Download Contoh RPP Problem Based Learning Lengkap RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Lembar Penilaian
. Sebelum melakukan pembelajaran guru menyiapkan perangkat pembelajaran dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Salah satu versi pembelajaran yang populer akil balig cukup akal ini ialah PBL atau Problem Based Learning. Termasuk juga untuk mahasiswa PPG 2021 atau Mahasiswa PPG Daljab 2021 melaksanakan praktik pengalaman lapangan atau PPL Praktik pembelajaran lapangan, Uji Komprehensif dan Uji Kinerja UKIN UKMPPG 2021 menggunakan RPP masalah based learning. Sebenarnya selain menggunakan RPP duduk perkara based learning mahasiswa PPG dalam jabatan 2021 juga direkomendasikan menggunakan RPP project based learning atau RPP PJBL.
RPP PBL (RPP Problem Based Learning) |
Berikut saya sajikan Contoh RPP Problem Based Learning Lengkap RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Lembar Penilaian lengkap dengan link Download Contoh RPP Problem Based Learning Lengkap RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Lembar evaluari atau lembar Penilaian.
Silakan bapak ibu guru maupun mahasiswa PPG 2021 Download Contoh RPP PBL Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 lewat link unduh rpp persoalan based learning sd kelas 6 pada tamat artikel ini. Contoh rpp dilema based learning sd kelas 6 ini mampu dijadikan sebagai refrensi selaku contoh rpp masalah based learning sd kelas 5, contoh rpp dilema based learning sd kelas 4, pola rpp duduk perkara based learning sd kelas 3, pola rpp dilema based learning sd kelas 2 dan teladan rpp duduk perkara based learning sd kelas 1 serta rpp persoalan based learning smp maupun rpp duduk perkara based learning sma.
Pratinjau Contoh RPP Problem Based Learning / RPP PBL Kelas 6:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN Sekarjati 1
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran : 3
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit (2 JP)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
- KI 1: Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
- KI 2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
- KI 3: Memahami wawasan kasatmata dengan cara memperhatikan (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- KI 4: Menyajikan pengetahuan nyata dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang merefleksikan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1. Menyimpulkan info menurut teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1. Menyajikan tamat secara ekspresi dan tulis dari teks laporan hasil observasi atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1. Menemukan ilham pokok dengan bantuan diagram.
4.1.1. Mengembangkan wangsit pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci
IPA
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1. Menyajikan karya perihal perkembangangbiakan flora.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1. Menemukan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan
3.1.2. Menemukan manfaat perkembangbiakan vegetatif pada tanaman
4.1.1. Mengemukakan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan melalui tabel
4.1.2. Mengemukakan faedah perkembangbiakan vegetatif pada flora lewat tabel
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
- Setelah membaca teks wacana “Tumbuhan Sumber Kehidupan” dan mempelajari bahan latih siswa bisa menemukan ilham pokok dengan santunan diagram.
- Setel
ah mendapatkan ilham pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan memakai bahasanya
sendiri secara rinci.
- Setelah berdiskusi, mengamati video dan mencari gosip dari materi bimbing, siswa mampu mendapatkan cara perkembangbiakan vegetatif pada flora dan keuntungannya dengan benar.
- Setelah berdiskusi, memperhatikan video dan mencari informasi dari bahan bimbing, siswa mampu Menemukan manfaat perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan
- Setelah berdiskusi, siswa mampu Mengemukakan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan melalui tabel dengan benar
- Setelah berdiskusi, siswa mampu Mengemukakan manfaat perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan melalui tabel dengan benar
D. MATERI PEMBELAJARAN
- Perkembangbiakan vegetatif flora di sekeliling dan manfaatnya
- Menemukan Ide pokok berita menurut teks laporan hasil observasi mengembangkannya lewat tulisan.
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik TPACK
2. Model : Problem Based Learning
3. Teknik:
a. Orientasi Peserta Didik Terhadap Masalah
b. Mengorganisasikan Peserta Didik
c. Membimbing Penyelidikan Individu
d. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. PPT
2. Video pembelajaran (Link terlampir pada RPP)
Sumber Belajar :
- Ringkasan Materi, Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Wortel, umbi kayu, atau pisang
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
- Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan iktikad masing-masing. Religius
- Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” tolong-menolong. Nasionalis
- Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kedatangan dan menyelidiki kerapihan busana, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan acara pembelajaran.
- Guru memberikan apersepsi terhadap siswa
- Guru Menginformasikan tema yang hendak dibelajarkan adalah ihwal ”Selamatkan Makhluk Hidup” serta tujuan yang mau diraih
Kegiatan Inti
FASE 1: Orientasi peserta latih pada masalah
- Guru menawarkan gambar tanaman yang terjangkit hama dan gambar krisis pangan
- Peserta didik memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru.
- Peserta asuh tanya jawab dengan guru tentang isi gambar PPT.
- Peserta latih diminta menawarkan jawaban dan pertimbangan kepada gambar/foto yang diberikan.
- Peserta ajar diberikan peluang untuk memutuskan urusan dalam bentuk pertanyaan yang berafiliasi dengan gambar yang diperhatikan.
Contoh pertanyaannya yaitu:
1. Apakah isi gambar 1?
2. Apakah isi gambar 2?
3. Apakah isi gambar 3?
4. Apakah isi gambar 4?
5. Jelaskan keterkaitan gambar 1, 2, 3 dan 4!
6. Bagaimana cara semoga gambar 4 tidak terjadi?
- Guru memperlihatkan buah atau sayuran yang dibawanya (yang meningkat biak secara vegetatif : bawang, pisang, wortel, atau lainnya).
- Guru dan peserta asuh bertanya jawab tentang tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait perkembangbiakannya. Creativity and Innovation
FASE 2: Mengorganisasi peserta ajar dalam belajar
- Peserta bimbing dibagi menjadi 2 kalangan
- Peserta latih diberikan LKPD
- Peserta asuh dibantu mendefinisikan dan mengorganisasikan peran mencar ilmu yang berafiliasi dengan masalah tersebut.
FASE 3: Membimbing pengusutan penerima latih kelompok
- Menggunakan materi didik dan buku siswa akseptor didik menghimpun isu untuk membangun pandangan baru mereka sendiri dalam memecahkan problem
- Peserta bimbing mendiskusikan pertanyaan dan melakukan pengusutan pada LKPD dalam kelompok. Collaboration
- Peserta asuh mampu menggunakan bahan ajar maupun buku penunjang untuk materi diskusi
- Peserta latih berdiskusi di luar kelas untuk memperhatikan flora di sekitar sekolah
- Guru membimbing pengusutan yang dikerjakan akseptor ajar dengan berkeliling untuk menawarkan sumbangan dikala siswa berdiskusi. Guru mampu menawarkan pertanyaan pancingan jika diskusi tidak berlangsung tanpa gangguan.
- Guru melakukan evaluasi terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru memakai rubrik. Siswa yang belum dinilai pada peluang ini dapat dinilai dikala mereka melakukan diskusi di potensi lain. Rubrik ada di halaman belakang.
FASE 4: Mengembangkan dan menyaji
kan hasil karya
- Peserta asuh mencatat hasil pengusutan golongan dalam Lembar Kerja.
- Peserta asuh mengolah hasil pengusutan yang diperoleh dari kelompoknya.
- Peserta didik menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja.
- Peserta latih menyimpulkan hasil pengusutan dari masalah yang ditemukan
FASE 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan problem
- Peserta asuh dan guru memeriksa hasil penyelidikan lewat diskusi kelas.
- Peserta bimbing dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah yang ada pada LKPD
- Selanjutnya akseptor bimbing diminta membaca hasil penyelidikan dan diskusi dan dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.
- Kelompok penerima asuh yang sukses memecahkan urusan diberi pengahargaan.
- Peserta bimbing mengumpulkan LKPD terhadap guru untuk dinilai
- Peserta didik bareng guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah berlangsung (Integritas) Apa saja yang sudah dipelajari dari kegiatan hari ini?
Kegiatan Penutup
- Peserta ajar bareng guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
- Guru memperlihatkan penguatan dengan menayangkan video wacana flora sumber kehidupan https://youtu.be/c0mze68CIT4
- Peserta ajar menyimak klarifikasi guru ihwal aktivitas pembelajaran pada konferensi berikutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bareng orang bau tanah adalah: mengamati flora disekitar tempat tinggal siswa yang berkembangbiak secara vegetatif.
- Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang penerima bimbing.
Lampiran
1. Bahan Ajar
2. Instrumen Penilaian
3. Bahan Ajar
4. LKPD
5. Media PPT
Selengkapnya untuk penerapan RPP ini mampu dilihat pada Video UKIN PPG Daljab 2021