Soal & Kunci UTS/PTS Kelas 4 Tema 1 PPKn| B.Indonesia| SBdP 2021
Unduh Soal & Kunci Penilaian Tengah Semester Kelas 4 Tema 1 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Pada soal Perguruan Tinggi Swasta ini dibagi ke dalam 2 sesi tema , dimana sesi 1 berisikan muatan pelajaran PPKn , Bahasa Indonesia dan SBdP , sedangkan sesi 2 berisikan muatan pelajaran IPA dan IPS.
Untuk membantu adik-adik kelas 4 Sekolah Dasar dalam merencanakan diri menghadapi UTS/Perguruan Tinggi Swasta , Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester Kelas 4 Tema 1.
Soal & Kunci UTS/Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Kelas 4 : PPKn , Bahasa Indonesia , SBdP
1. Hal yang dapat kita pelajari saat melakukan pekerjaan sama dalam keanekaragaman yakni ….
a. membeda-bedakan sobat
b. membagi tugas secara adil
c. menolak pertimbangan orang lain
d. memanfaatkan orang lain
Pembahasan : Saat bekerja sama dalam keanekaragaman , banyak hal yang dapat kita pelajari , seperti membagi peran secara adil.
2. Contoh cara membina persatuan dalam keragaman adalah ….
a. merayakan hari kemerdekaan bersama
b. mengunggulkan budaya suku sendiri dan merendahkan suku lain
c. membuat berita buruk tentang suku lain
d. tidak mau mempelajari budaya daerah lain
Pembahasan : Merayakan hari kemerdekaan bersama mampu membina persatuan. Kita dapat mengadakan acara yang mampu disertai oleh semua lapisan penduduk .
3. Dampak acara kerja bakti membersihkan rumah yakni ….
a. mempererat persatuan dan kesatuan kelas
b. mempererat persatuan dan kesatuan keluarga
c. mempertahankan persatuan dan kesatuan seluruh warga sekolah
d. mempertahankan persatuan dan kesatuan seluruh warga di lingkungan rumah
Pembahasan : Kegiatan yang dilaksanakan gotong royong oleh seluruh anggota keluarga akan kian mempererat persatuan dan kesatuan keluarga.
4. Pernyataan yang dapat memperkuat persatuan Indonesia yaitu …
a. Kita tidak mampu hidup berdampingan dalam keanekaragaman.
b. Keragaman ialah halangan untuk bersatu.
c. Keragaman di Indonesia bukanlah sebuah keutamaan.
d. Keragaman bukan halangan untuk melakukan suatu hal bantu-membantu.
Pembahasan : Keragaman bukan halangan untuk melakukan suatu hal tolong-menolong. Pernyataan tersebut akan makin memperkuat persatuan Indonesia.
5. Contoh perbuatan yang merealisasikan kebersamaan ialah ….
a. sering bertengkar dengan sahabat
b. tidak mau berguru golongan
c. mengikuti kontes bakiak bersama
d. mengucilkan sobat yang berbeda suku
Pembahasan : Lomba bakiak yaitu lomba yang dijalankan secara berkelompok. Kita harus bekerja sama dikala mengikuti lomba ini. Kegiatan ini juga ialah wujud dari kebersamaan.
6. Berikut ini yang bukan ialah manfaat bersama-sama yaitu ….
a. menghemat biaya yang dikeluarkan
b. meminimalisir beban warga yang kurang mampu
c. pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai
d. memecah belah persatuan dan kesatuan penduduk
Pembahasan : Gotong royong tidak akan memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat , justru mempererat persatuan.
7. Bersatu dalam keragaman akan ….
a. mempersulit tercapainya tujuan
b. membuat lebih mudah tercapainya tujuan
c. memecah belah bangsa Indonesia
d. menyebabkan pertikaian penduduk
Pembahasan : Semua orang mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan. Bersatu dalam keanekaragaman akan mempermudah tercapainya tujuan.
8. Made dan Dondo mempunyai perbedaan pertimbangan . Sikap mereka sebaiknya ….
a. menjaga pendapat
b. saling menjelekkan pendapat
c. memusuhi satu sama lain
d. mendapatkan usulan yang lebih baik
Pembahasan : Saat ada perbedaan usulan , kita mesti tetap saling menghargai. Kita terima pertimbangan yang lebih baik dengan nrimo.
9. Salah satu manfaat dari ronda malam yakni ….
a. menunjukkan rasa kondusif terhadap masyarakat
b. meminimalkan solidaritas penduduk
c. menimbulkan tindak kejahatan
d. membutuhkan banyak biaya
10. Sikap melakukan pekerjaan sama perlu dikembangkan alasannya ….
a. mampu memanfaatkan tenaga orang lain
b. ingin menerima pujian dari orang lain
c. pekerjaan akan cepat final
d. dapat menghindari peran yang diberikan
Pembahasan : Salah satu faedah bekerja sama yakni pekerjaan akan cepat simpulan sebab dikerjakan bersama.
Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Sega jamblang atau nasi jamblang merupakan kuliner khas dari Cirebon (1). Nasi jamblang mempunyai ciri khas pada penyajiannya yang menggunakan daun jati (2). Lauk nasi jamblang dihidangkan dengan aneka macam lauk antara lain tahu , tempe , paru , ayam goreng , dan sambal goreng (3). Meskipun berjulukan jamblang , masakan ini sama sekali tidak ada keterkaitannya dengan pohon atau buah jamblang (4). Pada awalnya , makanan ini diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda (5).
11. Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (5)
Pembahasan : Kalimat utama yaitu kalimat yang menampung inti paragraf. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di permulaan paragraf yang ditunjukkan oleh nomor (1) , ialah Sega jamblang atau nasi jamblang ialah masakan khas dari Cirebon.
12. Gagasan pokok paragraf tersebut ialah … nasi jamblang.
a. lauk
b. ciri khas
c. asal
d. cara membuat
Pembahasan : Kalimat utama paragraf tersebut yaitu Sega jamblang atau nasi jamblang ialah masakan khas dari Cirebon. Jadi , gagasan pokok paragraf tersebut yaitu asal nasi jamblang.
13. Ringkasan yang sempurna untuk paragraf tersebut yaitu ….
a. penduduk Cirebon sungguh menyukai nasi jamblang
b. harga nasi jamblang sangatlah murah
c. lauk yang paling sempurna untuk aksesori nasi jamblang yakni tahu
d. nasi jamblang berasal dari Cirebon
Pembahasan : Gagasan pokok yang tepat dengan paragraf yaitu asal nasi jamblang sehingga ringkasan yang tepat untuk paragraf tersebut , yaitu nasi jamblang berasal dari Cirebon.
14. Salah satu langkah percobaan untuk mengenali bahwa jeruk nipis dapat menjadi sumber listrik yakni dengan menancapkan logam pada jeruk nipis.
Gambar yang tepat untuk langkah kerja di atas ialah ….
a.

b. 

c. 

d.

Pembahasan : Gambar yang sempurna untuk langkah kerja menancapkan logam pada jeruk nipis yakni gambar c.
15. Perhatikan paragraf berikut!
Sandi berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang tukang becak , sedangkan ibunya berdagang sayur di pasar. Semangat Sandi untuk mencar ilmu tidak pernah surut. Berkat doa dan usaha kedua orang tuanya , Sandi berhasil lulus dengan meraih juara pertama di sekolahnya. Semua guru , sahabat , dan kerabat Sandi gembira atas prestasi yang diperoleh Sandi. Mereka menghormati jerih payah Sandi selama ini.
Ringkasan paragraf tersebut yang tepat adalah …
a. Ayah Sandi seorang tukang becak yang bersungguh-sungguh melakukan pekerjaan untuk keluarganya.
b. Orang tua Sandi bersusah payah memadai biaya sekolah Sandi.
c. Meskipun berasal dari keluarga sederhana , Sandi mampu berprestasi.
d. Guru Sandi gembira alasannya Sandi menemukan juara lazim di seko
lah.
Pembahasan : Paragraf tersebut membahas ihwal Sandi mampu berprestasi walaupun berasal dari keluarga sederhana.
Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Sejak pagi , masyarakatdesa sudah berdatangan untuk kerja bakti. Hari ini , para warga akan memperbaiki jembatan desa yang rusak. Harapan mereka , jembatan secepatnya mampu digunakan lagi secepatnya. Oleh alasannya adalah itu , penduduk desa setuju dengan adanya acara kerja bakti.
16. Gagasan pokok paragraf tersebut yaitu …
a. Para warga berkumpul.
b. Kerja bakti penduduk desa.
c. Jembatan desa ambrol.
d. Harapan para masyarakatdesa.
Pembahasan : Gagasan pokok paragraf ialah inti permasalahan suatu paragraf dalam teks. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah kerja bakti masyarakatdesa.
17. Kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut … pemikiran pokok.
a. mendukung
b. tidak mendukung
c. saling bertentangan
d. bertentangan
Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut membicarakan wacana kerja bakti masyarakatdesa. Kalimat-kalimat penunjang pada paragraf tersebut juga membahas wacana kerja bakti. Dengan demikian , kalimat-kalimat penunjang pada paragraf mendukung pemikiran pokok paragraf.
Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Upacara budpekerti suku Bali adalah Ngaben (1). Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah orang Hindu di Bali (2). Upacara Ngaben juga menjadi simbol untuk menyucikan roh orang yang sudah meninggal (3). Dalam upacara ini , tidak ada air mata sebab mereka menilai bahwa jenazah hanya tidak ada untuk sementara waktu dan menjalani reinkarnasi (4). Oleh alasannya itu , untuk menyucikan roh tersebut , perlu dikerjakan upacara Ngaben untuk memisahkan roh dengan jasad kasarnya (5).
18. Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (1) dan (5)
d. (5)
Pembahasan : Kalimat utama yaitu kalimat yang memuat inti paragraf. Kalimat utama paragraf di atas ditunjukkan oleh nomor (1) atau berada di permulaan paragraf , yaitu Upacara akhlak suku Bali adalah Ngaben.
19. Hubungan antargagasan pada paragraf di atas yaitu ….
a. tidak terperinci
b. tidak terkait
c. saling terkait
d. saling berlawanan
Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut membicarakan ihwal upacara Ngaben. Gagasan pendukungnya membahas tentang pengertian dan arti upacara ngaben. Jadi , ide pokok dan ide pendukung pada paragraf tersebut saling terkait.
20. Suatu paragraf dianggap menyanggupi syarat kepaduan jikalau kalimat-kalimat di dalam paragraf tersebut saling ….
a. berhubungan
b. bertentangan
c. bersatu
d. berlawanan
Pembahasan : Paragraf dengan kalimat-kalimat yang saling berkaitan dianggap mempunyai memenuhi syarat kepaduan.
21. Hal-hal yang perlu disediakan sebelum pertunjukan tari sebagai berikut , kecuali ….
a. panggung
b. busana tari
c. tata rias
d. jumlah penonton
Pembahasan : Sebelum pertunjukan tari , kita perlu mempersiapkan hal-hal yang mendukung pementasan agar alhasil membuat puas. Hal-hal yang perlu dipersiapkan contohnya panggung , pakaian tari , tata rias , iringan tari , dan properti.
22. Formasi tari yang tidak terdapat pada tari Bungong Jeumpa ialah ….
a. gugusan sejajar
b. deretan menyilang
c. gugusan zig-zag
d. formasi melingkar
Pembahasan : Formasi-gugusan yang terdapat pada tari Bungang Jeumpa ialah sejajar , karakter V , melingkar , dan zig-zag. Formasi menyilang atau diagonal tidak terdapat pada tari Bungong Jeumpa.
23. Tari Bungong Jeumpa lazimnya ditarikan oleh ….
a. satu orang penari putri
b. satu orang penari putra
c. dua orang penari berpasangan
d. tiga orang penari atau lebih
24. Tempat pementasan tari perlu ditata biar penari merasa ….
a. gembira
b. kecewa
c. puas
d. nyaman
Pembahasan : Tempat untuk mementaskan tari yang ditata akan menciptakan penari merasa nyaman saat bergerak menari.
yle=”font-family: helvetica;”>25. Perhatikan gambar berikut.

Gambar tersebut menunjukkan deretan tari ….
a. sejajar
b. menyilang
c. zig-zag
d. aksara V
26. Saat menari , perilaku badan kita mesti ….
a. luwes dan tegang
b. luwes dan tepat
c. kaku dan tegak
d. lemas dan gemulai
27. Tari Bungong Jeumpa ialah tarian kawasan yang berasal dari Provinsi ….
a. Aceh
b. Medan
c. Maluku
d. Jambi
28. Tari yang dibawakan oleh banyak orang disebut tari ….
a. tunggal
b. berpasangan
c. solo
d. massal
29. Saat menarikan tari Bungong Jeumpa , ekspresi muka kita mesti ….
a. ceria dan bersemangat
b. sedih dan sedih
c. bergairahdan berteriak-teriak
d. sukar hati dan terharu
30. Gerakan kaki berjalan sambil jinjit termasuk gerak ….
a. imitasi
b. tiruan
c. maknawi
d. murni
Pembahasan : Gerakan kaki berjalan sambil jinjit tidak memiliki maksud atau arti. Gerak ini tergolong gerak murni atau gerak asli.
Soal Isian
31. Permainan lari bakiak mengajarkan kita biar … dengan orang lain.
Jawaban: melakukan pekerjaan sama
Pembahasan : Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan lari bakiak yakni kolaborasi.
32. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan untuk menyatukan rakyat ….
Jawaban : Indonesia
33. Pendapat dan inspirasi yang berlainan mesti kita ….
Jawaban : hargai
Pembahasan : Kita harus menghargai setiap usulan dan ilham yang berlawanan.
34. Kita mesti melakukan pekerjaan sama dalam hal ….
Jawaban: kebaikan
Pembahasan : Bekerja sama cuma boleh kita lakukan dalam hal kebaikan supaya berfaedah bagi diri sendiri dan orang lain.
35. Perhatikan paragraf berikut!
Nasi gandul ialah kuliner khas daerah Pati. Menurut dongeng , kawasan di Pati yang memopulerkan nasi gandul ini ialah desa Gajahmati. Itulah sebabnya sering ditemui kata-kata Nasi Gandul Gajah Mati. Walaupun pada akibatnya banyak dijumpai pedagang nasi gandul yang tidak berasal dari desa Gajahmati , namun tetap banyak penjual yang menuliskan kata desa Gajahmati pada spanduk daerah makan mereka. Jika ditelusuri asal-permintaan dukungan nama nasi gandul , banyak model yang mengemukakan wacana hal tersebut.
Paragraf tersebut membicarakan tentang ….
Jawaban : nasi gandul
Pembahasan : Gagasan pokok ialah topik yang dibahas dalam paragraf. Gagasan pokok paragraf tersebut yakni nasi gandul.
36. Perhatikan paragraf berikut!
Setiap hari , masyarakatkota terlihat sibuk (1). Anak-anak pergi ke sekolah (2). Para pegawai dan karyawan pergi ke kawasan kerja (3). Ada yang mengendarai sepeda , sepeda motor , kendaraan beroda empat , naik angkutan atau bus (4). Jalan-jalan pun menjadi padat dan merayap (5).
Kalimat pokok paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
Jawaban : (1)
Pembahasan : Paragraf tersebut menjelaskan ihwal kegiatan masyarakatkota. Kalimat pokok paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor (1) yaitu Setiap hari , penduduk kota terlihat sibuk.
37. Perhatikan paragraf berikut!
Tari Guel ialah tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh , tepatnya masyarakat suku Gayo di Provinsi Aceh. Guel berarti membunyikan. Para peneliti dan pencipta tari menyampaikan tarian ini bukan hanya sekedar tari. Tari ini ialah adonan dari seni sastra , seni musik , dan seni tari itu sendiri. Guel menjadi tari tradisi utamanya dalam upacara adab tertentu. Tari ini juga merupakan apresiasi terhadap wujud alam yang lalu dirangkai sedemikian rupa lewat gerak.
Hal yang dibahas pada paragraf tersebut adalah ….
Pembahasan : Hal yang dibahas dalam teks merupakan ide pokok atau topikdalam teks. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah tari Guel.
38. Informasi dari teks bisa kita dapatkan dengan cara ….
Jawaban : membaca teks dengan cermat
Pembahasan : Menemukan informasi dari teks bisa kita lakukan dengan cara membaca teks dengan teliti.
39. Iringan tari harus sesuai supaya dapat menyatu dengan … tari.
Jawaban : gerakan
40. Perhatikan gambar berikut!

Gerakan kaki pada gambar tersebut dikenal dengan perumpamaan ….
Jawaban : trecetan
Pembahasan : Gerak kaki trecetan dikerjakan dengan melangkahkan kaki dengan jinjit ke kanan atau ke kiri secara cepat seperti pada gambar tersebut.
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang membutuhkan soft copy Contoh Soal UTS/Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 1 , silahkan klik tautan berikut :
Soal UTS/PTS Kelas 4 Tema 1 IPA dan IPS => Klik di sini.
Demikian berita tentang Soal & Kunci UTS/Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 1 PPKn , B.Indonesia , SBdP 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu mampu notifikasi info terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.