyeksikan memakai proyektor. Slide tersebut cuma terdiri atas teks berbentuk tulisan saja tanpa diikuti gambar. Bagaimanakah menurut usulan Anda mengenai media pembelajaran yang digunakan guru tersebut?
a. Media pembelajaran yang digunakan guru akan menolong peserta latih yang mempunyai gaya berguru visual.
b. Media pembelajaran yang dipakai guru semestinya dibarengi dengan gambar bergerak atau animasi di setiap slide PowerPoint ihwal materi pengembangan yang berkaitan dengan bahan pembelajaran.
c. Media pembelajaran yang digunakan guru seharusnya dibarengi dengan gambar yang berhubungan dengan materi pembelajaran karena peserta ajar masih berpikir konkret.
d. Media pembelajaran yang digunakan guru semestinya disertai dengan gambar bergerak atau animasi di setiap slide PowerPoint agar menarik perhatian akseptor ajar pada gambar tersebut.
e. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru akan membantu peserta ajar untuk memahami konsep dari bahan pembelajaran secara menyeluruh.
45. Saat pembelajaran puisi pada umumnya penerima latih hanya menciptakan dan membacakan puisi saja tetapi jarang sekali diberikan potensi untuk menganggap puisi tersebut, sehingga peserta latih tidak mengenali kelebihan dan kelemahan puisi tersebut. Media pembelajaran di Sekolah Dasar yang relevan untuk pembelajaran “apresiasi puisi” ialah…
a. Pembelajaran akan lebih efektif dikala puisi tersebut ditayangkan di papan tulis.
b. Pembelajaran akan lebih efektif dikala puisi ditayangkan menggunakan projektor untuk mengapresiasi puisi.
c. Pembelajaran akan lebih efektif ketika menggunakan tayangan video untuk mengapresiasi puisi.
d. Pembelajaran akan lebih efektif saat membaca eksklusif puisi untuk mengapresiasi puisi.
e. Pembelajaran akan lebih efektif ketika memakai earphone untuk mengapresiasi puisi.
46. Penyampaian bahan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan menggunakan TIK sebagai penunjang atau penunjang pembelajaran untuk memotivasi peserta ajar dalam belajar. Salah satu perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan yakni KAHOOT atau Quiziz. Sebagai seorang guru, apa yang hendak Anda kerjakan ketika menggunakan aplikasi tersebut?
a. Menyampaikan bahan pembelajaran menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar peserta latih.
b. Menyampaikan bahan pembelajaran menggunakan aplikasi KAHOOT dan melaksanakan penilaian memakai aplikasi Quiziz untuk memudahkan guru.
c. Menyampaikan materi pembelajaran memakai aplikasi KAHOOT untuk memajukan motivasi berguru akseptor didik.
d. Menyampaikan bahan pembelajaran memakai aplikasi Quiziz untuk memajukan motivasi berguru peserta bimbing.
e. Melakukan penilaian hasil belajar akseptor didik menggunakan aplikasi KAHOOT dan Quiziz untuk memudahkan guru.
47. Materi pembelajaran di Sekolah Dasar yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran “melalui mengamati benda-benda di sekeliling kelas, peserta asuh mampu memberikan dua benda berbentuk kubus” yaitu …
a. Materi pembelajaran menampung desain, prinsip, dan prosedur perihal kubus secara lengkap dan mendetail.
b. Materi pembelajaran paling tidak menampung kekuatan dan kelemahan peserta didik Ketika mencar ilmu wacana bangun ruang berbentuk kubus.
c. Materi pembelajaran menampung paling tidak rancangan ihwal kubus.
d. Materi pembelajaran memuat paling tidak pinsip perihal rumus volume kubus.
e. Materi pembelajaran menampung paling tidak fakta ihwal benda-benda berupa kubus
48. Seorang guru akan menyusun LKPD yang dilengkapi dengan materi utama dan materi embel-embel untuk akseptor didik dengan tujuan semoga mereka mampu membandingkan pengetahuan yang didapatkan dengan bahan pembelajaran yang terdapat dalam LKPD. Bagaimanakah pertimbangan Anda perihal LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut?
a. LKPD tersebut mampu dijadikan selaku sumber mencar ilmu bagi penerima didik yang kebanyakan dilengkapi dengan banyak sekali pertanyaan untukmateri remedial dan pengayaan.
b. Materi pelengkap disuguhkan untuk membantu akseptor latih memperoleh atau mengonstruksi berita atau wawasan yang berhubungan dengan bahan pembelajaran yang sedang dipelajari.
c. Materi suplemen menjadi bahan yang mesti dikuasai oleh peserta latih secara bertahap untuk menuntun peserta latih dalam mengerti materi pembelajaran yang sedang dipelajari.
d. Materi perhiasan ditawarkan bagi akseptor bimbing selaku wawasan gres sehingga mereka mencicipi nilai moral dibalik pengalaman berguru yang dilaluinya yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
e. Materi aksesori dalam LKPD tersebut ditawarkan untuk membekali peserta bimbing dengan bahan pembelajaran yang lebih luas dan memiliki arti selaku bentuk penguatan dan pengayaan.
49. Seorang guru kelas 5 Sekolah Dasar telah mengembangkan LKPD tematik berbasis TIK dalam pembelajaran IPA. Teks LKPD berisi materi pembelajaran dengan langkah kerja penerima ajar untuk mengembangkan kesanggupan peserta asuh dalam memecahkan duduk perkara. Bagaimanakah berdasarkan usulan Anda wacana LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?
a. Saya tidak setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut sebab sebaiknya LKPD dikembangkan secara lengkap memuat berita, tujuan, pola, petunjuk atau langkah kerja, dan hasil kerja.
b. Saya tidak oke dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut alasannya semestinya memuat banyak ilustrasi atau gambar untuk memperkuat pengertian penerima bimbing untuk mampu memecahkan persoalan.
c. Saya setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut alasannya adalah berhubungan dengan karakteristik penerima bimbing SD kelas tinggi untuk mampu memecahkan masalah.
d. Saya setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut alasannya adalah meliputi materi dan langkah-langkah pembelajaran yang mampu mengembangkan kesanggupan peserta ajar dalam memecahkan persoalan.
e. Saya baiklah dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut alasannya memungkinkan peserta didik untuk menggali pengetahuan yang lebih luas dan mendalam.
50. Seorang guru sudah membuat dan menyebarkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPD Eksperimental yang memuat serangkaian tindakan yang harus dikerjakan dalam pembelajaran dan di dalamnya terdapat acara mengamati dan menganalisis desain dan materi pembelajaran. Bagaimanakah menurut usulan Anda tentang LKPD pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?
a. LKPD yang sudah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu membimbing atau memandu penerima bimbing dalam menyelesaikan tugas belajar untuk menguasai kompetensi tertentu.
b. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru menolong peserta latih mendapatkan atau mengonstruksi isu atau pengetahuan yang relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari.
c. LKPD yang sudah dibentuk dan dikembangkan oleh guru menolong peserta ajar dalam melaksanakan tugas berguru secara berdikari dan aktif serta dapat memotivasi berguru mereka.
d. LKPD yang telah dibentuk dan dikembangkan oleh guru membantu memajukan rasa ingin tahu, sikap kritis, dan inisiatif penerima bimbing dalam memperoleh dan mengolah pengetahuan yang mereka peroleh.
e. LKPD yang sudah dibentuk dan dikembangkan oleh guru menolong akseptor latih dalam memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari.
51. Seorang guru kelas 5 telah melaksanakan pembelajaran tematik tentang tema Ekosistem berbantuan TIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru meminta akseptor latih untuk menciptakan sebuah iklan di komputer masing-masing semoga peserta didik mampu mengetahui pelajaran lebih mendalam dan berkesan. Bagaimanakah menurut pendapat anda tentang pembelajaran yang sudah dilakukan tersebut?
a. Guru keliru melakukan pembelajaran berbasis TIK karena pembelajaran tersebut akan membuat akseptor latih menjadi pasif.
b. Guru keliru melaksanakan pembelajaran alasannya adalah tidak menjelaskan bahan tentang TIK kepada peserta didik.
c. Guru sempurna melaksanakan pembelajaran dikarenakan telah menempatkan TIK sesuai dengan perannya selaku alat bantu pembelajaran.
d. Guru sempurna melakukan pembelajaran tersebut sebab sudah memakai TIK selama pembelajaran berlangsung.
e. Guru keliru melakukan pembelajaran sebab TIK sudah mengambil alih peran guru secara keseluruhan.
52. Penerapan pembelajaran tematik berbasis TIK tidak bisa lepas dari prinsip-prinsipnya. Salah satu prinsip pembelajaran tematik yaitu prinsip fleksibel, dimana prinsip ini bersifat luwes dimana guru mampu mengaitkan bahan dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Fungsi TIK yang paling berhubungan dengan prinsip fleksibel menurut pernyataan di atas yakni …
a. TIK dapat membantu guru merancang situasi didaktis yang mengaktifkan penerima didik selama pembelajaran dan TIK mampu memfasilitasi akseptor latih untuk melaksanakan kegiatan belajarnya.
b. TIK dapat menolong penerima latih untuk melakukan repersonalisasi atau melaksanakan pengalaman belajar yang aktif dan membantu guru untuk mengawasi proses dan hasil belajar penerima ajar.
c. TIK dapat menolong guru menawarkan stimulus yang kontekstual semoga peserta bimbing dapat mengaitkan banyak sekali desain atau materi pembelajaran dengan stimulus tersebut.
d. TIK mampu menciptakan pembelajaran makin menarik dan memotivasi akseptor didik untuk belajar.
e. TIK mampu membuat pembelajaran semakin menyenangkan dan memotivasi peserta bimbing untuk belajar sesuai dengan minatnya.
53. Dalam proses pembelajaran, guru selalu menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi sehingga menciptakan akseptor ajar menjadi ketergantungan. Apakah yang hendak Anda lakukan selaku guru untuk menanggulangi hal tersebut?
a. Guru tidak perlu memakai aplikasi selaku media pembelajaran karena berbahaya bagi penerima ajar.
b. Guru mesti menggunakan media pembelajaran yang variatif pada setiap pembelajaran.
c. Guru tidak acuh akan hal itu karena yang terpenting yaitu tujuan pembelajaran tercapai.
d. Guru cuma memakai aplikasi yang guru miliki di komputer miliknya dalam proses pembelajaran.
e. Guru harus menawarkan media pembelajaran berbasis aplikasi pada setiap pembelajaran.
54. Seorang guru kelas sudah membuatkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPD Eksperimental yang dipakai pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar kelas 4 yang mengandung sedikit petunjuk, alat dan bahan, serta tindakan kerja yang di susun secara sistematis dan terencana untuk memandu penerima ajar dalam melakukan eksperimen atau praktikum tertentu. Bagaimanakah menurut usulan Anda ihwal LKPD pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?
a. LKPD yang dikembangkan oleh guru menghalangi peserta didik dalam menerima hasil eksperimen yang telah dilaksanakan.
b. LKPD yang dikembangkan oleh guru berfungsi untuk menyebarkan pengertian akseptor ajar terhadap sebuah pelajaran.
c. LKPD yang dikembangkan oleh guru sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar khususnya untuk menggali wawasan konseptual
d. LKPD yang dikembangkan oleh guru memungkinkan akseptor bimbing berpikir secara ilmiah dan menggali sendiri pengetahuan.
e. LKPD yang dikembangkan oleh guru tidak sesuai untuk dipraktekkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar utamanya untuk menggali wawasan kasatmata dan konseptual.
55. Berikut yang ialah cara mendesain acara remedial menurut informasi hasil penilaian pada aspek pengetahuan yakni …
a. Metode pembelajaran yang dipraktekkan sama dengan tata cara pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya.
b. Memberi panduan secara perorangan bila terdapat beberapa penerima ajar yang mengalami kesusahan yang sama
c. Metode pembelajaran yang diterapkan diadaptasi dengan kesulitan berguru penerima ajar.
d. Memberi bimbingan dengan mempergunakan tutor sebaya yang juga ialah akseptor latih yang harus diremedial baik secara individu maupun kalangan.
e. Memberi panduan secara kelompok bila terdapat beberapa akseptor didik yang mengalami kesulitan belajar yang berbeda.
56. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru menyiapkan aneka macam buku yang berisi ceritacerita pesan tersirat dan merencanakan video berisi film edukasi yang hendak ditayangkan di kelas. Dua komponen tersebut dikaitkan dengan keperluan belajar peserta bimbing saat guru memberikan bahan pembelajaran. Hal tersebut di atas termasuk tahap aktivitas sistematis dalam mengembangkan materi latih berbasis TIK, adalah ….
a. Analisis sumber berguru
b. Analisis materi pembelajaran
c. Penentuan jenis serta judul bahan bimbing
d. Analisis kompetensi
e. Analisis media belajar
57. Pak Nandi ingin menerapkan pembelajaran berdasarkan pada Teori Bruner pada materi penjumlahan dua buah bilangan bulat 4 + 2. Secara garis besar, urutan pembelajaran yang mampu dijalankan oleh pak Nandi yakni …
a. Menyimbolkan (menuliskan) operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis, menggambarkan model penghapus di papan tulis, dilanjutkan dengan menggunakan benda nyata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), lalu siswa diminta menjumlah semua penghapus.
b. Menggunakan benda nyata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), siswa diminta menghitung semua penghapus, kemudian menggambarkan versi penghapus di papan tulis, selanjutnya menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis.
c. Menggunakan benda konkret (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), siswa diminta mengkalkulasikan semua penghapus, lalu menyimbolkan dalam bentuk bilangan, selanjutnya menggambarkan model penghapus di papan tulis.
d. Menggambarkan versi gambar penghapus di papan tulis, menggunakan benda konkret (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta mengkalkulasikan semua penghapus, selanjutnya menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis.
e. Menggambarkan versi gambar penghapus di papan tulis, menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis, berikutnya menggunakan benda positif (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta menjumlah semua penghapus.
58. Perhatikan pergeseran materi dalam kehidupan sehari-hari berikut. (1) es mencair (2) lilin menyala (3) iodium menyublim (4) besi berkarat (5) fermentasi karbohidrat Perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. (1), (2), dan (4)
b. (1), (3), dan (5)
c. (1), (4), dan (5)
d. (2), (3), dan (4)
e. (2), (4), dan (5)
59. Mekanisma pernapasan insan terjadi sebab dampak kontraksi dan relaksasi otot tulang rusuk dan otot diafragma. Pemasukan udara pernapasan terjadi bila ….
a. otot antar tulang rusuk dalam dan otot diafragma berkontraksi
b. otot perut dan otot antar tulangrusuk luar berkontraksi
c. otot antar tulangrusuk luar dan otot diafragma berkontraksi
d. otot diafragma berkontraksi dan otot antar tulangrusuk luar berelaksasi
e. otot dinding perut dan otot diafragma berkontraksi
60.
A. (2) dan (3)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (2)
E. (2) dan (4)