Soal dan Kunci Jawaban Try Out PPPK Kemdikbud di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Program Guru Belajar Seri PPPK untuk Tryout PPPK PGSD Paket 2

. Soal dan Kunci Jawaban Try Out PPPK Kemdikbud di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Program Guru Belajar Seri PPPK paket 2. Setelah guru honorer daftar di program guru belajar seri pppk dan menyelesaikan mencar ilmu mandiri kandidat guru ASN PPPK maka mampu mengikuti Tryout PPPK Kemdikbud untuk menguji kemampuan guru honorer dalam mengerjakan sola seleksi P3K 2021.

 

Untuk menolong guru honorer sukses mengikuti Try Out PPPK Kemdikbud pada video Soal dan Kunci Jawaban Try Out PPPK Kemdikbud Guru Belajar di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini saya hidangkan contoh Soal Try Out PPPK Kemdikbud Guru Belajar di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK dan Kunci Jawaban Try Out PPPK Kemdikbud Guru Belajar di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK serta pembahasan Try Out PPPK Kemdikbud Guru Belajar di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK biar sobat-sobat guru honorer mampu nilai tryout pppk kemdikbud yang optimal sebagai bahan mencar ilmu.

Berikut yakni Soal dan Kunci Jawaban Try Out PGSD Program Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

 

Berikut ini yaitu soal dan kunci tanggapan try out jurusan PGSD acara guru mencar ilmu seri belajar mandiri calon guru asn pppk Paket 2.

 

1. Untuk menganggap kemampuan penerima didik dalam mengembangkan idenya, guru meminta penerima latih pidato dengan tema “Peran Pemuda di Era Milenial”. Penilaian yang tepat untuk kegiatan tersebut yaitu ….

a. penilaian praktik

b. tes tertulis

c. tes mulut

d. penilaian produk

e. Observasi

 

2. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya tiga kali dari akar persamaan 4×2 – 16 = 0 yakni ….

a. 4×2- 3x – 16 = 0

b. 2×2 – 36 = 0 

c. x2- 12x – 36 = 0 

d. x2 – 36 = 0 

e. 12×2 – 48 = 0

 

3. Pernyataan yang benar di bawah ini yaitu ….

a. Undang-Undang Dasar 1945 mengalami 4 kali pergeseran (amandemen) yang ditetapkan dalam sidang umum dan sidang tahunan MPR

b. sesudah sukses menyusun rancangan undang-undang dasar, maka selesailah tugas bpupki lalu dibubarkan tanggal 8 Agustus 1945 

c. pancasila dan UUD 1945 dapat tumbuh (ecolving) sesuai dengan kebutuhan zamannya, keduanya bangkit sendiri sesuai dengan fungsinya masing-masing.

d. persidangan bpupki yang pertama membahas desain undang-undang dasar 

e. pada tanggal 14 Juli 1945 panitia perancang undang-undang dasar melaporkan hasil kerjanya terhadap Komite Nasional Indonesia Pusat

 

4. Ketika Guru A melaksanakan proses pembelajaran selalu memakai media, mirip memutar video pembelajaran, CD audio, dan/atau menggunakan poster berwarna, biar penerima didiknya mengamati dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta bahagia mengikuti pelajarannya, sehingga kesudahannya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian sebab mempertimbangkan ….

a. etnik peserta ajar

b. gaya belajar peserta didik

c. minat akseptor ajar

d. gender akseptor latih

e. kultural peserta bimbing

 

5. Bacalah ilustrasi di bawah ini!

Malihah menulis suatu puisi tentang kurun pandemi corona yang dia rasakan selama ini. Setelah dia menulis puisi kemudian puisi tersebut beliau bacakan di depan kelas.

Berdasarkan ilustrasi di atas acara tersebut termasuk kegiatan apresiasi ….

a. reseptif 

b. produktif 

c. emotif 

d. analisis 

e. didaktis

 

6. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh penerima didik yakni mampu …. 

a. mengalami suatu peristiwa

b. memahami suatu kejadian

c. menciptakan peraturan

d. mengerti permasalahan

e. memecahkan problem

 

7. Bacalah teks di bawah ini!

Via menunggu (1) pembantu gres. Via ikut Bunda ke kantor sepulang (2) sekolah. Mula-mula (3) semua berjalan lancar. Lalu Via mulai sakit-sakitan  (4). Akhirnya ia mesti opname. Dokter mengira Via kurang istirahat dan makannya tidak teratur. Bunda menangis mendengarkannya. Ia merasa bersalah (5).

Kata kerja langkah-langkah ditandai dengan nomor …

a. (2)

b. (1) 

c. (4)

d. (3) 

e. (5)

 

8. Pada pendidikan periode ke-21, kompetensi creativity thinking and innovation sungguh penting sebab peserta asuh dapat ….

a. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan menganalisa bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas lewat pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

b. mencari sendiri tanpa pinjaman guru dan menemukan alternatif pemecahan dilema dari banyak sekali sumber belajar dalam rangka berbagi pola pikir

c. menghasilkan, men

gembangkan, dan mengimplementasikan ide-wangsit mereka secara inovatif baik secara berdikari maupun berkelompok

d. melakukan pekerjaan sama dalam suatu kalangan dalam memecahkan urusan yang ditemukan

e. mengomunikasikan ilham-i

de dan ide secara efektif menggunakan media verbal, tertulis, maupun teknologi

 

9. Sejarah menyimpan banyak insiden. Peristiwa-kejadian sejarah menjadi bab catatan kala kemudian yang dialami manusia. Karena begitu luas dan hampir tak terbatasnya bahan yang menjadi objek studi sejarah maka salah satu prinsip yang dipakai dalam penyusunan sejarah yakni ….

a. kategorisasi 

b. keberlanjutan 

c. seleksi 

d. fasilitas 

e. kronologis

 

10. Sebuah kubus mempunyai volume 64 cm3. Apabila setiap rusuk kubus tersebut diperpanjang dua kalinya maka luas permukaan kubus yang baru yaitu … cm2.

a. 512 

b. 432 

c. 384 

d. 144 

e. 216

 

11. Sebuah bohlam lampu yang massa 250 g terpasang pada langit-langit suatu kamar. Tinggi langit-langit 3 m dan percepatan gravitasi10N/kg. Energi memiliki potensi yang dimiliki oleh bohlam lampu adalah….

a. 7500 J

b. 75 J

c. 750 J

d. 0,75 J 

e. 7,5 J

 

12. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkret, sehingga mereka merasa kurang mengerti bahan pelajaran yang disampaikan gurunya secara mulut saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif kalau dibarengi dengan memakai media ….

a. benda positif

b. gambar

c. grafis

d. cetak

e. poster

 

13. Perhatikan diagram dari data hadirin  perpustakaan berikut!

Rata-rata pengunjung perpustakaan sesuai diagram di atas setiap hari yakni ….

a. 60

b. 40 

c. 45 

d. 50 

e. 55

 

14. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi ialah …..

a. menganalisis prakiraan cuaca di negara-negara dari 5 benua

b. menyaksikan video di internet wacana prakiraan cuaca selama sebulan

c. membaca aneka macam sumber perihal cuaca dan iklim di berbagai negara

d. membandingkan hasil observasi cuaca melalui alat manual dan aplikasi

e. mencatat hasil observasi cuaca saban hari dan menganalisnya

 

15. Perhatikan pernyataan berikut:

1) pembakaran sampah

2) pemakaian pupuk kandang

3) pembuangan sampah organic

4) limbah industry

5) limbah rumah tangga

Dari pernyataan tersebut, faktor yang mengakibatkan pencemaran tanah ditunjukan nomor ….

a. 1), 4) dan 5)

b. 2), 3) dan 5) 

c. 1), 3) dan 5)

d. 1), 2) dan 4)

e. 1), 2) dan 3)

 

16. Bacalah naskah drama di bawah ini!

Amanat yang sempurna dari cuilan teks drama tersebut adalah ….

a. Banjir disebabkan oleh hujan yang turun tiada henti.

b. Semua orang harus peduli lingkungan.

c. Jangan membuang sampah sembarang pilih.

d. Lingkungan rusak disebabkan oleh ulah manusia.

e. Hujan mengakibatkan banjir dan menghancurkan lingkungan.

 

17. Metode Inkuiri merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri balasan dari suatu masalah yang dipertanyakan.

Pernyataan di bawah ini yang ialah tindakan tata cara inkuiri yaitu….

a. pinjaman stimulus, kenali masalah, pengumpulan data, pembuktian, menawan kesimpulan

b. perumusan persoalan, perumusan hipotesis, konseptualisasi, pengumpulan data, pengujian dan analisis data, menguji hipotesis

c. menemukan masalah, menganalisi suasana, menuliskan respon, menganalisis respon, memilih langkah-langkah sendiri

d. suasana masalah, menentukan salah satu tindakan, mendorong untuk mencari langkah-langkah yang baik, menerapkan tindakan dari sisi lain.

e. orientasi persoalan, mengorganisasi penerima untuk belajar, membimbing pengusutan individu, menghidangkan hasil, menganalisis dan menganalisa proses pemecahan dilema

 

 

18. Perhatikan manfaat jual beli berikut

1) Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri.

2) Memperoleh keuntung

an dari spesialisasi

3) Mempeluas pasar industri dalam negeri

4) Mendapatkan laba yang lebih besar

Yang merupakan Manfaat Perdagangan Internasional yakni ….

a. 1), 2) dan 4)

b. 2), 3), dan 4)

c. 1), 2), 3), dan 4) 

d. 1), 3), dan 4)

e. 1), 2), dan 3)

 

19. Target kompetensi dasar “Menguraikan kosakata dan konsep tentang keanekaragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa tempat melalui teks tulis, ekspresi, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan” adalah ….

a. menyimpulkan kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui eksplorasi lingkungan

b. menjelaskan kosa kata dalam bahasa Indonesia lewat teks ekspresi 

c. menganalisis kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui visual

d. memisahkan kosa kata perihal benda-benda di lingkungan sekitar akseptor latih 

e. mengidentifikasi kosa kata dalam bahasa Indonesia lewat teks tulis

 

20. Perhatikan tabel nilai siswa berikut!

Berdasarkan data di atas, nilai yang paling banyak didapat oleh siswa yaitu ….

a. 6  

b. 7 

c. 10

d. 8

e. 9

 

21. Proses pertukaran oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2)  yang  terjadi pada alveolus setelah wangsit dan ekspirasi terbentuk oxihaemoglobine, reaksi kimia dari insiden tersebut ialah….

a. HbCO  ->  Hb + CO 

b. HbO2  ->   Hb + O2 

c. Hb + CO2 -> HbCO2

d. HbCO2  ->  Hb + CO2

e. Hb + O2 -> HbO2

 

22. Sebuah sikap untuk saling menghargai, menghormati, membiarkan usulan, persepsi, iktikad terhadap antar sesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri, disebut perilaku…

a. tenggang rasa 

b. peduli 

c. simpati

d. toleransi 

e. menghormati

 

23. Penilaian dalam dimensi mencar ilmu yang dikembangkan dalam membantu penerima latih membuatkan perasaan yang diterima baik oleh guru maupun sahabat sebayanya, yakin diri dan sikap mendapatkan orang lain di kelas adalah ….

a. memperluas dan menyaring pengetahuan

b. sikap dan persepsi

c. menemukan dan mengintegrasikan pengetahuan

d. menggunakan wawasan secara berarti

e. habits of minds (perilaku berpikir)

 

24. Jika  p ialah bilangan bulat negatif, maka di bawah ini yang menciptakan nilai paling besar yaitu ….

a. 7xp7xp

b. 7-p7-p

c. p+7p+7

d. p-7p-7

e. 7:p7:p

 

25. Unsur waktu dalam sejarah ialah sangat penting dalam arti kelancaran dan perubahan. Waktu menjadi bab dari sejarah sebagai identitas suatu kejadian terjadi. Peristiwa dalam sejarah akan berulang dengan perbedaan pada waktu yang berjalan. Hal ini memberikan bahwa waktu dalam sejarah yakni ….

a. waktu tak terhingga

b. waktu yang berjalan

c. waktu berlalu

d. waktu yang kemudian

e. waktu tertentu

 

26. Manusia sebagai makhluk individu mampu diartikan bahwa :

a. beberapa anak memiliki abjad yang sama

b. seorang anak memikirkan akan keutuhan keluarganya 

c. Setiap anak memiliki perbedaan sehingga bersifat unik

d. beberapa anak mempunyai harapan yang serupa

e. seorang anak akan patuh kepada kedua orang tuanya

 

27. Teori yang menyatakan bahwa akseptor latih selama acara berguru lebih ditekankan untuk aktif berpikir, menyusun desain-konsep serta memberi makna perihal hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya berguru yakni niat penerima asuh itu sendiri ialah anutan dari teori ….

a. konstruktivistik

b. humanistik

c. behavioristik

d. kognitivistik

e. sibernetik

 

28. Dengan komunikasi, orang bau tanah mengajarkan arti kasih sayang, makna cinta, rasa hormat, dan rasa bangga. Pernyataan tersebut ialah bagian dari fungsi komunikasi, adalah ….

a. memupuk hubungan 

b. Pembentukan eksistensi diri

c. pembentukan desain diri

d. menyatakan keberadaan diri

e. melangsungkan kehidupan

 

29. Bacalah penggalan teks di bawah ini!

=”font-family: arial;”>“Bioteknologi adalah perumpamaan yang berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata bio yang mempunyai arti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta logos yang memiliki arti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menciptakan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan bioteknologi tak cuma didasarkan pada cabang keilmuan biologi saja, namun juga pada disiplin ilmu terapan yang lain semisal biologi molekuler, komputer, biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.”

Pernyataan di bawah ini yang cocok dengan teks di atas

yakni ….

a. Bioteknologi ialah hasil penerapan teknologi terhadap prosesi biologi.

b. Perkembangan bioteknologi cuma didasarkan pada cabang keilmuan biologi.

c. Bioteknologi diciptakan untuk mencari laba berdasarkan penerapannya. 

d. Peristiwa biologi yang menjadi dasar adanya kemajuan bioteknologi.

e. Bioteknologi yakni cabang dari keilmuan yang mempelajari ihwal biolog

 

30. Kesadaran berbangsa dan bernegara diartikan sebagai kesadaran sadar sebagai warga bangsa negara Indonesia dalam bentuk tingkah laku, sikap, dan kehidupan eksklusif agar mampu bermasyarakat sesuai dengan kepribadian bangsa.

Salah satu indikator nilai berbangsa dan bernegara ialah ….

a. mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

b. setia dan meyakini Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 

c. siap membela bangsa dan negara dari berbagai macam bahaya

d. kebenaran dan kenyataan ihwal negara kesatuan republik Indonesia

e. berpikir, bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia

 

31. Perhatikan pernyataan eksistensi planet pada susunan tata surya berikut !

1) bidang edarnya terletak antara Yupiter dan Venus

2) populer akan cincinnya

3) mempunyai suatu satelit

4) bidang edarnya terletak antara Venus dan Mars

Karakteristik planet Bumi pada nomor…

a. (3) dan (4) 

b. (1) dan (2) 

c. (1) dan (4) 

d. (1) dan (3)

e. (2) dan (3)

 

32.Perhatikan tabel sifat-sifat kubus dan balok berikut.

 

 Soal dan Kunci Jawaban Try Out PPPK Kemdikbud di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Prog Soal dan Kunci Jawaban Try Out PPPK Kemdikbud di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Program Guru Belajar Seri PPPK untuk Tryout PPPK PGSD Paket 2

 

sifat kubus dan balokPernyataan yang salah yaitu … .

a. Pernyataan 3 dan 4

b. Pernyataan 3 dan 5

c. Pernyaaan 2 dan 6

d. Pernyataan 1 dan 4

e. Pernyataan 1 dan 2

 

33. gambar berikut!

Berdasarkan gambar di atas, pernyataan di bawah ini yang benar adalah….

a. kendaraan beroda empat bisa berganti bentuknya alasannya materi pembuat kendaraan beroda empat tidak mempunyai kualitas tinggi

b. mobil mampu berubah bentuknya sebab kecepatan gerak kendaraan beroda empat terlalu tinggi

c. kendaraan beroda empat bisa berganti bentuknya sebab pohon yang ditabraknya terlalu keras

d. mobil bisa berubah bentuknya karena gaya yang diberikan tidak benar

e. mobil mampu berubah bentuknya alasannya gaya yang diberikan pada mobil melebihi kekuatan materi kendaraan beroda empat

 

34. Unsur-bagian komunikasi menurut definisi dan versi komunikasi, dalam konteks belajar mengajar guru dan siswa berperan sebagai komunikator sehingga terjadi komunikasi dua arah, adalah….

a. penyandian atau encoding

b. jalan masuk dan media

c. penyadian ulang atau decoding

d. pengirim atau komunikator

e. pesan atau message

 

Kunci Jawaban Try Out PPPK Kemdikbud di Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Program Guru Belajar Seri PPPK untuk Tryout PPPK PGSD Paket 2

1. d.penilaian produk

2. e.12×2 – 48 = 0

3. a.UUD 1945 mengalami 4 kali perubahan (amandemen) yang ditetapkan dalam sidang lazim dan sidang tahunan MPR

4. c.minat peserta didik

5. c.emotif 

6. e.memecahkan masalah

7. b.(1) 

8. c.menciptakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan inspirasi-inspirasi mereka secara kreatif baik secara mampu berdiri diatas kaki sendiri maupun berkelompok

9. e.kronologis

10. e.216

11. e.7,5 J

12. a.benda faktual

13. c.45 

14. d.membandingkan hasil pengamatan cuaca lewat alat manual dan aplikasi

15. a.1), 4) dan 5)

16. d.Lingkungan rusak disebabkan oleh ulah insan.

17. b.perumusan duduk perkara, perumusan hipotesis, konseptualisasi, pengumpulan data, pengujian dan analisis data, menguji hipotesis

18. e.1), 2), dan 3)

19. a.menyimpulkan kosa kata dalam bahasa Indonesia lewat eksplorasi lingkungan

20. b.7 

21. b.HbO2  ->   Hb + O2 

22. a.empati 

23. d.memakai pengetahuan secara berarti

24. e.7:p7:p

25. d.waktu yang lalu

26. c.Setiap anak mempunyai perbedaan sehingga bersifat unik

27. a.konstruktivistik

28. d.menyatakan eksistensi diri

29. a.Bioteknologi yakni hasil penerapan teknologi kepada prosesi biologi.

30. c.siap membela bangsa dan negara dari berbagai macam bahaya

31. a.(3) dan (4) 

32. b.Pernyataan 3 dan 5

33. e.kendaraan beroda empat bisa berubah bentuknya sebab gaya yang diberikan pada kendaraan beroda empat melebihi kekuatan materi mobil

34. d.pengirim atau komunikator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel