Soal dan Jawaban Korespondensi Kelas X Semester 1 2021

Unduh Soal & Jawaban Korespondensi Kelas 10 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Setiap akhir mempelajari satu kompetensi dasar , siswa diuji lewat beragam bentuk soal penilaian untuk mengetahui kompetensi wawasan yang dimilikinya sesudah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.

 

Untuk membantu adik-adik kelas 10 dalam mencar ilmu , Bank Soal menawarkan Soal & Jawaban Korespondensi Kelas 10 Semester Gasal Tahun 2021/2022.

Download Soal & Jawaban Korespondensi Kelas 10 Semester Gasal

1. Pada zaman teknologi yang makin maju seperti sekarang ini , seseorang dapat menawarkan informasi dari media apa saja. Seorang pimpinan dapat menunjukkan pengumuman terhadap karyawannya menggunakan telepon genggam secara menyeluruh. Peran seorang pimpinan dalam memperlihatkan isu pada gambaran tersebut yakni….

A. Komunikan

B. Pesan

C. Komunikator

D. Media

E. Feedback

 

2. Suatu proses pengiriman pesan atau simbol-simbol yang mengandung arti dari seseorang komunikator terhadap komunikan dengan tujuan tertentu , ialah pengertian dari :

A. Komunikasi

B. Komunikan

C. Komunikator

D. Pesan

E. Informasi

 

3. Pemindahan pesan tanpa memakai kata-kata. Merupakan cara yang paling meyakinkan untuk memberikan pesan kepada orang lain , ialah pemahaman dari…

A. Komunikasi non mulut

B. Komunikasi mulut

C. Komunikasi tidak pribadi

D. Komunikasi Tertutup

E. Komunikasi eksklusif

 

4. Proses penyampaian asumsi , pesan , atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan memakai symbol yang menggunakan satu kata maupun lebih selaku medianya , ialah pemahaman dari…

A. Komunikasi non lisan

B. Komunikasi mulut

C. Komunikasi tidak eksklusif

D. Komunikasi Tertutup

E. Komunikasi pribadi

 

5. Pada hari ini , PT Proliman mendapatkan surat permintaan kerjasama yang diantarkan oleh PT Protelon tentang koordinasi percetakan dokumen , buku dan sebagainya. Namun ada beberapa hal yang kurang mampu diketahui wacana poin-poin kerjsama yang ditawarkan. Untuk memperjelas poin kerjasama tersebut , maka PT Proliman menghubungi PT Protelon melalui telepon. 

Berdasarkan gambaran di atas , fungsi komunikasi telepon adalah untuk….

A. Mempermudah penyampaian berita

B. Memperjelas isi berita yang disampaikan komunikator

C. Mempersingkat waktu dalam penyampaian pesan atau informasi

D. Mengefektifkan proses penyampaian pesan atau informasi

E. Sebagai alat untuk menghidupkan daya Tarik pesan atau berita

 

6. Sebagai wujud  istilah perasaan atau asumsi komunikator , atas apa yang dia pahami kepada sesuatu  hal  atau  permasalahan , ialah pemahaman dari fungsi komunikasi…..

A. Informasi

B. Kontrol

C. Sosial

D. Ekonomi

E. Ekspresi

 

7. Semua fasilitas yang di pergunakan untuk memproduksi , mendistribusikan , atau menyebarkan , dan menyampaikan gosip , ialah pemahaman dari…

A. Komunikan

B. Komunikasi

C. Media komunikasi

D. Pesan

E. Informasi

 

8. Berikut ini yang bukan ialah media komunikasi yang dipakai secara internal ialah…

A. Telephone (telepon)

B. Surat

C. Papan pengumuman

D. TV

E. House jurnal (majalah bulanan)

 

9. Berikut ini yang bukan ialah teladan komunikasi tatap paras pribadi adalah…

A. Rapat

B. Menelepon

C. Diskusi

D. Pertemuan

E. Mengobrol

 

10. Dibawah ini yang ialah media audio adalah …

A. Radio , TV , Koran

B. Radio , TV , Tape recorder

C. Radio , Foto , Koran

D. Radio , TV , Majalah

E. Radio , MP3iv>

11. Proses komunikasi sungguh dipengaruhi oleh aspek doktrin , merupakan pemahaman dari aspek komunikasi…..

A. Clarity

B. Context

C. Content

D. Credibility

E. Continuity

 

12. Media yang digunakan untuk komunikasi secara internal , kecuali…..

A. Surat keluar

B. Telephone (telepon)

C. Papan pengumuman

D. House jurnal (majalah bulanan)

E. Memo

 

13. Salah satu manfaat dari komunikasi adalah…

A. Dapat menggunakan media dengan sempurna

B. Dapat berjumpa dengan orang banyak

C. Menjaga hubungan baik dan silaturahmi dalam sebuah persahabatan , komunitas

D. Lebih percaya diri

E. Dapat memajukan status sosial

 

14. Dibawah ini yang bukan ajaran untuk tercapainya komunikasi yang baik yaitu…

A. Kunci berhasil komunikasi ialah umpan balik.

B. Komunikasi tatapmuka adalah bentuk komunikasi yang paling efektif.

C. Setiap pesan komunikaasi mengandung unsur berita sekaligus emosi.

D. Kunci sukses komunikasi yakni sudah saling kenal anrtara komunikator dengan komunikan.

E. Kata ialah lambang untuk mengekspresikan pikiran atau perasaan yang terbuka untuk ditafsirkan.

 

15. Dalam berkomunikasi secara mulut , ada beberapa perilaku yang perlu dicermati , diantaranya truth , yang mempunyai arti…

A. Tulus

B. Ramah 

C. Kesungguhan

D. Ketenangan 

E. Beroreintasi pada kebenaran

 

16. Di dalam proses komunikasi terdapat ungkapan decoding dan encoding , decoding memiliki arti….

A. Menterjemahkan/mengartikan simbol-simbol kedalam bahasa/pesan yang mudah diketahui

B. Pesan yang mau disampaikan oleh komunikator kepada komunikan

C. Adanya umpan balik yang menunjukkan adanya komunikasi dua arah

D. Adanya hambatan dalam proses komunikasi

E. Pesan yang mau disampaikan disandikan terlebih dulu menjadi symbol-simbol.

 

17. Pesawat telepon yang digunakan oleh penduduk kebanyakan yang mempunyai akomodasi telepon di rumahnya adalah pesawat…

A. Intercom

B. Tunggal

C. Hunting

D. Telepon intern

E. Telepon ekstern

 

18. Berikut keuntungan telepon dengan pesawat  SLJJ , kecuali …

A. Tidak di kenakan ongkos minimum 3 menit

B. Tidak perlu menanti usang 

C. Tidak perlu menelepon operator

D. Tidak perlu mengeluarkan uang mahal

E. Tidak dapat meraih seluruh Indonesia

 

19. Pesawat telepon yang dipakai untuk membuat sebuah kekerabatan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melakukan konferensi , disebut

A. Telephon 

B. PABX

C. Telephon conference

D. Voice mail

E. Skype

 

20. Siti yakni seornag staf penjualan di perusahaan Karya Nanda. Suatu saat , Siti ingin menghubungi rekan kerjanya yang berada di bagian keuangan untuk mendiskusikan masalah permintaan dana untuk pengadaan barang di bab penjualan. Alat komunikasi yang cocok dipakai oleh Siti yakni….

A. Pesawat telepon

B. Switchboard

C. PMBX

D. Intercom

E. PABX

 

21. Cara menggunakan korelasi telepon yang dimulai dengan menekan aba-aba daerah dan kemudian menekan aba-aba nomor telepon yang di tiju disebut kekerabatan …

A. Interlokal

B. Local

C. Tunggal

D. Ganda

E. Internasional

 

22. Melakukan hubungan telepon eksklusif ke luar negeri dengan pesawat telepon (bukan Hp) ialah dengan cara memutar….

A. Kode permulaan/SLI + aba-aba negara + instruksi kawasan + nomor telepon

B. Kode negara + kode wilayah + nomor t

elepon

C. Kode permulaan/SLI + arahan negara + nomor telepon

D. Kode negara + aba-aba permulaan/SLI + arahan kawasan + nomor telepon

E. Nomor telepon + Kode daerah + kode negara

 

23. Ilmu perihal apa yang bagus dan apa yang buruk dan ihwal hak dan kewajiban akhlak (adat) , ialah pengertian dari…

A. Sikap

B. Kepribadian

C. Tindak tanduk

D. Etika

E. Etika Kepribadian

 

24. Dalam menagani telepon terdapat aspek hambatan antara lain faktor….

A. Posisi dan alat

B. Dana dan pemakaian 

C. Alat dan pemakai 

D. Manusia dan penggunaan

E. Komunikasi dan alat

 

25. Kemampuan untuk menempatkan diri pada suasana atau keadaan yang di hadapi orang lain , ialah pemahaman dari prinsip komunikasi secara…

A. Respect

B. Empaty

C. Audible

D. Humble

E. Clarity

 

26. Sikap yang perlu dicermati oleh seseorang dalam berkomunikasi , kususnya berkomunikasi ekspresi , ialah antara lain truth yang berarti…

A. Tulus 

B. Ramah 

C. keseriusan 

D. Ketenangan 

E. Beroreintasi pada kebenaran 

 

27. Banyak manfaat yang mampu diperoleh dengan berkomunikasi secara baik dan efektif , di antaranya selaku berikut , kecuali….

A. Menyebabkan terjadinya pertentangan antara komunikator dengan komunikan

B. Tersampaikan nya ide atau anutan kepada orang lain dengan jelas dan sesuai dengan yang dimaksudkan

C. Adanya saling kesepahaman antara komunikator dan komunikan dalam suatu masalah , sehinggga terhindar dari salah peresepsi.

D. Menjaga hubungan baik dan silaturahmi dalam sebuah persahabatan , komunitas.

E. Pesan-pesan yang disampaikan mampu diterima dengan baik tanpa menimbulkan perasaan negatif

 

28. Kurang dapat menangkap isi pembicaraan merupakan salah satu kendala dalam komunikasi telepon , contohnya pada saat anda menerima telepon , anda diminta untuk menyebutkan nama pimpinan anda , namun si penelpon tidak mendengar , maka untuk memperjelas permulaan aksara maka anda memakai…

A. Pengeras suara

B. Tulisan

C. Spelling karakter

D. Diulag-ulang

E. Mengeja 

 

29. Saat anda akan melaksanakan panggilan telepon , maka pesan yang hendak anda sampaikan akan dicatat pada . . . .

A. Bloknote

B. Kertas

C. lembar kartu kontrol

D. Lembar disposisi

E. Lembar pesan telpon

 

30. Saat anda mendapatkan telepon masuk , maka anda akan mengisi . . . .

A. Bloknote

B. Kertas

C. Lembar kartu kendali

D. Lembar pesan telpon

E. Lembar disposisi

 

31. Kode alphabet untuk spelling karakter yakni kata yang sering kita ucapkan kalau kita berada dalam percakapan di mana kita tidak saling ketemu , dibawah ini yaitu kata yang sering dipakai untuk spelling abjad , kecuali…

A. A : Alpha

B. B : Bravo                                                  

C. C : Charlie

D. D : Delta

E. E : Enak

 

32. Telephone Manner atau disebut juga perihal tata bicara di telepon , terdapat beberapa hukum yang bagus dan benar. Dibawah ini yang bukan sistem mendapatkan telpon yang baik yakni…

A. Mengangkat telepon dalam tiga kali dering

B. Menyebutkan nomor telpon eksklusif walaupun tidak diminta

C. Mengangkat telepon dengan tangan kiri

D. Tangan kanan memegang alat tulis

E. Memberikan/menyebutkan identitas

 

33. Di bawah ini ialah pertanyaan yang mampu Anda kerjakan , kalau pada ketika mendapatkan telepon si penelepon tidak menyebutkan identitasnya yaitu…

A. Siapa yang bicara?

B. Boleh aku tahu , siapa yang bicara?

C. Boleh aku tahu , dengan s

iapa aku bicara?

D. Tolong dikasih tahu , dengan siapa aku bicara?

E. Siapa ini?

 

34. Saat anda mendapatkan telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan sementara dia sedang sibuk dan tak mau diusik. Apa yang mesti anda sampaikan biar si penelepon tidak kecewa ….

A. Maaf bapak sedang sibuk tidak mampu diusik!

B. Maaf bapak sedang sibuk , mampu telepon lagi

C. Maaf tinggalkan pesan saja bapak sedang sibuk

D. Maaf bapak sedang sibuk ada pesan yang ingin disampaikan?

E. Lain kali saja bapak telepon lagi , kalau bapak tidak sibuk

 

35. “Good morning , PT. Karya Nanda , Susi is speaking , can I help you” ialah contoh percakapan telepon bahasa inggris di….

A. Awal obrolan

B. Akhir pembicaraan

C. Tengah pembicaraan

D. Iinti obrolan

E. Pembukaan 

 

36. Dibawah ini ialah langkah-langkah mengatasi telepon bahasa inggris , kecuali…..

A. Don’t let someone wait too long on the telephon

B. When you get a rude caller you should act the same

C. You must smile when you answer the telephon

D. Don’t let the phone ring too long

E. You must mention your name when you answer the telephon

 

37. Saat anda mendapatkan telepon yang akan anda ucapkan pertama kali ialah ….

A. Selamat pagi , PT Maju Mundur , ada yang bisa aku bantu?

B. Selamat pagi , gimana ada yang bisa aku bantu?

C. Selamat pagi , Maaf aku sedang sibuk , mampu telepon lagi nanti!

D. Selamat pagi , Saya Selly , ada yang bisa aku bantu?

E. PT Maju Mundur , selamat pagi , dengan Selly sebagaisekretaris Bagian kepegawaian , ada yang bisa saya bantu?

 

38.Receptionist: ……………………………………

Caller: May I speak to Mr. Rahadi , please?

Receptionist: Hold on , please?

A. Hi. This Nusantara Airlines. Can I help you?

B. Hi. I’m Rendy from Nusantara Airlines. Who are you?

C. Good morning , can I help you?

D. Hello. Good morning. You’re Mr. Gondo , right?

E. Good morning , Nusantara Airlines. Sapta is speaking , may I help you?

 

39. Saat anda akan melakukan panggilan telepon dalam bahasa inggris , maka anda akan mengisi….

A. Lembar pesan telpon

B. Kertas

C. Bloknote

D. Lembar kartu kendali

E. Lembar disposisi

 

40. “Could you please tell Mr. sunarto to caal me back” ialah permintaan si penelpon untuk/meminta

A. Pesannya disampaikan secepatnya

B. Akan menelpon lagi

C. Tidak akan menelpon lagi

D. Ditelpon balik

E. Akan bersedia menanti

 

 

Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Jawaban Korespondensi Kelas X , silahkan klik tautan berikut :

 

Demikian informasi perihal Soal dan Kunci Jawaban Korespondensi Kelas 10 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya supaya selalu mampu notifikasi gosip modern dari Bank Soal. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel