100+ Contoh Soal Pedagogik Lengkap dengan Kunci Jawaban
100+ Contoh Soal Pedagogik Lengkap dengan Kunci Jawaban – Soal Pedagogik ini bisa anda gunakan untuk antisipasi test PPPK, CPNS maupun UKG. Sebagaimana yang diketahui bahwa Pedagogik yakni ilmu yang mesti dimiliki seorang tenaga pendidik perihal bagaimana caranya membimbing siswa, tugas, dan tujuan mendidik siswa.
Bagi anda yang sedang mencari rujukan guna keperluan pembelajaran menjelang Ujian Kompetensi Guru, test PPPK maupun CPNS, terkhusus pada kompetensi pedagogik. Anda berada di artikel yang sempurna.
Bagi guru Taman Kanak-kanak/PAUD/Sekolah Menengah Pertama/SMA/MTs yang ingin mempelajarinya secara offline pun sudah kami sediakan dalam bentuk soal Pdf. Bisa di print out maupun di akses lewat android dan PC. Anda bisa mengunduh filenya diakhir artikel ini (klik disini untuk langsung ke final artikel).
100 Soal Pedagogik dan Kunci Jawabannya
Berikut ada 100 (seratus) teladan soal pedagogik yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Namun demikian, admin harap Bapak/Ibu tidak langsung percaya dengan kunci jawaban yang ditawarkan. Alahkah bijaknya bila Bapak/Ibu juga mengkoreksi balasan tersebut apakah sudah benar atau belum.
1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dijalankan yaitu pengembangan teknologi isu dan komunikasi (ICT) yang dikerjakan lewat pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup tugas dibawah ini, kecuali …..:
a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
e. Pengembangan bakat dan daya kreatifitas siswa
Jawaban : E
2. Pemanfaatan kemudahan internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan yang lain di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan kemudahan ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, bunyi, dan video. Fasilitas ini mampu pula mengantarlampiran berbentukfile yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan akomodasi ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan….
a. Teleconverence
b. Email
c. Website
d. Chatting
e. Browsing
Jawaban : B
3. Kegiatan guru dalam: melibatkan akseptor asuh mencari info yang luas dan dalam perihal topik/tema bahan yang mau dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; mencar ilmu dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-akseptor asuh serta antara peserta asuh dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar yang lain; melibatkan peserta ajar secara aktif dalam setiap aktivitas pembelajaran;dan memfasilitasi penerima bimbing melaksanakan per cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan……………
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
e. Contextual teaching learning
Jawaban : B
4. Salah satu acuan kegiatan guru dalam aktivitas elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, ialah ……..
a. Memberikan umpan balik faktual dan penguatan dalam bentuk verbal, tulisan, aba-aba, maupunhadiah kepada keberhasilan peserta asuh,
b. Menfasilitasi penerima ajar melakukan aktivitas yang menumbuhkan pujian dan rasa yakin diri akseptor didik.
c. Memberikan konfirmasi kepada hasil eksplorasi dan penjelasan terperinci akseptor didik lewat berbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melaksanakan refleksi untuk menemukan pengalaman berguru yang telah dilaksanakan,
e. Memfasilitasi akseptor bimbing untuk memperoleh pengalaman yang memiliki arti dalam mencapai kompetensi dasar
Jawaban : B
5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan akseptor didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yakni dengan alur sebagai berikut ….
a. Memberikan pertanyaan atau peran sebagai ajakan terhadap penerima ajar untuk menanggapi; 2. penyiapan keadaan psilogis penerima asuh 3.respons peserta asuh untuk merespons; 4. reaksi guru kepada respons akseptor latih.
b. Reaksi guru terhadap respons peserta ajar; 2. penyiapan kondisi psilogis penerima asuh, 3. menawarkan pertanyaan atau peran selaku permintaan kepada penerima bimbing untuk merespon; 4. respons peserta latih untuk merespons;
c. Memberikan pertanyaan atau tugas selaku usul kepada akseptor bimbing untuk menanggapi; 2. respons peserta latih untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons penerima bimbing; 4. penyiapan keadaan psilogis penerima didik
d. Memberikan pertanyaan atau peran sebagai undangan terhadap penerima ajar untuk merespon; 2. respons penerima ajar untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons penerima bimbing; 4. penyiapan keadaan psilogis peserta asuh.
e. 1. penyiapan kondisi psilogis penerima didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas selaku permintaan terhadap peserta ajar untuk menyikapi; 3. respons akseptor latih untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta bimbing.
Jawaban : E
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi berguru siswa dan agar proses pembelajaran berjalan efektif, maka guru perlu mengacu pada….
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan berguru
Jawaban : C
7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) diputuskan oleh aspek-gaktor di bawah ini ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, desain, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, mekanisme
d. fakta, rancangan, definisi, aksioma, prosedur
e. desain, definisi, aksioma, mekanisme, fungsi
Jawaban : B
9. Untuk membuat lebih mudah penetapan bahan pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. kompetensi dasar
b. tolok ukur kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber mencar ilmu
Jawaban : A
10. Dibawah ini ialah pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1. potensi peserta ajar, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik tempat
2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual akseptor latih
3. kebermanfaatan bagi akseptor didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan bahan pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan acuan
5. relevansi dengan kebutuhan akseptor didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu, guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
Jawaban : B
11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk memilih ketuntasan mencar ilmu antara lain sebagai berikut……..
a. memilih tolok ukur kesuksesan mencar ilmu
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara lazim dilihat dari tolok ukur kesuksesan yang dibutuhkan d. menyiapkan pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi
Jawaban : C
12. Upaya merancang pengayaan bagi penerima ajar yang meraih ketuntasan berguru optimal terlihat dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. menunjukkan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. memberikan tes pelengkap dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c. memperlihatkan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan materi materi asuh yang lebih tinggi tingkatannya dan pembuatan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e. menawarkan embel-embel materi berbentuksumber asuh dari penerbit yang berbeda
Jawaban : D
13. Dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil berguru, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal selaku berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik evaluasi, evaluasi hasil evaluasi, melaksanakan acara perbaikan dan pengayaan
b. Melaksanakan acara perbaikan dan pengayaan, analisa hasil evaluasi, sebagian indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian
c. Analisa hasil evaluasi, belum melakukan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
e. Semua indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian dan melaksanakan evaluasi hasil penilaian
Jawaban : E
14. Pada setiap selesai kegiatan pembelajaran, guru bareng penerima didik melaksanakan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan akseptor didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur hal-hal yang belum diketahui penerima latih
d. memilih langkah-langkah konferensi selanjutnya
e. mengenali materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
Jawaban : B
15. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
Jawaban : B
16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk mempermudah guru dalam menganggap prestasi yang dicapai akseptor latih, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru memakai….
a. soal pilihan ganda
b. soal balasan singkat
c. soal uraian objektif
d. tolok ukur
e. tes performance
Jawaban : E
17. Penilaian portofolio dapat dikerjakan dengan cara….
a. memperlihatkan evaluasi menyeluruh kepada tugas-tugas peserta ajar
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan final semester tiap akseptor didik
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing akseptor bimbing yang sudah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan akseptor bimbing dalam sebuah album selaku bukti hasil mencar ilmu
d. menghimpun lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap penerima asuh untuk melihat kesusahan akseptor bimbing dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan peran, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap penerima bimbing
Jawaban : C
18. Dalam mengembangkan instrumen peni
laian dan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu, mesti mengamati….
a. substansi, konstruksi, bahasa
b. substansi, konstruksi, validitas, skor
c. substansi, bahasa konstruksi, skor
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e. substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
Jawaban : E
19. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c. Belajar tuntas, evaluasi otentik, berkelanjutan berdasarkan teladan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
d. Belajar tuntas, penilaian asli, berkesinambungan menurut contoh kriteria, menggunakan aneka macam teknik dan instrument penilaian
e. Tes tertulis, tes mulut, tes praktik atau teskinerja, peran proyek, portofolio
Jawaban : D
20. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul yakni….
a. Penilaian hasil berguru oleh pendidik dipakai untuk menilai pencapaian kompetensi penerima asuh, bahan laporan hasil mencar ilmu, dan memperbaiki proses pembelajaran
b. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan simpulan semester, ulangan peningkatan kelas, cobaan sekolah
c. Penilaian hasil mencar ilmu oleh satuan pendidikan dijalankan untuk menganggap pencapaian kompetensi penerima bimbing pada semua mata pelajaran dan tanpa mengamati hasil evaluasi oleh pendidik
d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e. Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kalangan IPTEK, agama dan etika mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
Jawaban : A
21. Untuk memperoleh evaluasi hasil mencar ilmu yang baik meliputi aspek….
a. kepribadian, kognitif, afektif
b. kognitif, kepribadian, psikomotor
c. afektif, kognitif, mental
d. kognitif, psikomotor, afektif
e. psikomotor, kognitif, minat
Jawaban : D
22. Upaya guru dalam menunjukkan potensi terhadap siswa untuk mencerminkan pengalaman mencar ilmu yang telah dialami yang paling maksimal adalah dengan cara….
a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap simpulan pelajaran
b. guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat pencarian dikala pembelajaran berlangsung
c. guru mewawancarai tiap siswa wacana capaian atau dilema berguru yang dihadapi siswa dalam berguru
d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesusahan siswa dalam mencar ilmu
Jawaban : D
23. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru mampu dilakukan dengan cara…..
a. menawarkan penilaian terhadap kegiatan, tahap pertumbuhan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b. menunjukkan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
c. menyelenggarakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d. menyelenggarakan ulangan harian tanpa pemberitahuan apalagi dulu terhadap siswa
e. mengadakan ulangan tengah semester dan final semester
Jawaban : B
24. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam evaluasi. Prinsip-prinsip evaluasi yang harus dipedomani adalah evaluasi mesti dikerjakan secara….
a. sahih (valid), adil, terbuka, mempunyai arti, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b. terbuka, memiliki arti, adil, asli (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan teladan norma
c. asli (valid), adil, terbuka, mempunyai arti, objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh
d. terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkelanjutan, adil
e. sahih (valid), adil, objektif, terbuka, mempunyai arti, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan teladan tolok ukur, akuntabel
Jawaban : E
26. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dijalankan adalah :
a. Menentukan alat/bahan/ sumber berguru yang dipakai
b. Menyusun kriteria evaluasi, lembar observasi, pola soal, teknik penskoran
c. Mengidentifikasi bahan bimbing menurut materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
d. Menentukan sistem pembela-jaran yang mau dipakai
e. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan dipakai ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
Jawaban : B
27. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan ialah :
a. Alokasi waktu yang diperlukan untuk pertemuan yang sudah ditetapkan
b. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
c. Alat/bahan/ sumber berguru yang digunakan
d. Kriteria evaluasi, lembar observasi, contoh soal, teknik penskoran
e. Identifikasi materi latih menurut materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus
Jawaban : B
28. Sejumlah kesanggupan yang harus dimiliki penerima asuh dalam mata pelajaran tertentu selaku referensi untuk menyusun indikator kompetensi yakni :
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
Jawaban : C
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
Jawaban : B
30. Dalam berbagi penilaian hendaknya mengamati prinsip berikut ini, KECUALI ..
a. Memandang penilaian dan aktivitas pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran
b. Mengembangkan peran penilaian yang mempunyai arti, terkait eksklusif dengan kehidpan aktual
c. Mengembangkan aneka macam seni manajemen yg mendorong dan memperkuat evaluasi selaku cermin diri
d. melaksanakan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan aneka macam jenis gosip tentang hasil berguru
e. Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD
Jawaban : E
31. Menerapkan sebuah prinsip (applying a principle), menciptakan versi (model building), mengecek (evaluating) , mempersiapkan (rencana), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menerka / mengemukan usulan / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari informasi (dealing with retrieval)
b. Memproses (processing):
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-sikap Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
Jawaban : C
32. Dalam menyebarkan indikator hendaknya :
a. Urutan menurut hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
b. Adanya keterkaitan antar tolok ukur kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
d. Sesuai dengan karakteristik penerima didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
e. Memperhatikan acuan, objek, dan/atau alat/bahan yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran.
Jawaban : D
33. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menerangkan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b. Memproses (processing):
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan mampu mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
Jawaban : B
34. Dalam menentukan bahan pokok (lesson content) hendaknya meliputi sebagai berikut :
a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi kriteria kompetensi dan kompetensi dasar.
b. Berisi garis besar versi, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam acara pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk mendapatkan sendiri wawasan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
d. Berisi alokasi waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari setiap patokan kompetensi.
e. Berisi bahan referensi (literature) dan sumber berguru lainnya.
Jawaban : A
35. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya memikirkan berikut ini, KECUALI
a. Potensi penerima asuh;
b. Tingkat pertumbuhan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual akseptor didik ;
c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan bahan pembelajaran;
e. Relevansi dengan keperluan penerima ajar dan tuntutan lingkungan, utamanya dunia kerja;
Jawaban : C
36. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa akseptor asuh mempunyai posisi sentral untuk menyebarkan kompetensinya semoga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berakal, mahir, kreatif, berdikari dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkelanjutan
d. Beragam dan terpadu
e. Berpusat pada potensi, kemajuan, keperluan, dan kepentingan penerima latih dan lingkungannya
Jawaban : E
37. Pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan keperluan kehidupan, tergolong di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia perjuangan/industri dan dunia kerja.
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap kepada kemajuan ilmu wawasan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan keperluan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
e. Berpusat pada potensi, kemajuan, kebutuhan, dan kepentingan penerima didik dan lingkungannya
Jawaba
n : B
38. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI:
a. Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang berkaitan dengan tolok ukur kompetensi/kompetensi dasar.
b. Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan ihwal wawasan, ketrampilan dan sikap yang dibutuhkan dikuasai siswa sesudah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).
c. Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional adalah kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).
e. Menentukan rincian bahan (fakta, desain, prinsip, prosedur) yang berkaitan dalam rangka meraih tujuan pembelajaran.
Jawaban : D
39. Merumuskan tujuan pembelajaran dijalankan
a. Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang mau digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
b. Setelah mengidentifikasi bahan asuh berdasarkan bahan pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
c. Setelah memilih sistem pembela-jaran yang hendak dipakai
d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari aktivitas awal, inti, dan tamat.
e. Setelah memilih alat/bahan/ sumber mencar ilmu yang dipakai
Jawaban : A
40. Dalam menentukan planning implementasi acara pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI ………..
a. Tentukan versi, pendekatan, seni manajemen, sistem, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa ikut serta aktif dalam aktivitas pembelajaran.
b. Strategi yang diseleksi hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri memperoleh sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai (student centered learning).
c. Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan problem, pembelajaran individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d. Menentukan detail bahan (fakta, konsep, prinsip, mekanisme) yang berhubungan dalam rangka meraih tujuan pembelajaran.
e. Tentukan planning aktivitas yang perlu dilakukan guru (merencanakan, memotivasi dan menarik minatsiswa, manyajikan bahan pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan aneka macam media dan metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memperlihatkan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
Jawaban : D
41. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya semoga mampu mencapai hasil yang maksimal. Hal ini ialah implementasi dari:
a. Kompetensi Kepribadian
b. Kompetensi Profesinal
c. Kompetensi Pardagogik
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Akademik
Jawaban : C
42. Salah satu aktivitas guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta latih ialah …..
a. Melatih siswa mengerjakan soal cobaan nasional.
b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.
c. Melakukan acara pre test
d. Melakukan post test.
e. Melakukan ulangan harian kagetan atau spontanitas.
Jawaban : C
43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang mampu melemahkan semangat mencar ilmu siswa.
2. Ciptakan suasana kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3. Jatuhkan eksekusi dan hukuman yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang mampu digunakan untuk mengatasi kesusahan mencar ilmu siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, yaitu pernyataan :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
e. 1 dan 4
Jawaban : A
44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus mengamati Intake Siswa.
Pernyataan berikut yang BUKAN aspek utama untuk menentukan Intake siswa adalah …….
a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b. Nilai rapor kelas sebelumnya.
c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang Sekolah Menengah Pertama.
e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang bau tanah
Jawaban : E
45. Pak Dedi mendapatkan kasus kesusahan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara berguru yang salah. Langkah yang paling sempurna dilaksanakan untuk menanggulangi kesulitan mencar ilmu tersebut adalah….
a. Berikan kesempatan terhadap siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.
b. Tunjukkan akhir atau pengaruh cara belajar yang salah terhadap prestasi mencar ilmu
c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menggembirakan atau mendapatkan berhasil dalam belajar.
e. Ciptakan situasi yang aman sehingga tercipta kreatifitas siswa.
Jawaban : B
46. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2. Kapasitas mencar ilmu (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3. Kapasitas belajar (talenta) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4. Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang
merupakan aspek penyebab kesusahan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa ialah pernyataan….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
e. 4 dan 2
Jawaban : C
47. Agar penerima ajar dapat mengembangkan peluangsesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri lewat kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut mesti mempunyai fungsi ….
a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-inovatif, prestasi
c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan hemat.
Jawaban : B
48. Agar potensi penerima bimbing mampu berkembang secara maksimal, maka dalam acara pengembangan diri mampu difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling mencakup 4 hal yaitu :
a. Layanan eksklusif, sosial, mencar ilmu dan intelegensi.
b. Layanan eksklusif, sosial, karir dan intelegensi.
c. Layanan langsung, sosial, karir dan berguru
d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.
e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.
Jawaban : C
49. Pembelajaran mempunyai arti memerlukan usaha yang benar-benar dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan rancangan berhubungan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengenali konsep permulaan yang dimiliki siswa yaitu dengan . . .
a. siklus mencar ilmu
b. peta rancangan
c. pembelajaran desain
d. struktur kognitif
e. pemrosesan informasI
Jawaban : B
50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan versi konstruktivis dalam mengajar?
a. Menyiapkan benda-benda faktual untuk dimanfaatkan siswa mencar ilmu.
b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
d. Memberi peran siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
e. Menjelaskan suatu desain secara detail.
Jawaban : D
51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan sebab karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a. membangkitkan minat siswa
b. merangsang siswa lebih aktif mencar ilmu
c. memberi potensi siswa berkreasi
d. membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
e. menantang siswa untuk selalu berguru
Jawaban : D
52. Indikator dalam RPP dikembangkan menurut . . .
a. standar kompetensi.
b. kompetensi dasar
c. bahan pembelajaran.
d. seni manajemen pembelajaran.
e. tata cara pembelajaran.
Jawaban : B
53. Bagaimana usulan saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang memakai televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
a. Setuju alasannya mampu melatih siswa memperhatikan gerak bibir presenter.
b. Sangat oke karena televisi yakni media pembelajaran yang menyenangkan.
c. Kurang oke karena program televisi sering tidak atau kurang mendidik.
d. Setuju dan tidak baiklah bergantung pada kompetensi yang mau dicapai dalam pembelajaran
e. Sangat tidak oke karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.
Jawaban : D
54. KTI hasil penelitian langkah-langkah kelas (PTK) makin banyak digunakan selaku aktivitas pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a. Para guru mengerti bahwa salah satu tujuan aktivitas pengembangan profesi, yaitu dilakukannya acara konkret di kelasnya. Dan ditujukan untuk mengembangkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melaksanakan kegiatan mirip itu, sudah biasa dilaksanakan
b. Kegiatan PTK, mesti dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, sebab cuma dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
c. Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan observasi tindakan di dalam kelas yang diyakini makin patut untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ialah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal gres” dalam praktik pembelajarannya.
d. Banyak penemuan baru dalam pembelajaran, utamanya dalam praktik pembelajaran (contohnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) membutuhkan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.
e. Sebagian besar guru yang sudah meraih kalangan IV/a ke atas
Jawaban : E
55. Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
b. Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
c. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
d. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
e. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Jawaban : E
56. Seorang guru mampu Mampu mendesain pembelajaran, mengetahui landasan pendidikan
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
57. Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : A
58. Seorang guru bisa Mampu merancang dan melakukan evaluasi pembelajaran
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : A
59. Seorang guru bisa Memfasilitasi peserta asuh untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Kewirausahaan
Jawaban : A
60. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Supervisi
Jawaban : C
61. Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : C
62. Seorang guru bisa Memiliki budpekerti mulia dan menjadi teladan
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : B
63. Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang pandai
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : B
64. Seorang guru bisa Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan akseptor bimbing
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : B
65. Seorang guru bisa berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, tergolong……..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : B
66. Seorang guru berniat berbelanja dan membaca buku perihal asesment pembelajaran. Rencana tersebut memperlihatkan keinginan guru mengembangkan ciri:
a. Kompetensi pedagogic
b. Kompetensi sosial
c. Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi professional
Jawaban : D
67. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat tiba ke sekolah merupakan ranah:
a. Kompetensi sosial
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi profesional
d. Kompetensi pedagogic
Jawaban : B
68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang melakukan pekerjaan dan mendesain, melakukan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut ialah perjuangan guru untuk mengembangkan diri ranah:
a. Kompetensi sosial dan pedagogic
b. Kompetensi profesional dan pedagogic
c. Kompetensi kepribadian dan profesional
d. Kompetensi kepribadian dan social
Jawaban : C
69. Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
a. RPP merupakan bab dari administrasi sekolah
b. Proses pembelajaran ialah kegiatan yang mesti dijadwalkan
c. RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
d. Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi
Jawaban : B
70. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah membuatkan diri dalam ranah tersebut tengah menyebarkan diri dalam ranah
a. Kompetensi profesional
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi sosial
d. Kompetensi pedagogic
Jawaban : B
71. Paikem ialah pembelajaran yang :
a. Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan mengasyikkan
b. Aktif, inovatif, inovatif, edukatif dan mengasyikkan
c. Aktif, kreatif, kreatif, efektif dan mengasyikkan
d. Pembelajaran Aktif, inovatif, efektif dan menggembirakan
72. Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
a. Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b. Masalah tiap-tiap golongan beda dari tiap-tiap kelompok
c. Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
d. Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam
Jawaban : D
73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi balasan secara sukarela guru mampu menerapkan
a. Brain storming
b. Concept mapping
c. Quickstioning
d. Role playing
Jawaban : A
74. Problem salving dan discovery learning mampu meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :
a. Individual thinking
b. Direct thinking
c. Critical thinking
d. Personal thinking Pemilihan
Jawaban : C
75. Pemilihan satu modul pembelajaran khususnya dilakukan berdasarkan
a. Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasan
b. Teori yang dimengerti guru
c. Keinginan dan putusan bersama
d. Tersedianya waktu dan dana yang ada
Jawaban : A
76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a. Kerja sama meraih tujuan
b. Kemampuan kerja individu
c. Saling interaksi
d. Saling tergantung tetapi saling memberi:
Jawaban : B
77. Memilih media, mempertimbangkan
a. Kesesuaian media dengan tujuan, bahan dan pertumbuhan siswa
b. Kecanggihan media
c. Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran
d. Kelengkapan dan kualitas media
Jawaban : A
78. Guru memakai media dalam mengajar karena
a. Tuntutan kurikulum
b. Anjuran KS
c. Media membatu siswa biar lebih gampang mengerti
d. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
Jawaban : C
79. Penggunaan Media efektif bila
a. Dapat membantu guru mempercepat bahan
b. Dapat mengembangkan motivasi siswa melalui bermain
c. Dapat meningkatkan pencapaian hasil mencar ilmu siswa
d. Dapat menyelesaikan bahan didik melebihi sasaran
Jawaban : C
80. Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a. Sesuai dengan tingkat/karakteristik mencar ilmu
b. Sesuai dengan tingkat tujuan yang diraih
c. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
d. Sesuai dengan bahan yang dihidangkan
Jawaban : C
81. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan sempurna untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berhubungan dengan persyaratan …
a. Kesesuaian
b. Tingkat kesusahan
c. Ketersediaan
d. Kualitas teknis
Jawaban : A
82. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya mempunyai tingkat kejelasan bagi siswa tergolong goresan pena guru harus mampu dibaca oleh siswa. Ini berhubungan dengan kriteria :
a. Kesesuaian
b. tingkat kesusahan
c. ketersediaan
d. kualitas teknis
Jawaban : D
83. Hasil acara berikut yang paling tepat diukur dengan non tes yakni :
a. kemampuan siswa mengerti bahan
b. keaktifan siswa belajar di kelas
c. keaktifan siswa menulis karangan
d. ketrampilan siswa menulis paparan / kisah
Jawaban : B
84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengenali kemajuan :
a. kemampuan mengetahui bahan
b. siswa mengerjakan peran
c. kerajinan dan kreatifitas siswa
d. hasil belajar siswa secara keseluruhan
Jawaban : D
85. Kegiatan mencar ilmu berikut yang sempurna dievaluasi tes kinerja..
a. Berhitung (matematika)
b. Memecahkan persoalan
c. Melakukan percobaan
d. Membuat karya tulis
Jawaban : C
86. Untuk memajukan mutu pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut
1.Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
2.Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah tolok ukur kemudian memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua golongan.
3.Melakukan refleksi kepada kelemahan tata cara yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran selanjutnya
4. Menerapkan tata cara mengajar bagi siswa yang menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas ialah :
a. 1, 2, 3
b. 1 dan 2
c. 2 dan 4
d. 1, 2, 3 dan 4
Jawaban : A
a. mempresentasikan hasil diskusi
b. membuat karya tulis
c. membuat model
d. kerjasama dengan kalangan.
Jawaban : B
88. Dalam membuatkan alat evalusi guru harus mengamati :
a. kompetensi dasar, indikator, dan materi didik dan SKBM.
b. kesesuaian dengan bahan asuh, soal harus mengukur tingkat pengertian siswa terhadap bahan yang diajarkan.
c. Hasil mencar ilmu soal hrs dibuat sedemikian rupa, supaya sebagian besar siswa mencapai persyaratan ketuntasan mencar ilmu minimal (SKBM)
d. Analisis hasil penilaian tdk harus dilaksanakan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai cobaan pada bahan selanjutnya
Jawaban : A
89. Pernyataan berikut yang benar ihwal assesment ialah :
a. proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
b. proses pengumpulan info ihwal akseptor ajar berkenaan dengan apa yang mereka pahami dan apa yang mampu mereka lakukan.
c. melaksanakan evaluasi kesanggupan siswa menerima pelajaran
d. proses evaluasi tkt kecerdasan siswa.
Jawaban : A
90. Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
a. disajikan dalam bentuk artikel atau makalah
b. ditulis menurut bukan hasil riset
c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset
d. berupa kajian teoritis
Jawaban : C
91. Langkah-langkah PTK mampu dijalankan selaku berikut………………
a. Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
b. Refleksi – Perencanaan – Observasi – Pelaksanaan
c. Observasi – Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
d. Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – Refleksi
Jawaban : D
92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a. PTK mesti mampu memperlihatkan bahwa aktivitas PTK memang betul-betul sudah dijalankan oleh guru yang bersangkutan.
b. PTK yang dikerjakan benar-benar memiliki manfaat.
c. PTK mesti memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d. KTI guru hendaknya berhubungan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dijalankan untuk memajukan mutu proses dan hasil mencar ilmu di kelasnya.
e. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
Jawaban : E
93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya…
a. Nilai percakapan belum meningkat
b. Terkait dengan masalah pada konteks bantu-membantu pada waktu melaksanakan PBM dalam kelas
c. Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas
d. Terkait dengan problem pada kontk bahu-membahu pada waktu di luar jam pelajaran
Jawaban : B
94. Prosedur penilaian pemerolehan berguru, proses perkembangan mencar ilmu dan kinerja siswa dengan aneka macam alat diketahui sebagai :
a. Authentic material
b. Authentic learning
c. Authentic assessment
d. Authentic data
Jawaban : C
95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi akseptor didik terlihat dalam aktivitas guru….
a. membuat desain pembelajaran khusus untuk akseptor ajar selaku penerima remedial
b. menggunakan desain pembelajaran yang sudah dibentuk dengan mengamati hasil temuan analisis evaluasi berguru peserta latih
c. menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berlawanan sama sekali dengan desain yang ada
d. menyiapkan tes ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi bahan
e. memakai rancangan pembelajaran menurut materi latih mencar ilmu penerima latih
Jawaban : B
96. Standar nasional pendidikan yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan acara pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional biar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut …………………
a. Standar Proses;
b. Standar Kompetensi Lulusan;
c. Standar Sarana Dan Prasarana;
d. Standar Pengelolaan;
e. Standar Penilaian Pendidikan
Jawaban : D
97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;
b. Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan
c. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d. Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e. Jawaban A, B dan C Benar
Jawaban : E
98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk moral serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bermaksud untuk berkembangnya potensi akseptor asuh supaya menjadi insan yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, akil, piawai, inovatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut yakni ……………….
a. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
b. Fungsi pendidikan nasional
c. Tujuan pendidikan nasional
d. Sasaran pendidikan nasional
e. Arah kebijakan pembangunan nacional
Jawaban : A
a. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
e. Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
Jawaban : A
100. Memahami peserta bimbing secara mendalam
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Professional
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Manajerial
Jawaban : A
Link Download Soal
Bagi anda yang kepincutmengunduh 100 soal diatas silakan klik pada tautan dibawah ini: