Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester 1 2021
Unduh Soal & Jawaban Penilaian Harian Kelas 4 Sekolah Dasar Tema 3 Subtema 3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Penilaian harian dikerjakan oleh guru setelah menyelesaikan materi pembelajaran dalam satu kompetensi dasar. Fungsi dari Penilaian Harian ialah untuk mengenali kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari bahan yang diberikan oleh guru.
Setelah guru mengetahui kompetensi pengetahuan yang telah dikuasai oleh penerima asuh , guru mampu menawarkan materi pembelajaran pada kompetensi dasar selanjutnya. Tetapi jikalau ada peserta latih yang belum memenuhi tolok ukur wawasan yang sudah diputuskan , maka guru mampu menindaklanjutinya dengan menawarkan remedial.
Program remedial dapat dijalankan dengan beberapa sistem diantaranya:
1. Memberikan soal Penilaian Harian kembali
2. Tanya jawab atau diskusi
Untuk membantu adik-adik kelas 4 SD dalam mencar ilmu , Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester Gasal.
Download Soal & Kunci Penilaian Harian Kelas 4
1. Uni menyiram tumbuhan di pot secara terencana biar tidak ….
a. layu
b. berkembang
c. berbuah
d. berbunga
Jawaban : a
Pembahasan : Tanaman di pot harus disiram secara terencana agar tidak layu. Sikap tersebut termasuk sikap konkret menjaga lingkungan.
2. Berikut ini hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar , kecuali ….
a. membuang sampah di daerah sampah
b. menyeleksi sampah yang mau dibuang
c. menawarkan cukup daerah sampah
d. membuang sampah di lorong pasar
Jawaban: d
Pembahasan : Jika sampah dibuang di lorong pasar , makin lama pasar akan menjadi kotor. Sampah akan menimbulkan bau dan banyak lalat.
3. Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut memberikan kerja bakti membersihkan ….
a. selokan
b. taman
c. pantai
d. sekolah
Jawaban : a
Pembahasan : Gambar tersebut menunjukkan kerja bakti membersihkan selokan. Kegiatan tersebut dapat berguna menghalangi banjir.
4. Contoh kalimat sapaan yang santun kepada narasumber yakni ….
a. Kita akan mengadakan wawancara kini Pak. Cepat bersiap!
b. Hai , aku akan mewawancarai Anda , lho!
c. Selamat siang Pak. Boleh saya mewawancarai Anda sekarang?
d. Apakah kini waktunya kita berwawancara?
Jawaban : c
5. Kegiatan tanya jawab antara pewawancara dan narasumber disebut ….
a. dialog interaktif
b. musyawarah
c. monolog
d. wawancara
Jawaban : a
Pembahasan : Dialog interaktif ialah obrolan yang dikerjakan di televisi atau radio yang mampu melibatkan pemirsa dan pendengar lewat telepon. Monolog yakni pembicaraan yang dijalankan sendiri. Musyawarah ialah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas solusi problem.
6. Topik wawancara: kemajuan flora tembakau
Narasumber yang sempurna sesuai topik wawancara di atas yaitu ….
a. tengkulak tembakau
b. usahawan tembakau
c. penjualtembakau
d. petani tembakau
Jawaban : d
Pembahasan : Narasumber yang diseleksi untuk memperlihatkan informasi sebaiknya sesuai dengan topik dan daftar pertanyaan. Narasumber yang cocok dengan topik wawancara di atas adalah petani tembakau.
7. Saat mendapatkan kucing yang tidak dirawat dipinggir jalan , yang mesti kita lakukan yaitu ….
a. membiarkan kucing tersebut di pinggir jalan
b. meminta tolong tewan untuk merawatnya
“font-family: helvetica;”>c. menjinjing ke tempat tinggal dan merawatnya
d. memberi makanan kemudian pergi
Jawaban : c
Pembahasan : Saat kita mendapatkan kucing tidak terawat di pinggir jalan , seharusnya kita bawa pulang kemudian dirawat dengan baik.
8. Tumbuhan tidak terawat ditunjukkan oleh gambar ….
a.
b.
c.
d.
Jawaban : c
Pembahasan : Salah satu ciri flora yang tidak terawat adalah daun berwarna kecoklatan dan berlubang sebab dimakan hama.
9. Batang yang dimiliki oleh flora yang tidak terawat mempunyai ciri-ciri ….
a. batang hijau segar
b. batang gampang rapuh
c. batang kokoh
d. batang hijau dan kering
Jawaban : b
Pembahasan : Batang yang dimiliki oleh flora yang tidak terawat memiliki ciri-ciri mudah rapuh , kering , gampang rapuh dan berwarna kekuningan hingga kecoklatan.
10. Salah satu upaya mencintai lingkungan yaitu ….
a. membuang sampah di sungai
b. mencampakkan sampah di kawasan sampah
c. menebang pohon di hutan
d. berburu binatang langka di hutan
Jawaban : b
Pembahasan : Salah satu upaya mengasihi lingkungan ialah membuang sampah di kawasan sampah.
11. Berikut ini yakni acara yang merefleksikan sikap mengasihi lingkungan , kecuali ….
a. menciptakan pupuk kompos
b. mencampakkan sampah pada tempatnya
c. menanam pohon di hutan
d. mencampakkan sampah di sungai
Jawaban : d
12. Kegiatan tidak menyayangi lingkungan ditunjukkan pada gambar ….
a.
b.
c.
Jawaban : a
Pembahasan : Kegiatan tidak menyayangi lingkungan ditunjukkan pada gambar pilihan tanggapan a. Gambar tersebut yakni gambar seseorang sedang membuang sampah di sungai.
13. Gambar yang hendak dirangkai menjadi montase ditempel menggunakan ….
a. getah
b. lakban
c. perekat
d. staples
Jawaban : c
14. Salah satu perilaku yang mampu kita terapkan dikala melaksanakan apresiasi seni adalah ….
a. objektif
b. deduktif
c. induktif
d. imajinatif
Jawaban : a
Pembahasan : Salah satu perilaku yang dapat kita terapkan dikala melakukan apresiasi seni yakni sikap objektif. Sikap obyektif maksudnya yaitu menilai karya seni sesuai keadaan yang sebenarnya , tidak dipengaruhi oleh perasaan eksklusif.
15. Kegiatan yang umumnya dilaksanakan sehabis melihat suatu karya seni yaitu ….
a. apresiasi
b. pandangan
c. persisi
d. seleksi
Jawaban : a
Pembahasan : Kegiatan yang dikerjakan setelah menyaksikan suatu karya seni dinamakan apresiasi atau menganggap atau menghargai.
Soal Isian
16. Menjaga lingkungan ialah kewajiban seluruh ….
Jawaban : masyarakat
17. Peduli kepada lingkungan ialah wujud perilaku selaku manusia yang ….
Jawaban : beradab , bertanggung jawab
18. Wawancara bertujuan untuk menerima ….
Jawaban : gosip atau pendapat ihwal sesuatu
Pembahasan : Tujuan wawancara yaitu mendapatkan gosip atau usulan tentang sesuatu yang berhubungan dengan topik wawancara.
19. Dalam laporan hasil wawancara , nama narasumber dan pewawancara kita tuliskan pada bab ….
Jawaban : laporan hasil wawancara
Pembahasan : Format Laporan Hasil Wawancara
1. Latar Belakang
Kita tulis alasan kita melakukan wawancara.
2. Maksud dan Tujuan
Kita tulis maksud dan tujuan kita melaksanakan wawancara.
3. Topik Wawancara
Kita tulis topik dalam wawancara yang kita lakukan.
4. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kita tulis hari , tanggal , waktu , dan daerah melakukan wawancara.
5. Laporan Hasil Wawancara
Kita tulis nama narasumber , nama pewawancara , dan hasil wawancara yang kita kerjakan.
6. Kesimpulan
Kita tulis kesimpulan dari isu yang didapat sehabis melaksanakan wawancara.
20. Tumbuhan yang tidak terawat mudah terjangkit ….
Jawaban: hama atau penyakit
21. Hewan yang terawat mempunyai mata yang ….
Jawaban : jernih
22. Pihak yang diuntungkan dengan adanya pupuk kompos yaitu ….
Jawaban : petani
23. Kegiatan menciptakan pupuk kompos ialah pola perilaku … lingkungan.
Jawaban: mencintai
24. Potongan gambar bunga , aktivitas menanam dan menyiram tumbuhan dapat dirangkai menjadi montase bertema ….
Jawaban : cinta lingkungan
25. Potongan-serpihan gambar yang disusun menjadi montase biasanya mampu membentuk rangkaian ….
Jawaban : gambar gres
Pembahasan : Potongan-bagian gambar yang disusun menjadi montase lazimnya mampu membentuk rangkaian gambar gres yang disesuaikan dengan tema.
Download Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4
PILIHAN GANDA
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak selaku warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 1 s/d 3)
Bahasa Indonesia
- 3.3 Menggali info dari seorang tokoh lewat wawancara menggunakan daftar pertanyaan (soal nomor 4 s/d 6).
Ilmu Pengetahuan Alam
- 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya (soal nomor 7 s/d 9)
Ilmu Pengetahuan Sosial
- 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kemakmuran penduduk dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi (soal nomor 10 s/d 12)
Seni Budaya dan Prakarya
- 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel (soal nomor 13 s/d 15)
ISIAN
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak selaku warga penduduk dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 16 s/d 17).
Bahasa Indonesia
- 3.3 Menggali gosip dari seorang tokoh lewat wawancara menggunakan daftar pertanyaan (soal nomor 18 s/d 19).
Ilmu Pengetahuan Alam
- 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya (soal nomor 20 s/d 21).
Ilmu Pengetahuan Sosial
- 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi (soal nomor 22 s/d 23).
Seni Budaya dan Prakarya
- 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel (soal nomor 24 s/d 25)
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Contoh Soal Penilaian Harian Kelas 4 SD Tema 3 , silahkan klik tautan berikut : Unduh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022
Atau klik di sini.
Demikian info ihwal Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya semoga selalu mampu notifikasi info terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.