Soal & Kunci UTS/PTS Kelas 4 Tema 2 PPKn| B.Indonesia| SBdP 2021
Unduh Soal & Kunci Penilaian Tengah Semester Kelas 4 Tema 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Pada soal Perguruan Tinggi Swasta ini dibagi ke dalam 2 sesi tema , dimana sesi 1 berisikan muatan pelajaran PPKn , Bahasa Indonesia dan SBdP , sedangkan sesi 2 terdiri dari muatan pelajaran IPA dan IPS.
Untuk membantu adik-adik kelas 4 Sekolah Dasar dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS/Perguruan Tinggi Swasta , Bank Soal menawarkan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester Kelas 4 Tema 2.
Soal & Kunci UTS/Perguruan Tinggi Swasta Tema 2 Kelas 4 : PPKn , Bahasa Indonesia , SBdP
1. Yang tergolong bentuk pelaksanaan keharusan mengurangi energi ialah ….
a. membiarkan lampu menyala pada siang hari
b. membiarkan keran terbuka dikala menggosok gigi
c. berjalan kaki ke kawasan yang erat
d. mengkremasi kertas yang masih elok
Pembahasan : Berjalan kaki ke tempat yang dekat akan meminimalisir penggunaan materi bakar.
2. Sikap yang bisa kita teladani ialah ….
a. mematikan lampu ketika siang hari
b. membiarkan televisi menyala ketika tidur
c. membiarkan lampu teras hidup pada siang hari
d. menyalakan telvisi dikala berguru
Pembahasan : Mematikan lampu pada siang hari merupakan perilaku yang mampu kita teladani. Sikap tersebut akan mengurangi penggunaan listrik.
3. Melalaikan kewajiban menjaga lingkungan mampu menyebabkan peristiwa berikut , kecuali ….
a. banjir bandang
b. hutan gundul
c. tanah longsor
d. gempa bumi
Pembahasan : Melalaikan kewajiban menjaga lingkungan mampu menjadikan tragedi banjir , hutan gundul , dan tanah longsor.
4. Kekurangan energi disebabkan dari kebiasaan … dalam memakai energi.
a. boros
b. ekonomis
c. bijak
d. hemat
Pembahasan : Kebiasaan boros dalam memakai energi akan mengakibatkan kelemahan energi di periode depan.
5. Menggunakan energi listrik ialah … kita dalam kehidupan sehari-hari.
a. hak
b. keharusan
c. peran
d. tanggung jawab
Pembahasan : Menggunakan energi listrik merupakan hak kita dalam kehidupan sehari-hari.
6. Menghemat penggunaan air kita kerjakan di ….
a. rumah
b. sekolah
c. tempat biasa
d. semua daerah
Pembahasan : Menghemat penggunaan air mesti kita lakukan di semua daerah.
7. Hak kita terhadap tanaman ialah ….
a. menghabiskannya
b. memanfaatkannya
c. melestarikannya
d. merusaknya
Pembahasan : Hak kita terhadap tumbuhan ialah memanfaatkannya. Kita bisa memanfaatkan flora sebagai bahan pangan atau untuk keperluan yang lain.
8. Berikut ini sikap hemat dalam menggunakan kertas , kecuali ….
a. menggunakan kertas daur ulang
b. memakai kertas seperlunya
c. menggunakan seluruh halaman kertas
d. memakai satu segi kertas
9. Sikap yang harus kita teladani yakni ….
a. bermain air dengan selang
b. menutup keran sesudah mencuci tangan
c. memuat air hujan untuk bermain
d. mencampakkan sampah di sungai
10. Berikut manfaat menanam pohon di lingkungan sekitar , kecuali ….
a. mengakibatkan lingkungan lebih indah dan asri
b. menjadi peneduh kepada panasnya sinar matahari
c. menghasilkan daun yang mengotori lingkungan
d. membuat udara di lingkungan lebih segar
Pembahasan : Menanam pohon di lingkungan sekitar akan menyebabkan lingkungan lebih indah dan asri. Pohon juga akan menjadi peneduh dan menciptakan udara lebih segar.
Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Upacara larung sesaji yaitu upacara yang digelar penduduk Jawa yang
tinggal di pesisir pantai. Upacara ini digelar selaku perwujudan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan selama melaut. Upacara ini juga merupakan permintaan semoga mereka selalu diberi keselamatan dalam usaha. Dalam upacara ini , berbagai bahan pangan dan binatang disembelih lalu dilarung ke maritim. Upacara ini dikerjakan setiap tanggal 1 Muharam.
11. Kalimat pokok paragraf tersebut yakni …
a. Upacara ini dikerjakan setiap tanggal 1 Muharam.
b. Upacara ini digelar selaku perwujudan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan selama melaut.
c. Dalam upacara ini , banyak sekali bahan pangan dan hewan disembelih kemudian dilarung ke laut.
d. Upacara larung sesaji yaitu upacara yang digelar penduduk Jawa yang tinggal di pesisir pantai.
Pembahasan : Kalimat pokok paragraf tersebut terletak di permulaan paragraf , adalah Upacara larung sesaji adalah upacara yang digelar penduduk Jawa yang tinggal di pesisir pantai.
12. Ringkasan yang tepat untuk paragraf di atas ialah ….
a. bahan masakan yang dilarung ke bahari berupa bahan pokok
b. upacara larung sesaji digelar di Jawa
c. upacara larung sesaji digelar setiap bulan
d. upacara larung sesaji ialah upacara keagamaan
Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut , adalah upacara larung sesaji sehingga ringkasan yang tepat yaitu upacara larung sesaji digelar di Jawa.
13. Kita menyusun ringkasan berdasarkan ….
a. gagasan penunjang
b. gagasan pokok
c. kalimat pendukung
d. kalimat pertanyaan
Pembahasan : Ringkasan kita susun berdasarkan gagasan pokok teks. Kemudian , kita rangkai pemikiran pokok tersebut sesuai urutan isi teks dengan kalimat sendiri.
14. Kalimat-kalimat yang saling berhubungan dan saling mendukung dalam suatu paragraf akan mempermudah kita untuk memilih ….
a. kalimat pendukung
b. ide pokok
c. kalimat utama
d. korelasi antargagasan
15. Perhatikan kepingan teks berikut!
Kincir angin digerakkan oleh angin. Semakin kencang laju angin , makin besar energi yang ditimbulkan. Akibatnya , kincir berputar lebih singkat.
Informasi yang bisa kita dapatkan dari potongan teks di atas ialah ….
a. kincir angin membutuhkan energi air
b. kincir angin membutuhkan energi angin
c. topan membuat kincir tidak bergerak
d. kincir angin akan berputar kalau terkena tiupan angin yang ringan
Pembahasan : Informasi yang bisa kita dapatkan dari teks di atas yakni kincir angin memerlukan energi angin.
16. Rangkaian kalimat yang saling terkait dalam suatu paragraf akan memudahkan kita untuk mengerti ….
a. amanat paragraf
b. isi paragraf
c. latar peristiwa
d. judul paragraf
Pembahasan : Isi paragraf mampu lebih gampang kita pahami jikalau rangkaian kalimatnya saling terkait.
17. Setelah membaca teks bacaan , kita bisa menuliskan isyarat berdasarkan ….
a. isi bacaan
b. pesan bacaan
c. tindakan percobaan
d. alat dan bahan
Pembahasan : Menulis teks isyarat berdasarkan teks bacaan mampu kita kerjakan dengan membaca teks bacaan , menemukan gosip dari teks bacaan.
18. Berikut yang bukan termasuk tujuan pembuatan poster ialah ….
a. meyakinkan seseorang
b. menunjukkan barang atau jasa
c. memberitahukan sebuah program
d. memperkenalkan diri
19. Perhatikan petunjuk membunyikan radio berikut ini!
(1) Putar tombol pencari gelombang.
(2) Tekan tombol on/off.
(3) Atur volume yang dikehendaki.
(4) Jika ingin berpindah gelombang , putar tombol pencari gelombang ke arah kanan atau kiri.
(5) Berhenti memutar tombol gelombang jika telah menemukan gelombang yang diharapkan.
Urutan cara membunyikan radio yang tepat adalah ….
a. (2) – (1) – (3) – (4) – (5)
b. (2) – (1) – (3) – (5) – (4)
c. (2) – (3) – (1) – (5) – (4)
d. (1) – (3) – (2) – (4) – (5)
20. Perhatikan isyarat cara pembuatan layang-layang yang belum runtut berikut ini!
2) Merekatkan kertas pada rangka layang-layang.
3) Membuat rangka layang-layang.
4) Menghiasi layang-layang.
Urutan cara membuat layang-layang yang benar yakni ….
a. 1) – 2) – 3) – 4)
b. 1) – 3) – 2) – 4)
c. 1) – 3) – 4) – 2)
d. 1) – 2) – 4) – 3)
21. Notasi angka dengan tanda titik di bawahnya memiliki arti dinyanyikan dengan nada ….
a. tinggi
b. rendah
c. pendek
d. panjang
22. Nada re kalau dituliskan dalam notasi angka berupa angka ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Pembahasan : Nada re jika dituliskan dalam notasi angka berbentukangka 2.
23. Notasi angka dapat menolong kita untuk mengenali ….
a. berpengaruh lemah bunyi
b. keras lemah suara
c. tinggi rendah nada
d. tinggi rendah bunyi
Pembahasan : Notasi angka mampu membantu kita untuk mengenali tinggi rendah nada. Nada rendah ditandai dengan titik di bawah notasi angka. Sedangkan nada tinggi ditandai dengan titik di atas notasi angka.
24. Hal yang mesti diperhatikan dikala bernyanyi yaitu sebagai berikut , kecuali ….
a. pernafasan
b. pengucapan
c. sikap tubuh
d. baju yang digunakan
Pembahasan : Hal yang mesti diperhatikan ketika bernyanyi diantaranya yakni sikap tubuh , pernafasan , pengucapan atau artikulasi , kecepatan , dan ekspresi.
25. Angka nol ( 0 ) dalam notasi angka artinya ….
a. membisu atau berhenti
b. dinyanyikan panjang
c. dinyanyikan pendek
d. dinyanyikan cepat
Pembahasan : Angka nol ( 0 ) dalam notasi angka artinya diam atau berhenti alasannya adalah angka nol ( 0 ) dalam not angka tidak memiliki nada.
26. Nada do (1) yang diikuti tanda titik di belakangnya bermakna dibunyikan ….
a. pendek
b. panjang
c. tinggi
d. rendah
Pembahasan : Nada do (1) yang dibarengi tanda titik di belakangnya memiliki arti dibunyikan panjang karena tanda titik yang terletak di belakang not angka berfungsi selaku tanda panjang pendeknya suatu nada. Tanda titik menerangkan bahwa notasi tersebut mesti dibunyikan dengan nada panjang.
27. Lagu Aku Anak Indonesia diciptakan oleh ….
a. A.T. Mahmud
b. Ibu Sud
c. Pak Kasur
d. Sudharnoto
Pembahasan : Lagu Aku Anak Indonesia diciptakan oleh A.T. Mahmud.
28. Yang tidak tergolong acara apresiasi seni musik yakni ….
a. mengenal
b. menganggap
c. menghargai
d. mencontek
Pembahasan : Apresiasi seni ialah evaluasi kepada suatu karya seni. Apresiasi meliputi pengenalan , penilaian , dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut. Kaprikornus , yang tidak tergolong acara apresiasi seni musik yakni menjiplak.
29. Tempo lagu cepat disebut juga dengan perumpamaan ….
a. andante
b. allegro
c. moderato
d. largo
Pembahasan : Tempo lagu cepat disebut juga dengan istilah allegro.
30. Merasakan keindahan musik yang didengar merupakan apresiasi pada tahap ….
a. memperhatikan
b. menikmati
c. menghayati
d. menganggap
Soal Isian
31. Membuang makanan merugikan diri sendiri dan ….
Jawaban : orang lain
Pembahasan : Membuang makanan merugikan diri sendiri dan orang lain. Membuang masakan tergolong contoh sikap yang tidak bijak kepada masakan.
=”font-family: helvetica;”>32. Melaksanakan kewajiban menghemat kertas semestinya dimulai dari lingkungan ….
Jawaban: rumah
Pembahasan : Melaksanakan kewajiban meminimalkan kertas seharusnya dimulai dari lingkungan rumah.
33. Kita harus mempergunakan air secara ….
Jawaban : bijak
Pembahasan : Kita harus mempergunakan air secara bijak.
34. Selain teks tulis , kita juga bisa memperoleh ide pokok pada teks ….
Jawaban : ekspresi
Pembahasan : Gagasan pokok teks mampu kita dapatkan pada teks tulis dan teks mulut.
35. Perhatikan paragraf berikut!
Sabtu siang , Ale , Uni , dan Made akan berguru kelompok. Mereka akan menjalankan peran yang harus dijalankan secara kelompok. Selama mencar ilmu bersama , mereka bekerja sama menuntaskan pekerjaan. Ketika melakukan pekerjaan bareng , mereka tidak membedakan akidah yang mereka anut. Perbedaan justru memupuk rasa persahabatan di antara mereka.
Kalimat utama paragraf tersebut terletak di … paragraf.
Jawaban : permulaan
Pembahasan : Kalimat utama suatu paragraf mampu terletak di awal , selesai , atau awal dan akhir paragraf. Kalimat utama paragraf di atas terletak di permulaan paragraf , ialah kalimat Sabtu siang , Ale , Uni , dan Made akan mencar ilmu golongan.
36. Kita mampu memilih ada tidaknya hubungan antargagasan dalam sebuah paragraf sehabis kita menentukan … dan ….
Jawaban : gagasan pokok , gagasan pendukung
Pembahasan : Hubungan antargagasan dalam suatu paragraf mampu kita tentukan sesudah kita memilih ide pokok dan pemikiran pendukung.
37. Poster yang baik seharusnya memuat ….
Jawaban : info atau pesan yang ingin disampaikan
Pembahasan : Poster yang baik semestinya memuat isu atau pesan yang ingin disampaikan kepada penduduk .
38. Saat menyanyikan syair lagu , setiap kata mesti diucapkan dengan ….
Jawaban : terang
Pembahasan : Saat menyanyikan syair lagu , setiap kata mesti diucapkan dengan terang.
39. Garis dalam notasi musik yang menghalangi ruas birama disebut ….
Jawaban : garis birama
Pembahasan : Garis dalam notasi musik yang membatasi ruas birama disebut garis birama.
40. Perhatikan potongan notasi angka lagu Aku Anak Indonesia berikut!

Nada sol ( 5 ) pada kepingan notasi tersebut dinyanyikan ….
Jawaban : panjang
Pembahasan : Nada sol ( 5 ) dinyanyikan panjang , sebab nada tersebut diikuti oleh tanda titik di belakangnya.
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Contoh Soal UTS/Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 2 , silahkan klik tautan berikut :
Demikian berita wacana Soal & Kunci UTS/Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 2 PPKn , B.Indonesia , SBdP 2021 yang mampu Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar senantiasa dapat notifikasi info modern dari Bank Soal. Terima kasih.