Soal & Kunci UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK Semester 1 2021

Unduh Soal & Kunci Penilaian Akhir Semester Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Melalui kegiatan penilaian final semester guru dapat memeriksa akseptor bimbing untuk mengenali kempetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah tamat mempelajari beberapa kompetensi dasar selama satu semester.

 

Untuk menolong adik-adik kelas XI dalam menyiapkan diri menghadapi UAS , Bank Soal menawarkan Kisi-kisi , Soal & Kunci Jawaban UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas XI Sekolah Menengah kejuruan Semester Gasal Tahun 2021/2022.

 

Download Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Sekolah Menengah kejuruan

1. Teks prosedur mempunyai aksara teks yang berisi…

A. Langkah-langkah untuk meraih tujuan

B. Gambaran kejadian atau kejadian

C. Deskripsi ruang dan waktu pada sebuah cerita

D. Unsur-unsur pembangun cerita

E. Uraian pertimbangan para jago

 

2. Bagian pertama pada struktur teks prosedur yakni…

A. Pernyataan khusus

B. Pernyataan umum

C. Judul

D. Langkah-langkah

E. Penutup

 

3. Perhatikan potongan teks berikut!

Cara Menghilangkan Jerawat

– Jeruk nipis diiris apalagi dahulu , kemudian peraslah

– Oleskan air jeruk nipis ke paras Anda kemudian biarkan meresap selama 30 menit

– Lakukan secara terorganisir

Bagian yang mayoritas dalam penggalan teks tersebut adalah…

A. Judul teks

B. Tujuan

C. Langkah-langkah

D. Penutup

E. Kesimpulan

 

4. Cermatilah kalimat-kalimat berikut:

– Yakinlah bahwa kalian sudah mengenakan pakaian dengan rapi

– Berdirilah dengan tegak dan tenang

– Kuasailah pentas dan penonton

Pada beberapa kalimat di atas , partisipan yang digunakan adalah…

A. Kamu

B. Beliau

C. Mereka

D. Kalian

E. Saudara

 

5. Berikut ini ialah contoh konjungsi temporal , yaitu…

A. Mula-mula , dan , kesannya

B. Sebelumnya , tetapi , sesudah itu

C. Jikalau , sebab , kemudian

D. Akibatnya , sebaiknya , alhasil

E. Kemudian , dikala , sehabis itu

 

6. Perhatikan teks mekanisme berikut:

Cara membuat adukan cor beton:

Pertama , (1)… bahan yang terdiri atas semen , pasir , watu , dan air. Kedua , (2)… semen , pasir , dan kerikil dengan perbandingan 1:2:3. Ketiga , (3)… air secukupnya sambil (4)…

Kata-kata yang sempurna untuk mengisi bagian rumpang/kosong secara berurutan di atas yaitu….

A. Menyiapkan , pencampuran , menyertakan , dicampur

B. Siapkan , campur , lalu ambil , ditambahkan

C. Sertakan , tambahkan , ambil , diaduk

D. Menyiapkan , tambahkan , simpan , ditambahkan

E. Siapkan , ambil , simpan , diaduk

 

7. Perhatikan belahan teks mekanisme berikut:

Cara menegur seseorang yang baik:

1) Pastikan kita sudah mengklarifikasi permasalahan yang terjadi

2) Undang orang yang melaksanakan kesalahan secara pribadi dan tidak dimengerti orang lain

3) Ungkapkan ajakan maaf dan jelaskan persoalan secara perlahan tanpa dimengerti orang lain

4) Berikan penyelesaian ke depannya agar tidak melaksanakan kesalahan yang serupa

Tujuan dari teks mekanisme di atas adalah…

A. Menegur seseorang semoga terlihat kebodohannya

B. Menegur seseorang tanpa menyakiti perasaan orang yang ditegur

C. Menegur seseorang sehingga semua orang tahu akan kesalahannya

=”font-family: helvetica;”>D. Mengumumkan kesalahan seseorang kepada orang banyak

E. Mendamaikan orang yang berbuat kesalahan

 

8. Perhatikan teks prosedur berikut ini

Proses Pengurusan KTP-Elektronik

1) Ambil nomor antrean dan tunggu panggilan

2) Menuju loket yang diputuskan

3) Masukkan data dan foto Anda

4) …

5) KTP diambil dua minggu lalu

Langkah keempat yang sempurna pada teks prosedur di atas ialah…

A. Membayar foto ke kasir

B. Menuju ruang ambil gambar/foto diri

C. Pembuatan e-KTP akhir

D. Mengambil nomor antrean pengambilan foto

E. Mengkonfirmasi kepada tukang foto

 

9. Teks mekanisme cara membuat manisan mangga yang tepat ialah…

A. Rendam mangga-didihkan air-masak dengan api kecil-masukkan gula

B. Rendam mangga-masak dengan api kecil- masukkan gula-didihkan air

C. Didihkan air-masak dengan api kecil-masukkan gula-rendam mangga

D. Rendam mangga-didihkan air-masukkan gula-masak dengan api kecil

E. Didihkan air-masukkan gula-rendam mangga- masak dengan api kecil

 

10. Perhatikan teks mekanisme berikut!

Cara membuat es buah

1) …

2) Masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk

3) Masukkan susu cair ke dalam mangkuk

4) Masukkan es serut

5) Tuangkan sirup vanili

6) Es  buah siap disuguhkan

Langkah pertama yang harus dijalankan yakni… 

A. Cuci higienis pisau dan talenan kayu

B. Masukkan gula ke dalam susu cair

C. Masukkan air ke dalam kulkas

D. Siapkan piring saji dan gelas

E. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan

 

11. Perihal apakah yang dijelaskan dalam teks eksplanasi…

A. Kejadian atau fenomena alam maupun sosial

B. Langkah-langkah pengerjaan suatu hal/alat

C. Pendapat penulis tentang suatu fenomena

D. Perkiraan yang mau terjadi dalam sebuah peristiwa

E. Saran-saran atau hikmah terhadap khalayak umum

 

12. Apabila dalam menganalisis teks eksplanasi mengandung tiga proses , maka teks eksplanasi tersebut termasuk …

A. Sederhana

B. Kompleks

C. Sedang

D. Luar biasa

E. Biasa

 

13. Dalam penjelasan proses , pertanyaan yang bisa diajukan atas topic yang sedang diangkat adalah…

A. Siapa dan mengapa hal itu terjadi

B. Kapan dan siapa pelaku insiden itu

C. Bagaimana dan mengapa sesuatu mampu terjadi

D. Di mana dan kapan kejadian itu berawal

E. Kapan dan bagaimana penanganan masalaha itu dilaksanakan

 

14. Perhatikan potongan teks eksplanasi berikut!

Pengangguran merupakan fenomena sosial yang bekerjasama dengan faktor ketenagakerjaan. Sudah banyak usaha yang diupayakan untuk mengatasi problem ini.

Penggunaan kata benda pada serpihan teks di atas adalah…

A. Sosial , menanggulangi

B. Mengatasi , dilema

C. Pengangguran , sosial

D. Pengangguran , dilema

E. Diupayakan , duduk perkara

 

15. Bentuk kalimat pasif terdapat pada kalimat berikut , kecuali…

A. Lulusan sekolah perlu ditingkatkan kualitasnya

B. Sudah banyak usaha diupayakan untuk mengatasi dilema ini

C. Pengangguran mampu juga disebabkan karena pemutusan hubungan kerja

D. Dampak pengangguran dinikmati oleh semua golongan masyarakat

E. Perubahan struktural ekonomi menjadikan hadirnya keperluan tenaga kerja dengan tingkat perekonomian yang bermacam-macam

 

16. Perhatikan kepingan teks eksplanasi berikut!

(1) Gempa bumi merupakan peristiwa alam. (2) Gempa bumi ialah getaran atau guncangan yang terjadi alasannya perubahan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. (3) Peristiwa alam itu sering terjadi di tempat yang  berada akrab dengan gunung berapi dan juga di kawasan yang dikelilingi lautan luas.

<
br/>

Penggalan teks eksplanasi di atas ialah struktur bab…

A. Penjelasan umum

B. Penjelasan khusus

C. Penutup

D. Argumen

E. Koda

 

17. Perhatikan potongan teks eksplanasi berikut!

(1) … 

(2) Kekurangan tidur mengakibatkan penurunan kinerja mental dan fisik. 

(3) Selama tidur ialah kala REM (rapyd eye movement) yang fungsinya untuk konsolidasi memori. 

(4) Insomnia sering disebabkan oleh keadaan cuaca , suara bising , cahaya yang terperinci , penyakit fisik , dan gangguan mental emosional.

Kalimat pertama yang sesuai untuk ditempatkan pada teks di atas yaitu…

A. Banyak orang stress alasannya tidak melakukan pekerjaan

B. Hampir siapa saja pernah mengalami kesusahan tidur

C. Semua orang memerlukan waktu untuk tidur

D. Setiap anak memerlukan waktu tidur untuk pertumbuhannya

E. Jarang sekali ada orang yang mampu tidur dengan mudah

 

18. Perhatikan penggala teks eksplanasi berikut!

Curah hujan yang sungguh lebat memiliki tetes hujan besar. (…) tetes hujan berukuran besar , pori-pori permukaan tanah akan tertutup sehingga ilfiltrasi air hujan sungguh kecil. 

Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian kosong pada teks di atas yakni…

A. Akhirnya

B. Sehingga

C. Karena

D. Selanjutnya

E. Maka

 

19. Perhatikan belahan teks eksplanasi berikut!

Gelombang panas mampu menjadikan tekanan udara rendah sehingga menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor.

Penggunaan konjungsi pada teks di atas adalah…

A. Dapat , menimbulkan

B. Tekanan , udara

C. Sehingga , memicu

D. Sehingga , dan

E. Dapat , dan

 

20. Perhatikan kepingan teks berikut ini!

Kekerasan , dalam metafora yang luas , bisa mencakup bermacam-macam perlakuan yang tidak mengasyikkan , baik secara fisik maupun psikologis. Efek kekerasan kepada anak sungguh amat dahsyat alasannya secara fisik maupun psikologis , kekerasan akan membekas lama dan dalam di relung jiwa seorang anak.

Makna tersirat dalam teks di atas yakni…

A. Kekerasan lazimdijalankan di kelompok masyarakat

B. Banyak orang merasa senang kalau melaksanakan kekerasan

C. Dampak kekerasan tidak akan bertahan lama

D. Model anak sekarang sudah terbiasa dengan kekerasan

E. Sebaiknya jangan melaksanakan kekerasan kepada anak

 

21. Tujuan dari adanya aktivitas ceramah dalam suatu penduduk yaitu…

A. Memberi wawasan pengetahuan , menghibur , dan menghipnotis pendengar

B. Memberi wawasan politik , menghakimi , dan mengerahkan massa

C. Memberi wawasan , menghibur , dan mengkritik pemerintah

D. Memberi hiburan , wawasan pengetahuan , dan memberi dukungan dana

E. Mempengaruhi , mengajak , dan membujuk massa untuk demo

 

22. Manfaat ceramah bagi penceramah itu sendiri ialah…

A. Sebagai ajang menunjukkan kepandaian yang dimiliki

B. Sebagai wadah untuk melatih mental , keterampilan berpikir , dan mengatakan

C. Sebagai tempat untuk mempromosika diri

D. Sebagai alat untuk menghipnotis massa agar mengikuti keinginannya

E. Sebagai menunjukan bahwa diri memang sudah selayaknya dihormati penduduk .

 

23. Perhatikan belahan teks ceramah berikut ini

Yth. Ketua Yayasan SMK Boedi Oetomo Cilacap

Yth. Kepala SMK Boedi Oetomo Cilacap

Yth. Bapak dan Ibu Guru Sekolah Menengah kejuruan Boedi Oetomo Cilacap

Penggalan teks di atas merupakan struktur teks ceramah bagian…

A. Salam

B. Ucapan syukur

C. Sapaan

D. Ucapan terima kasih

E. Tujuan ceramah

 

24. Perhatikan serpihan teks ceramah berikut!

Pada masa akil balig cukup akal , kita akan melalui banyak godaan dan iming-iming yang sejatinya hanya akan menjerumuskan kita ke dalam marabahaya. Mari , senantiasa membuka diri dan waspada akan setiap hal jelek yang mengintai kita.

Penggunaan kata-kata persuasif terdapat pada kalimat…

A. Pada masa

dewasa , kita akan melewati banyak godaan

B. Godaan dan iming-iming sejatinya akan menjerumuskan kita.

C. Banyak hal buruk mengintai kita

D. Mari , senantiasa membuka diri dan waspada

E. Setiap hal jelek kemungkinan akan terjadi pada diri kita

 

25. Penggunaan kalimat tanya retoris terdapat pada kalimat…

A. Sampai kapan kita akan terhindar dari pandemi ini?

B. Apa yang bisa kita lakukan agar bisa selamat dari virus ini?

C. Mengapa cuma dunia pendidikan yang belum mengalami new wajar ?

D. Siapa saja yang berwenang mengatasi masalah ini?

E. Kalau bukan kita yang mempertahankan diri , siapa lagi?

 

26. Ketika pendengar ceramah berisikan kalangan sampaumur pelajar , tema berikut cocok untuk diangkat dalam ceramah tersebut , kecuali…

A. Bijak berpolitik dalam negara

B. Berbakti pada orang renta

C. Kiat-kiat meraih berhasil di kurun depan

D. Yang muda yang berakhlak mulia

E. Kenakalan akil balig cukup akal

 

27. Dalam menyusun teks ceramah , upaya dapat dijalankan semoga ceramah tersebut mempesona , kecuali…

A. Menggunakan ungkapan kata yang tepat dengan teks

B. Menggunakan kalimat yang panjang dan lebar

C. Menggunakan majas untuk memperindah kalimat

D. Menggunakan pantun yang sesuai dengan konteks

E. Menggunakan kalimat yang singkat dan jelas

 

28. Jenis kalimat berikut tepat dipakai dalam menyusun teks ceramah , kecuali…

A. Kalimat simpleks

B. Kalimat kompleks

C. Kalimat ambigu

D. Kalimat deklaratif

E. Kalimat persuasif

 

29. Perhatikan pecahan teks ceramah berikut!

Sebagai (…) yang baik dan menjadi keinginan Bapak/Ibu dan (…) , teruslah berusaha untuk menghindarkan diri dari banyak sekali (…) berurusan.

Secara berurutan , bagian rumpang/kosong dalam teks di atas akan sempurna di isi dengan kata…

A. Warga , masyarakat , daerah

B. Manusia , makhluk hidup , sekolah

C. Ibu , keluarga , rumah

D. Remaja , bangsa , langkah-langkah

E. Pejabat , Negara , kawasan

 

30. Dalam menyusun teks ceramah , kalimat yang tepat dipakai untuk mempengaruhi pendengar semoga mau mengikuti saran penceramah secara halus yakni…

A. Kalimat tidak efektif

B. Kalimat ambigu

C. Kalimat inversi

D. Kalimat bermajas

E. Kalimat persuasive

 

31. Dalam teks cerita pendek , komponen-unsur pembangun cerita dari dalam mencakup…

A. Tema , alur , amanat

B. Sudut pandang , alur , nilai agama

C. Nilai sosial , tema , amanat

D. Nilai pendidikan , alur , gaya bahasa

E. Amanat , penokohan , nilai politik

 

32. Teknik penggambaran huruf tokoh mencakup teknik analisis langsung dan tidak langsung. Teknik berikut merupakan teknik tidak langsung , kecuali…

A. Teknik penggambaran fisik dan perilaku tokoh

B. Teknik penggambaran kehidupan pengarang kisah

C. Teknik penggambaran lingkungan kehidupan tokoh

D. Teknik penggambaran jalan fikiran tokoh

E. Teknik penggambaran oleh tokoh lain

 

33. Perhatikan serpihan teks cerita pendek berikut!

Aku termangu mendengar berita itu. Kekasih yang selama ini kurindu-rindu telah meninggalkan dunia ini. Kedukaan bertubi-tubi menyelimuti hari-hariku. Tak bisa kutepis bayang wajahnya. Tak mampu kulupa dekap hangatnya. Tak bisa kubuang ingatan cantik bersamanya. 

Latar situasi yang terkandung dalam teks kisah di atas adalah…

A. Gembira

B. Menegangkan

C. Sedih 

D. Bahagia 

E. Romantis

 

34. Perhatikan potongan teks dongeng pendek berikut!

Semalam berlalu sehabis kuantar anakku mengaji jauh di kota santri. Paginya , kurasa hadirnya begitu erat. Sosoknya lekat menyelimuti semua persepsi dan perasaanku , tak sedetik pun terlewat. Tak besar lengan berkuasa rasanya hati ini untuk berpisah dengannya.

Alur yang dipakai dalam belahan dongeng pende

k di atas yaitu…

A. Mundur

B. Flashback

C. Campuran

D. Maju

E. Maju mundur

 

35. Perhatikan teks cerita pendek berikut!

Aku termakan untuk bertanya kabar padanya , sahabat Sekolah Dasar yang sudah puluhan tahun tidak bertemu. Ternyata dia tanggapandengan baik. Teringat kembali ingatan kurun kemudian. Rasa itu timbul lagi , sama persis saat pertama bertemu dulu.

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam teks tersebut yaitu…

A. Orang pertama di luar dongeng

B. Orang pertama pelaku sampingan

C. Orang ketiga serba tahu

D. Orang ketiga di luar kisah

E. Orang pertama tokoh utama

 

36. Perhatikan cuilan teks kisah berikut!

Sinta duduk di bangku terdepan di ruangan itu. Semangatnya begitu meluap-luap ketika pengawas cobaan tiba. Peserta ujian apalagi dahulu diminta untuk berdoa menurut iman masing-masing. Usai berdoa , sinta mendapat lembar soal dan lembar balasan. 

Tema yang mendasari kepingan teks di atas adalah…

A. Ujian sekolah

B. Tempat duduk ujian

C. Berdoa di pagi hari

D. Lembar soal cobaan

E. Jawaban ujian

 

37. Perhatikan belahan teks rumpang berikut!

1) Pagi ini , saya siapkan sarapan dengan hidangan kesukaannya. 

2) Ada belut Lombok ijo , sup buntut sapi , dan peyek kacang. 

3) Selesai mandi dan berpakaian rapi , dia santap masakanku dengan lahab. 

4) Usai sarapan ia ambil kunci kendaraan beroda empat eksklusif pergi tanpa pamit. 

5) Tinggallah saya dalam kelengangan. Kenapa selalu saja begitu. Tidak pantaskah saya untuk diajak bicara? Terlalu rendahkah saya sehingga tak layak untuk dipamiti?

Urutan yang sempurna pada teks kisah yang acak di atas yakni…

A. 3-2-4-1-5

B. 1-2-3-4-5

C. 1-3-2-4-5

D. 3-2-1-5-4

E. 1-2-3-5-4

 

38. Perhatikan penggalan teks cerita pendek berikut!

Semenjak ditinggal suaminya pergi entah kemana , Surti tak pernah berdandan sedikit pun. Jangankan berdandan , untuk mandi saja Surti harus berpacu dengan waktu. (…). Kerepotan mengorganisir anaknya yang gres berusia 4 bulan dan mertuanya yang lumpuh total.

Kalimat yang sempurna untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah…

A. Banyak orang berlomba-lomba berpacu dengan waktu.

B. Berdandan membuat seorang perempuan terlihat manis.

C. Bagaimana tidak? Kepergian suaminya meninggalkan kewalahan-kerepotan bagi Surti.

D. Suami yang baik harus menafkahi istrinya , termasuk keperluan berdandan

E. Ibu kandung surti tak mampu berlangsung lagi.

 

39. Perhatikan potongan teks cerpen berikut!

Kuperhatikan langkah kucing itu gontai. Sebagian bulu-bulu lebatnya kotor oleh cairan berwarna gelap. Matanya memandang sayu ke arahku. Seakan kucing itu berkata , “Beri saya makan dan bersihkan badan kotorku ini.” Tak pikir panjang , kuambil sepotong ikan goreng dan kuberikan pada kucing itu. Sesaat kucing itu memandangku dan mengeong sekali sebelum mengkonsumsi ikan itu. Barangkali kucing itu mengucapkan terima kasih banyak kepadaku.

Amanat yang ingin disampaikan pengarang dalam cuilan cerita tersebut yakni…

A. Sebaiknya usir kucing yang berjalan gontai

B. Sudah sewajarnya kucing berbadan kotor dan kelaparan , abaikan saja

C. Sebaiknya hindari kucing yang kotor karena memanggil penyakit

D. Sebaiknya beri kucing masakan agar mendapat banyak kebaikan

E. Sebaiknya ajak bicara kucing agar kita terhibur

 

40. Perhatikan penggalan teks cerpen berikut!

Seminggu sudah hujan senantiasa menyapa setiap malam datang. Dedaunan bermandikan air hujan bertubi-tubi. Genangan air menghias di setiap permukaan tanah yang rendah. Hembusan angin berair membelai muka para pekerja yang pulang petang. Gumpalan awan hitam dan berat berbaris rapi menyanggupi langit , siap meluncur menuju tanah negeri.

Penggunaan gaya bahasa yang secara umum dikuasai pada bagian teks di atas yaitu…

A. Penggunaan pantun

B. Penggunaan peribahasa

C. Penggunaan ungkapan

D. Penggunaan padanan kata

E. Penggunaan majas

 

 

Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Kisi-kisi , Soal dan Kunci Jawaban UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas XI Sekolah Menengah kejuruan , silahkan klik tautan berikut :

 

Demikian info perihal Soal & Kunci UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Sekolah Menengah kejuruan Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi isu modern dari Bank Soal. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel