Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Semester 1 2021

Unduh Soal & Jawaban Penilaian Harian Kelas 4 SD Tema 4 Subtema 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Penilaian harian dilakukan oleh guru sesudah menyelesaikan bahan pembelajaran dalam satu kompetensi dasar. Fungsi dari Penilaian Harian yaitu untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya sesudah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.

 

Setelah guru mengetahui kompetensi pengetahuan yang telah dikuasai oleh akseptor bimbing , guru dapat menunjukkan materi pembelajaran pada kompetensi dasar berikutnya. Tetapi jikalau ada peserta asuh yang belum menyanggupi patokan wawasan yang sudah diputuskan , maka guru mampu menindaklanjutinya dengan memberikan remedial. 

 

Program remedial dapat dilaksanakan dengan beberapa metode diantaranya: 

1. Memberikan soal Penilaian Harian kembali

2. Tanya jawab atau diskusi

 

Untuk menolong adik-adik kelas 4 SD dalam belajar , Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Semester Gasal.

 

Download Soal & Kunci Penilaian Harian Kelas 4 

 

1. Contoh perilaku yang sesuai dengan makna sila kedua Pancasila yakni …. 

a. tidak menatap rendah orang miskin

b. mengikuti pendidikan dasar

c. menghormati pemeluk agama lain

d. mempertahankan kelestarian alam

Jawaban : a

Pembahasan : Sikap yang cocok dengan makna sila kedua Pancasila adalah tidak memandang rendah orang miskin. Setiap manusia setara dan sejajar.

 

2. Mata rantai yang saling berhubungan pada lambang sila kedua Pancasila melambangkan setiap manusia mesti …. 

a. saling menjauhi

b. saling memusuhi

c. saling membantu

d. saling menjahili

Jawaban : c

Pembahasan : Mata rantai yang saling berhubungan pada lambang sila kedua Pancasila melambangkan setiap insan mesti bersatu dan saling membantu.

 

3. Sikap yang tepat dengan makna sila kedua Pancasila yaitu setiap manusia setara dan sejajar yakni …. 

a. menyumbang untuk korban perang

b. tidak berprasangka jelek terhadap sahabat

c. menegur sobat yang menjiplak

d. berlaku sopan kepada setiap orang

Jawaban : d

Pembahasan : Kita mesti senantiasa berlaku sopan kepada setiap orang alasannya setiap manusia setara dan sejajar.

 

4. Tokoh-tokoh dalam suatu kisah mempunyai tabiat atau sifat yang …. 

a. sama

b. mirip

c. berbeda

d. serupa

Jawaban : c

Pembahasan : Tokoh dalam dongeng memiliki akhlak yang berbeda-beda , misalnya: ada yang bagus , ada yang jahat , jujur , pembohong , penyabar , pemarah , dan lain-lain.

 

5. Tokoh-tokoh dalam suatu cerita mempunyai susila atau sifat yang …. 

a. sama

b. seperti

c. berbeda

d. serupa

Jawaban : c

Pembahasan : Tokoh dalam dongeng mempunyai etika yang berbeda-beda , contohnya: ada yang bagus , ada yang jahat , jujur , pembohong , penyabar , pemarah , dan lain-lain.

 

6. Perhatikan teks berikut!

Setiap hari Senin , Cakra mengikuti upacara bendera. Pagi itu , beliau tampak kebingungan. Dia mondar-mandir di dalam rumah mencari sesuatu. Cakra ternyata mencari topi. Hari Senin ahad lalu beliau menaruhnya di dingklik tamu. Akan tetapi , sekarang topi itu sudah tidak ada.

Amanat yang mampu diambil dari kisah tersebut ialah …. 

a. secepatnya membeli yang gres jika ada barang kita yang hilang

b. bangun lebih pagi biar tidak telat mengikuti upacara

c. menyuruh ibu menyiapkan segala kebutuhan sekolah

d. kita dihentikan sembarang pilih meletakkan barang-barang

Jawaban : d

Pembahasan : Amanat disebut juga pesan moral. Amanat berisi pesan tersirat atau pesan yang ingin disampaikan pengarang terhadap pembaca. Amanat dalam kisah di atas adalah kita tidak bol

eh sembarangan menaruh barang-barang.

 

7. Proses pembakaran isi pensil dilaksanakan selama …. 

a. satu hari

b. dua hari

c. tiga hari

d. empat hari

Jawaban : c

 

8. Berikut sumber daya alam yang dipakai untuk membuat pensil , kecuali …. 

a. tanah liat

b. kayu

c. pasir

d. Grafit

Jawaban : c

 

9. Sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh petani yaitu …. 

a. tanaman

b. minyak bumi

c. batu kapur

d. Timah

Jawaban : a

 

10. Penduduk Jakarta bisa makan beras dari Delanggu , Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut mampu terjadi karena adanya aktivitas ….

a. distribusi

b. bikinan

c. konsumsi

d. Intensifikasi

Jawaban : a

Pembahasan : Distribusi ialah aktivitas penyaluran barang dan jasa dari produsen ke pelanggan. Penduduk Jakarta bisa mendapatkan beras Delanggu yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah karena ada agen yang menyalurkan beras Delanggu ke Jakarta.

 

11. Berikut ini yang termasuk barang jadi adalah …. 

a. tas , meja , sepatu , kayu , mobil

b. radio , mebel , sepeda , kulit

c. televisi , tas , radio , bangku

d. radio , kursi , rotan , lemari

Jawaban : c

 

12. Orang yang menggunakan barang dan jasa dinamakan …. 

a. produsen

b. konsumen

c. biro

d. Editor

Jawaban : b

Pembahasan : Konsumen ialah orang yang menggunakan barang dan jasa yang dibentuk oleh produsen.

 

13. Kegiatan menyaksikan dan menganggap suatu karya seni disebut …. 

a. apresiasi

b. apersepsi

c. persisi

d. persuasi

Jawaban : a

 

14. Menggambar bentuk tiga dimensi memakai perlengkapan gambar berupa …. 

a. kertas gambar

b. kertas krep

c. kertas tisu

d. kertas foto

Jawaban : a

Pembahasan : Menggambar bentuk tiga dimensi menggunakan alat gambar berupa kertas gambar. Kertas krep dipakai untuk menciptakan berbagai kerajinan atau dekorasi , kertas tisu dipakai untuk membersihkan tangan dari kotoran , sedangkan kertas foto dipakai untuk mencetak foto.

 

15. Perhatikan gambar berikut!

 

Gambar tersebut ialah cara menggambar dengan teknik ….

a. arsir

b. sapuan lembap

c. sapuan kering

d. Gosok

Jawaban : b

 

Soal Isian 

16. Salah satu makna sila kedua ialah beradab dalam rasa , asumsi , dan…. 

Jawaban : tindakan

 

17. Menyontek dikala ulangan berarti tidak menegakkan …. 

Jawaban : kebenaran

 

18. Agar mampu mengerti tema dan amanat dongeng , pembaca mesti mengerti … dongeng. 

Jawaban : isi

Pembahasan : Memahami isi kisah akan mempermudah kita untuk memahami tema dan amanat kisah.

 

19.  Pada siang yang sangat terik ,

Pak Bendot mendorong gerobak sambil berteriak-teriak memperlihatkan dagangannya. 

Kata yang dicetak tebal tersebut menawarkan komponen dongeng yang berupa …. 

Jawaban : latar waktu

Pembahasan : Kata yang dicetak tebal memperlihatkan waktu terjadinya sebuah insiden atau disebut latar waktu.

 

20. Alat untuk menangkap ikan yang terbuat dari anyaman bambu dan berupa bundar panjang disebut …. 

Jawaban : bubu

 

21. Hasil tangkapan nelayan yang memakai teknologi terbaru lebih … dibanding nelayan yang menggunakan teknologi sederhana. 

Jawaban : banyak

 

22. Perhatikan gambar berikut!

  

Gambar tersebut merupakan kegiatan …. 

Jawaban : bikinan

Pembahasan : Gambar tersebut yaitu aktivitas buatan tempe.

 

23. Ale membeli sepeda gres. Ale ialah sebagai …. 

Jawaban: pelanggan

Pembahasan : Kegiatan berbelanja sepeda gres tergolong acara konsumsi. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

 

24. Selain cat air , perlengkapan gambar berbahan cair atau berair yang mampu digunakan untuk menggambar tiga dimensi adalah … dan …. 

Jawaban: tinta kolam dan cat minyak

 

25. Media yang paling sempurna untuk menggambar bentuk tiga dimensi yakni … gambar. 

Jawaban: kertas

 

Download Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4

 

PILIHAN GANDA

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

  • 3.1 Memahami makna relasi simbol dengan sila-sila Pancasila (soal npmpr 1 s/d 3)

Bahasa Indonesia 

  • 3.5 Membangun usulan eksklusif tentang isi buku sastra (cerita , kisah , dan sebagainya) (soal npmpr 4 s/d 6)

Ilmu Pengetahuan Alam 

  • 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya (soal npmpr 7 s/d 9)

Ilmu Pengetahuan Sosial 

  • 3.3 Mengidentifikasi acara ekonomi dalam mengembangkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan , sosial dan budaya di lingkungan sekitar hingga provinsi (soal npmpr 10 s/d 12)

Seni Budaya dan Prakarya 

  • 3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi (soal npmpr 13 s/d 15)

 

ISIAN

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

  • 3.1 Memahami makna kekerabatan simbol dengan sila-sila Pancasila (soal npmpr 16 s/d 17)

Bahasa Indonesia 

  • 3.5 Membangun pendapat pribadi perihal isi buku sastra (kisah , dongeng , dan sebagainya) (soal npmpr 18 s/d 19)

Ilmu Pengetahuan Alam 

  • 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya (soal npmpr 20 s/d 21)

Ilmu Pengetahuan Sosial 

  • 3.3 Mengidentifikasi acara ekonomi dalam memajukan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan , sosial dan budaya di lingkungan sekitar hingga provinsi (soal npmpr 22 s/d 23)

Seni Budaya dan Prakarya 

  • 3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi (soal npmpr 24 s/d 25)

 

 

Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang membutuhkan Contoh Soal Penilaian Harian Kelas 4 SD Tema 4 , silahkan klik tautan berikut : Unduh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

 

Demikian gosip ihwal Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya supaya senantiasa dapat notifikasi info modern dari Bank Soal. Terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel