Soal & Kunci PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Semester 1 2021
Unduh Soal & Kunci Penilaian Akhir Semester OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 SMK Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Melalui acara penilaian final semester guru dapat mengevaluasi akseptor didik untuk mengetahui kempetensi wawasan yang dimilikinya sesudah tamat mempelajari beberapa kompetensi dasar selama satu semester.
Untuk menolong adik-adik kelas XI SMK dalam merencanakan diri menghadapi PAS , Bank Soal menawarkan Soal & Jawaban PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas XI SMK Semester Gasal Tahun 2021/2022.
Download Soal PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Semester 1
1. Humas yakni bentuk tanggung jawab organisasi atas kepentingan public atau kepentingan masyarakat luas dan berkaitan dengan niat baik (good will) serta nama baik (reputasi) , definisi tersebut ialah pemahaman yang dikemukakan oleh….
A. Sirait
B. Cutlip dan Center
C. Rumanti
D. Rex Harlow
E. James Grunig
2. Humas mempunyai satu target , yaitu public. Public tersebut kemudian diartikan sebagai suatu kelompok dalam masyarakat yang memilliki karakteristik serta kepentingan yang serupa. Pernyataan tersebut ialah salah satu abjad humas adalah….
A. Sasarannya yakni public
B. Berorientasi pada organisasi
C. Terencana
D. Adanya upaya komunikasi yang bersifat dua arah
E. Bertanggung jawab
3. Humas merupakan bagian integral dari sebuah kelembagaan atau organisasi. Artinya humas bukanlah fungsi terpisah dari fungsi administrasi perusahaan alasannya adalah humas memilliki fungsi selaku …..
A. Alat penawaran spesial
B. Pusat info
C. Penggerak perusahaan
D. Alat manajemen
E. Operator organisasi
4. Humas terbaru mengacu pada komunikasi dua arah sehingga kerja sama antara perusahaan dan penduduk mampu terjadi dengan baik. Hl aini disebut….
A. Aspek produktivitas
B. Aspek komunikasi
C. Komunikasi internal
D. Komunikasi eksternal
E. Komunikasi efektif
5. Memengaruhi sikap orang secara individu ataupun kalangan melalui obrolan dengan tujuan meraih suatu kesuksesan sebuah perusahaan disebut….
A. Aspek kesetiaan
B. Aspek produktivitas
C. Kolaborasi kepentingan
D. Kepentingan perusahaan
E. Kepentingan masyarakat
6. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Meyakinkan khalayak bahwa perusahaan bisa bertahan dan berdiri setelah krisis.
2) Mengatasi krisis dengan menjalin hubungan dengan pers.
3) Menjadi pembuat identitas perusahaan.
4) Menjadi mediator dalam hubungan dengan pemerintah
5) Menyebarluaskan isu perihal kegiatan dan partisipasi.
Dari pernyataan di atas , faedah humas ditunjukkan dengan nomor….
A. 1) , 2) , dan 3)
B. 2) , 3) , dan 4)
C. 3) , 4) , dan 5)
D. 4) , 5) , dan 1)
E. 5) , 1) , dan 2)
7. Proses dalam acara humas merupakan proses yang berkesinambungan dan berkesinambunga. Pada tahap pertama akan dilakukan analisis sikap dan kekerabatan organisasi dengan lingkungannya , kemudian setelah itu adalah….
A. Analisis potensi masalah kebutuhan atau peluang
B. Analisis opini
C. Perumusan kebijakan
D. Rencana memperbaiki sikap kalangan
E. Menentukan sikap setiap kalangan pada organisasi
8. Humas perlu melakukan langkah-langkah-langkah-langkah , mulai dari menganalisis sampai mengecek setiap reaksi umpan balik dari public , terutama dalam upaya evaluasi perilaku , Tindakan , dan persepsi public sebagai suatu akibat kebijakan yang telah dikerjakan oleh sebuah organisasi. Penjelasan tersebut merupakan bagian dari tahapan proses humas ialah….
A. Analisis perilaku dan kekerabatan organisasi dengan lingkungannyaiv>
B. Menentukan sikap setiap golongan pada organisasi
C. Analisis opini
D. Menjalankan acara yang terjadwal
E. Umpan balik , evaluasi , dan adaptasi
9. Berikut yang merupakan dasar hukum yang mengendalikan tentang kehumasan adalah….
A. UU No. 14 Tahun 2008
B. UU No. 14 Tahun 2018
C. Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI No. 30 Tahun 2001
D. Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI No. 31 Tahun 2001
E. UU No. 25 Tahun 2019
10. Salah satu dasar hukum dalam profesi kehumasan yaitu Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI No. 30 Tahun 2011 yang mengontrol tentang….
A. Keterbukaan Informasi Publik
B. Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah
C. Pedoman Umum Infrastruktur
D. Pedoman Umum Humas di Lingkungan Instansi Pemerintah
E. Pelayanan Publik
11. Visi humas pemerintah , misi humas pemerintah , dan strategi humas pemerintah yakni bab dari….
A. Dasar pelaksanaan kehumasan
B. Aturan kehumasan
C. Pedoman kehumasan
D. Asas kehumasan
E. Inti kehumasan
12. Seorang pegawapemerintah humas pemerintah mesti bisa membentuk , meningkatkan , dan memelihara opini konkret public , hal tersebut ialah salah satu dari … humas pemerintah.
A. Visi
B. Misi
C. Strategi
D. Asas biasa
E. Prinsip dasar
13. Sebuah perusahaan menghasilkan sebuah produk gagal sehingga produk tersebut dijual dengan harga rendah. Saat konsumen menanyakan kekurangan produk tersebut pada petugas humas , petugas tersebut mesti menerapkan asas….
A. Terbuka
B. Objektif
C. Jujur
D. Tepat akad
E. Etis
14. Seorang petugas humas pemerintah dalam mengerjakan tugas humasnya harus mempertanggung jawabkan apapun hasil yang dicapai olehnya. Hal tersebut sesuai dengan asa humas yakni…
A. Tepat kesepakatan
B. Etis
C. Professional
D. Akuntabel
E. Integritas
15. Berikut yang bukan ialah peran pokok humas pemerintah adalah….
A. Melaksanakan komunikasi timbal balik antara instansi pemerintah dan public
B. Membangun citra dan reputasi nyata
C. Menciptakan iklim kekerabatan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis
D. Meningkatkan kelancaran arus gosip dan aksesibiltas public
E. Meningkatkan koordinasi dalam penyebarluasan informasi perihal kebijakan pemerintah
16. Pedoman humas dalam bersikap , bertingkah , bertindak , dan berucap di lingkungan instansi pemerintah disebut….
A. Kode etik humas pemerintah
B. Strategi humas bisnis
C. Kode etik humas bisnis
D. Apparat humas bisnis
E. Tata Kelola kehumasan
17. Kelompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan sebuah organisasi , baik secara internal maupun eksternal disebut….
A. Karyawan
B. serikut buruh
C. khalayak
D. administrasi
E. pegawanegeri
18. Elemen masyarakat yang ada di sekitar perusahaan disebut….
A. masyarakat luas
B. kandidat pegawai
C. para pegawai
D. pemasok jasa
E. penanam modal gila
19. Berikut yang tergolong khalayak utama dalam sebuah perusahaan yakni….\
A. masyarakat luas
B. kandidat pegawai
C. para pegawai
D. penyuplai jasa
E. penanam modal asing
20. Khalayak yang telah menjadi bab dari organisasi atau perusahaan bahkan dijadikan sebagai sasa
ran utama organisasi ialah….
A. para manajer
B. umum perusahaan
C. para pegawai
D. perusahaan ajaib
E. obligator abnormal
21. Menyelenggarakan korelasi dengan organisasi-organisasi serumpun dalam bidang korelasi masyarakat , di dalam ataupun di mancanegara merupakan peran dari….
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
22. Menggiatkan , menawarkan fasilitas , dan potensi bagi riset serta memberikan , menghibahkan , dan mensponsori sumbangan beasiswa ialah peran dari….
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
23. Mendorong dan memupuk ketaatan pada standar profesional yang tinggi untuk para anggotanya merupakan peran dari….
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
24. Menerbitkan pamflet , buku , monofrogi , dan majalah merupakan tugas dari….
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
25. Tatanan etika yang telah disepakati oleh sebuah golongan masyarakat tertentu sebagai sarana untuk menolong para pelaksana selaku seseorang yang profesional supaya tidak menghancurkan adab profesi disebut….
A. aba-aba etik profesi
B. adat diskriptif
C. arahan etiket profesi
D. profesi humas
E. adab individu
26. Adat-istiadat atau kebiasaan yang baik yang dihayati oleh masyarakat disebut….
A. Profesi
B. Etika
C. Etiket
D. Moral
E. Asosiasi
27. Salah satu pilar akhlak hubungan masyarakat ialah… , yang memiliki arti tidak hanya tidak menyakiti orang lain , tetapi menularkan kebaikan terhadap masyarakat.
A. to do harm
B. beneficence
C. non-malaficence
D. responsibility
E. confidentiality
28. Salah satu pilar etika kekerabatan masyarakat adalah… , yang berarti menghormati wilayah eksklusif orang lain dengan tetap mempertahankan kerahasiaan info.
A. Veracity
B. Beneficence
C. non-maleficence
D. to do no harm
E. confidentiality
29. Memperhatikan hal-hak pihak lain dan saling menghormati pertimbangan atau menghargai martabat orang lain ialah salah satu kualifikasi humas yang disebut….
A. kesadaran etis
B. bertingkah etis
C. kepemimpinan etis
D. bernalar secara etis
E. bernalar secara logis
30. Seorang pegawai lulus mengikuti pelatihan yang diadakan untuk sebuah perusahaan. Keterampilan yang dimiliki oleh pegawai tersebut disebut….
A. task skill
B. task management skill
C. contingency skill
D. transfer skill
E. roll environment skill
31. Menghargai hak , mempertahankan kehormatan , nama baik , martabat , dan milik bagi pihak lain semoga tercipta rasa saling menghormati merupakan prinsip budpekerti profesi yang disebut….
A. tanggung jawab
B. keleluasaan
C. kejujuran
D. >keadilan
E. otonom
32. Keterampilan mengurus sejumlah peran berbeda dalam satu pekerjaan disebut..
A. contingency management skill
B. relationship management
C. role environment skill
D. transfer skill
E. task management skill
33. Semua orang yang terkena dampak produk dan ialah anggota organisasi yang menghasilkan produk ialah jenis pelanggan….
A. Pelanggan internal
B. Internal organisasi
C. Internal pemerintah
D. Eksternal humas
E. Pelayanan humas
34. Semua orang yang terkena pengaruh produk , tetapi bukan anggota organisasi penghasil produk , tetapi masih dalam lingkungan instansi pemerintah dan merupakan anggota organisasi yang menciptakan produk ialah jenis pelanggan….
A. Pelanggan internal
B. Internal organisasi
C. Internal pemerintah
D. Pelanggan eksternal
E. Pelayanan prima
35. Semua orang yang terkena pengaruh produk , namun bukan anggota organisasi merupakan jenis konsumen….
A. Pelanggan internal
B. Pelanggan eksternal
C. Internal organisasi
D. Internal pemerintah
E. Pelayanan prima
36. Suatu perilaku keberpihakan kepada pelanggan selaku sebuah wujud kepedulian untuk menghindarkan atau mengurangi kerugian atau kekecewaan terhadap pelanggan ialah desain pelayanan prima….
A. Pengetahuan dan kemampuan
B. Kesediaan melayani
C. Tanggung jawab
D. Tepat waktu dan komitmen
E. Pelayanan mempesona
37. Bagian layanan kantor depan (resepsionis) membutuhkan tolok ukur , seperti paras mesti menarik , tubuh harus tegap/tidak cacat , tutur Bahasa mempesona , baik dalam sikap , penampilan sarat percaya diri , pakaian harus menarik. Hal ini ialah konsep pelayanan prima….
A. Penampilan prima
B. Kesediaan melayani
C. Tepat waktu dan akad
D. Kesopanan dan ramah tamah
E. Pengetahuan dan keahlian
38. Petugas pelayanan dalam menyampaikan sesuatu perlu memperhitungkan kesepakatan yang disampaikan kepada konsumen , bukan sebaliknya senantiasa ingkar kesepakatan. Oleh sebab itu pertugas pelayanan mesti mengenali unsur….
A. Penampilan prima
B. Kesediaan melayani
C. Tepat waktu dan akad
D. Kesopanan dan ramah tamah
E. Pengetahuan dan keterampilan
39. Petugas harus benar-benar bersedia melayani keperluan para konsumen. Hal tersebut dalam komponen pelayanan prima disebut….
A. Penampilan prima
B. Kesediaan melayani
C. Tepat waktu dan janji
D. Kesopanan dan ramah
E. Pengetahuan dan kemampuan
40. Hal yang berkaitan dengan urusan atau aktivitas yang dalam penyelenggaraannya harus transparan disebut….
A. Efektivitas kerja
B. Efisiensi kerja
C. Jaminan keselamatan
D. Kepastian hukum
E. Keterbukaan
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Kunci Jawaban PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas XI Sekolah Menengah kejuruan , silahkan klik tautan berikut :
Demikian informasi ihwal Soal & Kunci PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya agar selalu mampu notifikasi isu modern dari Bank Soal. Terima kasih.