Pendekatan Saintifik: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, dan Pelaksanaan
Pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran tidak terlepas dari pendekatan yang digunakan. Dalam kurikulum 2013, pendekatan yang umum dipakai yaitu pendekatan saintifik.
Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran diartikan selaku titik tolak atau sudut pandang kita kepada proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan perihal terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sungguh umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari tata cara pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
Pengertian Pendekatan Saintifik
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang oleh guru dengan membangun pengertian siswa melalui 5 tahapan
- memperhatikan
- menanya
- menghimpun berita/menjajal
- menalar/mengasosiasi
- membuat kesimpulan dan mengomunikasikan
Maksud dari pendekatan saintifik ialah memberi pengertian terhadap siswa untuk mengenal dan memahami berbagai materi pengetahuan dengan pendekatan ilmiah. Artinya wawasan mampu berasal dari mana saja dan kapan saja tidak bergantung pada wawasan guru saja.
Siswa didorong untuk mencari wawasan dari berbagai sumber. Misalnya buku, majalah, surat kabar, bahkan lingkungan sekitar mereka.
Karakteristik Pendekatan Saintifik
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik mempunyai ciri-ciri khusus diantaranya:
- proses pembelajaran berpusat pada siswa
- menggunakan kemampuan proses sains dalam membangun wawasan
- melibatkan proses kognitif yang merangsang kemajuan intelektual, utamanya keahlian berpikir tingkat tinggi siswa.
- berbagi aksara pada siswa.
Tujuan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
Beberapa tujuan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mencerminkan keunggulan dari pendekatan ini, diantaranya:
- Untuk mengembangkan kesanggupan intelektual, secara spesial dapat mengasah kesanggupan berpikir tingkat tinggi pada siswa.
- Untuk membentuk kesanggupan menuntaskan masalah secara sistematik pada diri siswa.
- Untuk menciptakan keadaan dimana siswa merasa bahwa mencar ilmu yakni suatu keperluan.
- Diperolehnya hasil belajar pada level yang tinggi.
- Untuk melatih siswa mampu mengkomunikasikan fatwa khususnya dalam menulis secara ilmiah.
- Untuk membuatkan dan memajukan huruf siswa.
Pelaksanaan dalam Pembelajaran
Pada acara inti dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kelima pengalaman mencar ilmu tersebut tidak harus berurutan dan tidak harus muncul seluruhnya dalam satu pembelajaran. Tetapi dapat dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya. Hal ini bergantung pada cakupan muatan pembelajaran.