Soal & Kunci PAS Kelas 2 Tema 4 PPKn| B.Indonesia 2021
Unduh Soal & Kunci Penilaian Akhir Semester Kelas 2 Tema 4 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Melalui kegiatan evaluasi selesai semester , guru mampu mengevaluasi penerima didik untuk mengetahui kempetensi pengetahuan yang dimilikinya sesudah final mempelajari beberapa kompetensi dasar selama satu semester. Pada soal PAS ini dibagi ke dalam 2 sesi tema , dimana sesi 1 terdiri dari muatan pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia , sedangkan sesi 2 terdiri dari muatan pelajaran Matematika , SBPD dan PJOK.
Untuk menolong adik-adik kelas 2 SD dalam menyiapkan diri menghadapi UAS/PAS , Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Kelas 2 Tema 4.
Download Soal PAS Tema 4 Kelas 2 : PPKn , Bahasa Indonesia
1. Perilaku yang dapat membuat persatuan di sekolah berkurang adalah ….
a. mau membantu teman yang kesulitan
b. melaksanakan piket dengan tanggung jawab
c. menyingkir dari aktivitas di sekolah
Jawaban : c
2. Melaksanakan aktivitas bareng anggota keluarga akan mempererat … di rumah.
a. pekerjaan
b. persatuan
c. peraturan
Jawaban : b
Pembahasan : Dengan melakukan acara bersama , anggota keluarga dapat kian erat.
3. Gambar yang memberikan persatuan dalam keanekaragaman di daerah bermain ialah ….
a. 

b. 

c.
Jawaban: c
Pembahasan : Gambar memberikan persatuan dikala bermain sepak bola di tempat bermain.
4. Seluruh warga sekolah mesti … menjaga kebersihan sekolah.
a. bergantian
b. bersyukur
c. bersatu
Jawaban : c
Pembahasan : Jika tidak semua warga sekolah menjaga kebersihan , kebersihan sekolah akan susah diwujudkan.
5. Permainan yang membutuhkan persatuan yakni ….
a. lari
b. bersepeda
c. sepak bola
Jawaban : c
6. Gambar berikut memberikan persatuan dalam keanekaragaman di sekolah , kecuali ….
a.
b.
c.
Jawaban : c
7. Berikut ini balasan tidak ada kerja sama dalam acara olahraga , kecuali ….
a. terjadi keributan antarpemain
yle=”font-family: helvetica;”>b. tidak dapat menyelesaikan permainan
c. permainan berlangsung dengan menggembirakan
Jawaban : c
Pembahasan : Permainan berlangsung dengan menyenangkan ialah faedah adanya kerja sama dalam acara olahraga.
8. Kegiatan yang mampu dilaksanakan Uni dan keluarga untuk memperkuat persatuan di rumah ialah ….
a. bersantai bareng
b. tidur larut malam
c. pergi bermain
Jawaban : a
Pembahasan : Saat bersantai bersama , anggota keluarga dapat saling mengembangkan dongeng.
9. Berkumpul bersama pada waktu istirahat dapat memajukan … di sekolah.
a. kesenjangan
b. persatuan
c. kerusuhan
Jawaban : b
Pembahasan : Berkumpul mampu menciptakan warga sekolah saling mengenal dan rukun.
10. Meskipun berlainan suku dengan sobat sekelompok , kita tetap harus … dikala bermain.
a. bersatu
b. berlari
c. berjauhan
Jawaban: a
Pembahasan : Kita dilarang membeda-bedakan ketika bermain. Kita mesti bersatu supaya permainan berjalan tanpa hambatan.
Teks percakapan berikut dipakai untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks percakapan berikut!
Ibu guru: Anak-anak , bagaimana cara mempertahankan kebersihan lingkungan sekolah?
Made: Kita harus membersihkan kelas dan halaman sekolah , Bu.
Eko: Kita juga mesti membersihkan kamar mandi , Bu.
Ibu guru: Bagus , Eko! Apa yang kita butuhkan jika ingin membersihkan kamar mandi?
Uni: Kita membutuhkan ember , sikat , air , dan gayung , Bu.
Ibu guru: Pintar , Anak-anak! Kita harus selalu membiasakan hidup bersih di sekolah , ya!
11. Isi teks percakapan tersebut membahas ihwal ….
a. jenis-jenis alat kebersihan
b. cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah
c. kebiasaan hidup higienis
Jawaban : b
Pembahasan : Pada teks tersebut , Ibu guru , Uni , dan teman-sahabat membicarakan tentang cara mempertahankan kebersihan lingkungan sekolah.
12. Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah pada teks percakapan tersebut?
a. membersihkan ruang kelas , halaman sekolah , dan kamar mandi
b. mempersiapkan alat-alat kebersihan yang dibutuhkan
c. membagi peran piket untuk membersihkan lingkungan sekolah
Jawaban : a
Pembahasan : Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah pada teks percakapan tersebut ialah dengan membersihkan ruang kelas , halaman sekolah , dan kamar mandi.
13. Salah satu cara menjaga kebersihan halaman sekolah yakni ….
a. membiarkan sampah yang ada di lantai
b. mencampakkan sampah pada tempatnya
c. tidak memetik bunga sembarang pilih
Jawaban : b
14. Kegiatan berikut ini yang bukan ialah cara mempertahankan kebersihan taman kota yaitu ….
a. menyiram tanaman
b. memangkas rumput agar tampak rapi
c. memetik bunga dan membiarkannya di taman
Jawaban : c
Pembahasan : Kita tidak boleh memetik bunga dan membiarkannya di taman alasannya adalah taman akan tampak kotor dan tidak indah.
Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 pertanyaan di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!
Perlunya Menjaga Kebersihan Taman Kota
Taman kota mempunyai banyak faedah.
Taman kota dapat menjadi daerah bermain.
Taman kota juga menjadi tempat berkumpul.
Taman kota mampu menjadi daerah wisata.
Banyak bunga yang indah di taman kota.
Bunga yang terawat menciptakan taman menjadi indah.
Adanya flora di taman menciptakan udara bersih.
Taman kota mesti senantiasa dijaga kebersihannya.
Taman kota umumnya dibersihkan oleh petugas.
Namun , kita juga mampu ikut mempertahankan kebersihannya.
Kita bisa ikut kerja bakti untuk membersihkan taman.
Kita juga bisa ikut mempertahankan tumbuhan di taman.
Kita dilarang memetik tumbuhan asal-asalan.
Kita juga tidak boleh menginjak tanam
an dengan sengaja.
Kita harus selalu menerapkan perilaku peduli lingkungan.
15. Isi teks tersebut adalah ….
a. cara mempertahankan kebersihan taman kota
b. kerja bakti membersihkan taman kota
c. hal-hal yang menghancurkan taman kota
Jawaban : a
Pembahasan : Teks tersebut menceritakan wacana cara menjaga kebersihan taman kota.
16. Arti kata peduli pada teks tersebut adalah ….
a. perasaan abad ndeso; tidak acuh
b. mengindahkan; memperhatikan; menghiraukan
c. terbebas dari ancaman , malapetaka , tragedi
Jawaban : b
Pembahasan : Kata peduli memiliki arti mengindahkan; mengamati; menghiraukan.
17. Hal-hal yang dihentikan dijalankan di taman kota sesuai teks ialah ….
a. ikut kerja bakti membersihkan taman
b. memetik tumbuhan sembarang pilih
c. wisata di taman kota
Jawaban: b
Pembahasan : Sesuai teks , berikut hal-hal yang tidak boleh dilaksanakan di taman kota.
• Memetik flora sembarangan.
• Menginjak flora dengan sengaja.
Teks berikut dipakai untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!
Halaman kelas Uni selalu dijaga kebersihannya.
Halaman kelas yang higienis memiliki ciri-ciri.
Tidak ada sampah yang berserakan di halaman.
Semua siswa mencampakkan sampah pada tempatnya.
Terdapat taman bunga yang indah di halaman kelas.
Pot bunga di taman senantiasa tertata dengan rapi.
Rumput-rumput liar juga selalu dibersihkan.
18. Teks tersebut membicarakan ihwal ….
a. faedah lingkungan kelas yang bersih
b. cara membersihkan halaman kelas
c. ciri-ciri halaman kelas yang higienis
Jawaban : c
Pembahasan : Hal yang dibahas pada teks tersebut yaitu ciri-ciri halaman kelas yang bersih.
19. Arti kata pot pada teks tersebut yaitu ….
a. kawasan yang terbuat dari tanah , semen , plastik , dan sebagainya untuk menanam pohon (bunga)
b. tempat bunga untuk dekorasi di atas meja dan sebagainya; jambangan
c. tempat air berbentuk silinder (yang dibuat dari plastik , seng , dan sebagainya)
Jawaban : a
Pembahasan : Kata pot mempunyai arti daerah yang terbuat dari tanah , semen , plastik , dan sebagainya untuk menanam pohon (bunga).
20. Eko melihat belahan kaca di daerah bermain. Sikap Eko semestinya ….
a. membuangnya ke daerah sampah
b. membuangnya ke jalan
c. membiarkannya
Jawaban: a
Pembahasan : Kita harus membuang potongan kaca ke tempat sampah supaya kepingan beling tidak melukai kaki.
Soal Isian
21. Tidak ada persatuan di rumah akan menyebabkan pengaruh … bagi anggota keluarga.
Jawaban : negatif , buruk
22. Saling menolong akan menciptakan kita semakin … dengan anggota keluarga lainnya.
Jawaban : erat
23. Keluarga Tengil tidak inginmenghadiri usul dan acara di penduduk .
Akibatnya , keluarga Tengil … oleh warga lain.
Jawaban : dijauhi , dikucilkan , tidak disenangi
24. Warga bahu-membahu membersihkan selokan di sekitar jalan.
Hal tersebut menawarkan adanya persatuan di ….
Jawaban : penduduk
25. Menjaga persatuan di daerah bermain menciptakan pertemanan kian ….
Jawaban: bersahabat
26. Kata yang memiliki arti pembersih debu dari bulu ayam yakni ….
Jawaban: kemoceng
Pembahasan : Arti kata kemoceng ialah pembersih debu dari bulu ayam.
27. Kata yang mempunyai arti noda atau kotoran berupa bintik-bintik kecil yakni ….
Jawaban : bercak
Pembahasan : Arti kata bercak yakni noda atau kotoran berupa bintik-bintik kecil.
28. Kebakaran hutan menimbulkan … yang mampu mengusik pernapasan insan.
Jawaban : polusi udara
29. Buku yang berserakan di rumah mesti secepatnya kita ….
Jawaban : rapikan
Pembahasan : Kita mesti selalu membereskan buku yang berantakan supaya rumah terasa tenteram.
30. Membersihkan selokan di jalan raya mampu menghalangi terjadinya ….
Jawaban : banjir
Pembahasan : Selokan yang bersih akan membuat ajaran air menjadi tanpa gangguan sehingga mencegah terjadinya banjir.
Soal Uraian/Essay
31. Sebutkan tiga pola kegiatan yang menawarkan persatuan dengan warga sekitar!
Jawaban : Berikut ini teladan acara yang memberikan persatuan dengan warga sekitar.
• Merayakan hari besar agama sesuai kepercayaan.
• Merayakan hari kemerdekaan Indonesia.
• Senam bersama secara rutin.
• Merayakan upacara akhlak bareng .
• Kegiatan jalan sehat secara berkala .
• Ronda malam oleh warga.
32. Sebutkan tiga akhir tidak bersatu di kawasan bermain!
Jawaban : Berikut ini contoh akibat tidak bersatu di kawasan bermain.
• Saling menyalahkan dikala bermain.
• Terjadi pertikaian dengan sahabat.
• Dijauhi oleh sobat-sahabat.
• Suasana di daerah bermain tidak nyaman.
• Tempat bermain tidak terawat.
• Memiliki sedikit sobat.
• Mainan cepat rusak alasannya adalah diperebutkan.
• Permainan tidak berlangsung dengan baik/lancar.
33. Sebutkan tiga akhir tidak bersatu di kawasan biasa !
Jawaban: Berikut ini akhir tidak bersatu di kawasan lazim.
• Dibenci teman.
• Dikucilkan orang lain.
• Tempat lazim menjadi kumuh.
• Hilangnya rasa kondusif dan nyaman.
• Tidak bisa menyelesaikan duduk perkara.
• Terjadi pertikaian dengan teman.
• Terjadi keributan dengan orang lain.
34. Apa jadinya jika ruang kelas tidak higienis?
Jawaban : Akibat jikalau ruang kelas tidak bersih ialah kelas menjadi sarang bakteri dan berguru menjadi tidak nyaman.
35. Perhatikan gambar berikut!

Tuliskan hasil pengamatan sesuai gambar!
Jawaban : Berikut teladan hasil observasi sesuai gambar.
Ciri-Ciri WC Umum yang Kotor
WC biasa yang kotor mempunyai beberapa ciri. Banyak sampah terlihat berantakan di lantai WC. Tisu di WC juga tidak diposisikan dengan benar. Saluran air di WC terlihat tersumbat dan menggenang. Air yang tersumbat membuat lantai menjadi becek. Selain lantai , tembok WC juga terlihat kumuh. Terdapat banyak lumut hijau di dinding WC.
Lumut muncul alasannya adalah WC jarang dibersihkan.
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang membutuhkan Contoh Soal UAS/PAS Tema 4 Kelas 2 , silahkan klik tautan berikut :
Demikian isu ihwal Soal & Kunci PAS Kelas 2 Tema 4 PPKn , B.Indonesia 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya agar senantiasa mampu notifikasi informasi modern dari Bank Soal. Terima kasih.